5 Pengalaman Unik yang Hanya Bisa Didapat Pramugari

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Minggu, 4 Agustus 2019 11:26
5 Pengalaman Unik yang Hanya Bisa Didapat Pramugari
Menjadi kru penerbangan pasti punya pengalaman unik dan seru saat bekerja. Apa saja?

Dream - Menjadi pramugari bukan hanya harus melayani penumpang pesawat terbang. Seorang pramugari juga dituntut untuk sigap memberikan bantuan saat penumpang membutuhkan. 

Para pramugari diharuskan menjaga sikap saat bertemu penumpang dari berbagai negara yang berbeda, lengkap dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda pula.

Pekerja di bidang penerbangan sama sekali tidak boleh pilih kasih dan harus memberikan pelayanan ramah kepada semua penumpang.

Namun begitu, ada banyak pengalaman yang didapat. Uniknya, pengalaman tersebut hanya bisa dialami oleh para pramugari. 

Mulai dari kisah sedih hingga pertanyaan-pertanyaan unik dari penumpang. Berikut lima pengalaman unik hanya bisa didapat lewat profesi pramugari, dikutip dari Reader’s Digest.

1 dari 5 halaman

Menemukan Bayi di Tempat Sampah Pesawat

Menemukan Bayi di Tempat Sampah Pesawat © Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Hal ini dialami oleh Farida Boland yang menjadi pramugari di sebuah maskapai. Bagi Boland, pengalaman ini sangat menyedihkan.

Beberapa saat sebelum pesawat lepas landas, dia sedang melakukan briefing bersama kru lain. Tiba-tiba, dia mendengar suara tangisan bayi.

Semua kru kebingungan karena tidak ada yang membawa bayi. Mereka pun memutuskan mencari sumber suara itu.

Betapa terkejutnya Boland mendapati bayi menangis dalam keranjang yang diletakkan dekat tempat sampah pesawat. Dia segera mengambil bayi itu mengembalikannya pada sang ibu.

Boland mencoba menjelaskan sang ibu, saat lepas landas bayi harus berada dalam pangkuan walaupun tidak memiliki kursi. Menurut Boland, ibu bayi itu tampak kebingungan. 

2 dari 5 halaman

Ada Tempat Bermain di Pesawat?

Ada Tempat Bermain di Pesawat? © Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Boland juga pernah mendapat pengalaman lucu. Seorang penumpang mengajukan pertanyaan yang membuatnya harus menahan tawa. 

Boland bekerja pada pesawat jenis Airbus A330 berbadan lebar dan mampu menampung 335 penumpang. Suatu ketika, ada seorang penumpang yang bertanya pada Boland, “ Di mana tempat bermainnya?”

Mungkin bagi sebagian orangtua yang membawa anak dalam penerbangan berpikir pihak maskapai menyediakan tempat bermain anak di dalam pesawat.

Boland memaklumi pertanyaan itu karena penerbangan memakan waktu kurang lebih 10 jam. Wajar bila orangtua menanyakan hal tersebut untuk kenyamanan anak saat penerbangan.

3 dari 5 halaman

Punya Penumpang Seekor Kucing

Punya Penumpang Seekor Kucing © Dream

Pengalaman unik juga pernah terjadi di maskapai Alerion Aviation. Maskapai ini melayani penerbangan dengan pesawat pribadi. 

Suatu hari, ada penumpang unik naik pesawat Alerion. Bukan manusia, melainkan seekor kucing. 

CEO Alerion, Bob Seidel, mengatakan suatu ketika, orangtua yang kelewat sibuk memesan jasa perusahaannya. Ternyata, mereka ingin agar kucingnya diantarkan ke London dengan penerbangan pribadi.

Ternyata kucing tersebut dikirimkan untuk menemani anak perempuan mereka yang tinggal di London agat tidak kesepian. Orangtua anak itu tidak punya cukup waktu untuk pergi ke London. 

Alerion tetap memberikan pelayanan terbaik pada penumpang mereka. Kucing tersebut diantarkan dengan selamat sampai tujuan dan diserahkan langsung pada tujuan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuka Jendela Pesawat

Cara Membuka Jendela Pesawat © Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Masih ada pengalaman unik lain yang pernah dihadapi Boland. Dia mengatakan ada pertanyaan yang cukup sering disampaikan penumpang saat berada di ketinggian. 

Melihat daratan dari ketinggian tentu jadi pemandangan yang indah. Ketika mengalami hal itu, Boland sering ditanya bagaimana caranya membuka jendela pesawat.  

Bahkan ada penumpang yang mencoba membuka pintu darurat. Alasannya, hanya demi merasakan semilir angin di atas awan.

Membuka jendela dan pintu darurat tanpa perintah pilot akan sangat berbahaya bagi penerbangan. Tekanan udara dapat membuat penumpang terluka.

5 dari 5 halaman

Penerbangan Pribadi untuk Ambil Uang Ketinggalan

Penerbangan Pribadi untuk Ambil Uang Ketinggalan © Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Pengalaman ini terjadi pada Alerion. Suatu hari, maskapai tersebut menerima pelanggan yang ingin menyewa pesawat dan celakanya tidak sengaja meninggalkan kopernya berisi uang tunai sebanyak US$15 ribu, setara Rp213 juta.

Pelanggan itu meminta maskapai untuk mengambilkan kopernya ke Brasil. Padahal untuk kembali ke Brasil diharuskan menggunakan visa.

Pelanggan tersebut meminta Alerion untuk mengirimkan orang dengan paspor Brasil untuk mengambilkan uang pelanggan tersebut. Pada akhirnya Alerion mengutus salah satu karyawannya untuk mengambilkan koper berisi uang itu.

 

Sumber: Reader’s Digest

Beri Komentar