8 Destinasi yang Nggak Bikin Kantong Seret untuk Rayakan Ultah Jakarta

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 24 Juni 2022 10:11
8 Destinasi yang Nggak Bikin Kantong Seret untuk Rayakan Ultah Jakarta
Meski low budget tapi tetap berkesan. kok!

Dream - DKI Jakarta sudah memasuki usia ke-495 pada 22 Juni 2022 kemarin. Meski dikenal sebagai pusat pemerintahan, bisnis, dan ekonomi, namun Jakarta memiliki daya tarik yang tidak pernah habis buat para wisatawan.

Jakarta selalu menjadi pusat perhatian karena terus memunculkan hal-hal baru, mulai dari tempat wisata, kuliner, pusat perbelanjaan, wisata sejarah dan tren terbaru saat ini adalah staycation.

Terkenal dengan kota metropolitan, tapi tenang, kamu jangan khawatir soal budget, sebab di Ibu Kota ini Sahabat Dream masih bisa nikmati sajian wisata sesuai kantong.

Berikut ini beberapa referensi yang bisa kamu lakukan untuk merayakan ulang tahun Jakarta tanpa harus keluarkan kocek lebih berdasarkan keterangan Traveloka.


1 dari 8 halaman

1. Ke Taman Kota

taman© shutterstock

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Jakarta punya banyak pilihan taman yang bisa dikunjungi sebagai lokasi berolahraga, khususnya pada pagi hari.

Di antaranya Sumenep Promenade dan Taman Suropati di Jakarta Pusat, Taman Ria Rio di Jakarta Timur, Taman Langsat di Jakarta Selatan, Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara, dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.

Semua taman kota bisa kamu datangi tanpa ada biaya masuk, alias gratis.

2. Berfoto dengan Latar landmark Ibu Kota

monas© shutterstock

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Jakarta punya aneka landmark ikonik yang bisa dijadikan latar foto. Beberapa landmark ini berlokasi di tengah keramaian lalu lintas, tapi kamu tetap bisa berfoto dari sisi trotoar.

Antara lain ada Monumen Nasional atau Monas, Patung Selamat Datang serta Bundaran HI, dan Gelora Bung Karno tanpa harus mengeluarkan.

2 dari 8 halaman

3. Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2022

FOTO: Anies Baswedan Buka Jakarta Fair 2022© MEN

Foto: Jakarta Fair 2022/Deki Prayoga-Dream.co.id

Merayakan ulang tahun Jakarta belum lengkap kalau belum ke Jakarta Fair Kemayoran 2022 yang digelar sejak 9 Juni 2022 hingga 17 Juli 2022 mendatang di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Kamu wajib siapkan fisik yang fit karena akan membutuhkan tenaga untuk berkeliling dengan berjalan kaki di area ini.

Di sini, kamu bisa dapatkan aneka kuliner khas Jakarta hingga yang tengah hits, sajian konser musik dari musisi Tanah Air ternama, berbelanja, dan menyaksikan pertunjukan kembang api.

3 dari 8 halaman

4. Wisata ke Museum & Galeri Seni

Distrik Seni X Sarinah Dibuka Untuk Umum, Ini yang Bisa Dilihat© MEN

Foto: Ilustras/Shutterstock

Sisi sejarah Jakarta cukup menarik untuk diketahui. Kamu bisa mempelajari lebih jauh denganmengunjungi beragam museum di Jakarta.

Kegiatan pergi ke museum atau galeri seni ini tak hanya dapat menambah wawasan sekaligus bisa menambah pengalamanmu, namun juga dapat menjadi ajang pencarian spot foto estetik di Ibu Kota.

5. Staycation

STB Hadirkan Pengalaman Staycation Bernuansa Singapura Lewat Kolaborasi Bareng ARTOTELGroup© MEN

Foto: Ilustras/Shutterstock

Jakarta jadi salah satu kota favorit masyarakat untuk staycation. Menurut data Traveloka, lokasi akomodasi favorit ada di di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, diikuti Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Jenis akomodasi yang paling diminati adalah hotel dan apartemen.

4 dari 8 halaman

6. Keliling Jakarta dengan Ragam Transportasi

Operasional MRT Diperpanjang Hingga 21.30© MEN

Foto: Ilustras/Shutterstock

Sebagai Ibu Kota negara, Jakarta memiliki banyak moda transportasi modern. Kamu bisa menjelajah ke seluruh penjuru kota dengan layanan Transjakarta yang merupakan jaringan BRT (Bus Rapid Transit) dengan jalur bus terpanjang di dunia.

Bagi pecinta moda transportasi berbasis rel, Jakarta memiliki MRT Jakarta, LRT dan juga KRL yang juga dapat membawamu ke berbagai pilihan destinasi wisata di Ibu Kota.

Kamu juga bisa mencoba naik Bus Wisata Transjakarta, lho!

5 dari 8 halaman

7. Mengenal Ragam Budaya

kerak© shutterstock

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Bisa dikatakan, Jakarta adalah melting pot beragam budaya. Selain kawasan pecinan di Glodok, misalnya, kamu bisa mendatangi area Little India di Pasar Baru dan area Little Tokyo di Blok M.

Kamu bisa jalan-jalan sendiri atau ikut tour berdurasi beberapa jam bersama wisatawan lainnya.

Kalau kamu ingin mengetahui lebih jauh soal budaya Betawi, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Setu Babakan. Selain menikmati makanan khas Betawi, kamu juga bisa belajar bikin kerak telor dan mengelilingi museum.

8. Nikmati taman bermain

dufan© shutterstock

Selain mal, Jakarta punya banyak tempat wisata outdoor yang wajib dikunjungi. Misalnya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Wisata Alam Mangrove, dan Dunia Fantasi atau Dufan di Taman Impian Jaya Ancol.

6 dari 8 halaman

7 dari 8 halaman

8 dari 8 halaman

Beri Komentar