Daftar 20 Negara Top Destinasi Traveler Muslim Dunia

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 7 Juni 2023 06:48
Daftar 20 Negara Top Destinasi Traveler Muslim Dunia
“Indonesia dan Malaysia bersama-sama memegang posisi teratas bergengsi di GMTI 2023,” tulis laporan GMTI 2023.

Dream - Mastercard dan CrescentRating telah merilis top destinasi bagi wisatawan Muslim dalam laporan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023. Kembali menempati posisi puncak, kali ini Indonesia harus berbagi posisi dengan negeri jiran, Malaysia.

“ Indonesia dan Malaysia bersama-sama memegang posisi teratas bergengsi di GMTI 2023,” tulis laporan GMTI 2023.

Indonesia merebut kembali posisi teratasnya setelah sebelumnya sama-sama memuncaki peringkat pada tahun 2019. Sementara Malaysia mempertahankan statusnya yang konsisten di posisi puncak GMTI sejak didirikan pada tahun 2015. 

Dari daftar yang dilansir GMTI 2023, satu negara mencuri perhatian karena mampu menembus posisi 20 teratas. Naik delapan tingkat dari posisi tahun sebelumnya, Inggris mulai menjadi tujuan travel para wisatawan muslim dunia.   

Di luar negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Singapara dan Inggris adalah dua tujuan travel halal yang muncul di daftar 20 teratas.

“ Pembukaan kembali gerbang pariwisata internasional (setelah Covid-19) telah meningkatkan kepercayaan diri dan kebebasan wisatawan untuk menjelajah, yang menghasilkan lonjakan aktivitas pariwisata yang nyata,” tulis laporan itu.

1 dari 6 halaman

Beberapa destinasi telah memanfaatkan peluang kembalinya wisatawan setelah Covid-19 membatasi perjalanan ruang gerak orang-orang di seluruh dunia.

Beberapa upaya yang dilakukan adalah meningkatkan konektivitas, menerapkan kampanye pemasaran dan promosi yang berdampak, mengembangkan suasana yang mendukung, dan meningkatkan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim dengan lebih baik.

Laporan tahunan yang kini memasuki tahun kedelapan itu menganalisis data dari hampir 140 negara, untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai destinasi mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan segmen wisata halal yang semakin berpengaruh.

Indeks ini melakukan penilaian terhadap destinasi berdasarkan empat kriteria utama, yaitu Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan (ACES).

2 dari 6 halaman

Destinasi-destinasi di Asia Tenggara secara keseluruhan masuk dalam peringkat 10 teratas dalam keempat kriteria tersebut. Berikut ini 20 top destinasi dunia bagi wisatawan Muslim.

1. Indonesia: skor 73

1. Malaysia: skor 73

3. Saudi Arabia: skor 72, turun 1 posisi

4. United Arab Emirates (UAE): skor 71, turun 3 posisi

5. Turki: skor 70

6. Qatar: skor 69

7. Iran: skor 66

7. Jordan: skor 66

9. Bahrain: skor 65

9. Egypt: skor 65, naik 3 posisi

11. Kuwait: skor 64, naik 1 posisi

11. Singapura: skor 64, turun 2 posisi

13. Oman: skor 63, turun 1 posisi

13. Uzbekistan: skor 63, turun 4 posisi

15. Brunei: skor 62, turun 3 posisi

15. Tunisia: skor 62, naik 2 posisi

17. Morocco: skor 60, turun 5 posisi

17. Pakistan: skor 60

19. Lebanon: skor 59

20. Kazakhstan: skor 58, naik 2 posisi

20. Kyrgystan: skor 58, naik 2 posisi

20. Inggris : skor 58, naik 8 posisi

3 dari 6 halaman

GMTI 2023: Indonesia Destinasi Utama Travel Muslim Dunia, Berbagai Posisi dengan Malaysia

Dream - Laporan terbaru Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023 yang dirilis Mastercard dan CrescentRating menempatkan Indonesia sebagai destinasi wisata halal teratas bagi wisatawan Muslim dunia. Berbeda dengan tahun lalu, kali ini Indonesia bergandengan dengan Malaysia di posisi puncak tersebut 

Laporan tahunan yang kini memasuki tahun kedelapan itu menganalisis data dari hampir 140 negara, untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai destinasi mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan segmen wisata halal yang semakin berpengaruh.

Indonesia dan Malaysia telah lama menjadi destinasi populer bagi wisatawan Muslim kali ini mendapatkan skor yang sama dalam indeks tersebut. Indonesia sebelumnya menduduki peringkat tertinggi dalam laporan tahun 2019, sementara Malaysia secara konsisten berada di peringkat atas dalam laporan GMTI sejak tahun 2015. 

“ Prestasi ini tak terlepas dari dukungan dan dorongan yang luar biasa dari sektor publik dan pelaku industri pariwisata dalam menciptakan lingkungan yang ramah bagi wisatawan Muslim, serta menyediakan berbagai pengalaman menarik bagi para wisatawan modern,” kata President Director, PT Mastercard Indonesia, Navin Jain, dalam keterangannya, dikutip Jumat, 2 Juni 2023.

4 dari 6 halaman

Satu-satunya Negara di Luar OKI yang Masuk Daftar

Indeks ini melakukan penilaian terhadap destinasi berdasarkan empat kriteria utama, yaitu Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan (ACES).

Negara tetangga, Singapura, menduduki peringkat ke-12, sehingga menjadi satu-satunya negara di luar Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), bersama dengan Inggris, yang masuk dalam daftar 20 besar.

Destinasi-destinasi di Asia Tenggara secara keseluruhan masuk dalam peringkat 10 teratas dalam keempat kriteria tersebut. Secara keseluruhan, baik Indonesia maupun Malaysia memperoleh skor 73 dari skor maksimal 100. Singapura mendapatkan skor 64, Thailand mendapatkan skor 52, dan Filipina mendapatkan skor 46.

5 dari 6 halaman

Perkiraan Kedatangan Wisatawan Muslim Tahun 2023

Segmen pasar wisata halal sendiri adalah sebuah demografi yang memiliki potensi besar di seluruh dunia. Menurut GMTI, jumlah kedatangan wisatawan Muslim mencapai 110 juta pada tahun 2022 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 140 juta pada tahun ini. 

Pada tahun 2028, jumlah kedatangan wisatawan Muslim diperkirakan akan mencapai 230 juta, dengan pengeluaran yang diperkirakan mencapai USD225 miliar.

Saat ini, Asia memimpin dalam jumlah kedatangan wisatawan, dengan lebih dari 31 persen dari semua wisatawan yang datang ke wilayah ini mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim.

6 dari 6 halaman

Tren Perjalanan Global Wisatawan Muslim

Laporan ini juga menunjukkan bahwa ada beberapa tren dalam perilaku perjalanan global yang berdampak pada wisatawan Muslim. Semakin banyak wisatawan Muslim saat ini menggabungkan aspek keberlanjutan dalam perjalanan mereka. 

Mereka juga cenderung memilih tujuan dan kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran mereka. Selain itu, mereka mencari peluang untuk mendapatkan pengalaman yang imersif dan autentik selama perjalanan mereka.

Semakin banyak pula yang menggabungkan pengembangan pribadi ke dalam rencana perjalanan mereka.

“ Setelah melalui penelitian selama bertahun-tahun, kami melihat secara konsisten bahwa pasar yang memberikan prioritas pada persyaratan ini mengalami kesuksesan yang baik di kalangan wisatawan Muslim. Oleh karena itu, kami berharap edisi 2023 ini dapat memberikan wawasan yang akan membantu destinasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, meningkatkan tingkat inklusivitas, dan pada akhirnya, memperkuat hubungan yang lebih dekat dengan demografi ini,”  kata Founder & CEO CrescentRating, Fazal Bahardeen.

Beri Komentar