Transaksi Travel Meningkat 3,5 Kali Lipat di Tokopedia, Ini Destinasi yang Paling Banyak Diminati

Reporter : Okti Nur Alifia
Sabtu, 3 Desember 2022 15:12
Transaksi Travel Meningkat 3,5 Kali Lipat di Tokopedia, Ini Destinasi yang Paling Banyak Diminati
Hal ini tak lepas dari momentum liburan akhir tahun yang cenderung dimanfaatkan masyarakat untuk wisata bersama keluarga atau teman ke destinasi yang diinginkan.

Dream - Perusahaan rintisan Tokopedia dengan platform penjualan online-nya mencatatkan pertumbuhan positif pada transaksi di kategori Travel menjelang akhir tahun ini.

Travel and Entertainment Business Senior Lead Tokopedia, Mirna Puspita, melaporkan pertumbuhannya meningkat hampir 3,5 kali lipat.

Hal ini tak lepas dari momentum liburan akhir tahun yang cenderung dimanfaatkan masyarakat untuk wisata bersama keluarga atau teman ke destinasi yang diinginkan. 

“ Terbukti dari transaksi di kategori Travel di Tokopedia yang rata-rata melonjak hampir 3,5 kali lipat menjelang akhir tahun ini,” ungkap Mirna dalam keterangan resminya.

1 dari 3 halaman

Destinasi yang Paling Banyak Diminati

Tokopedia mencatat Jakarta, Medan, Bali dan Surabaya menjadi beberapa wilayah destinasi terpopuler untuk pembelian tiket pesawat.

Di sisi lain, Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan Bandung merupakan wilayah destinasi yang paling diminati oleh masyarakat untuk pembelian tiket kereta.

Transaksi pemesanan hotel lewat Tokopedia menjelang liburan akhir tahun juga mengalami tren positif. 

“ Batam, Medan, Samarinda, Sleman dan Balikpapan menjadi beberapa wilayah dengan pertumbuhan transaksi pemesanan hotel tertinggi. Rata-rata peningkatan transaksi pemesanan hotel di berbagai daerah tersebut mencapai hampir 2 kali lipat,” jelas Mirna.

2 dari 3 halaman

Melihat animo masyarakat yang sangat tinggi dalam merencanakan liburan akhir tahun, Tokopedia mengadakan online travel fair Tokopedia Fantastrip yang diselenggarakan hingga 31 Desember 2022 mendatang.

Kampanye ini menghadirkan pilihan paket wisata yang meliputi rangkaian aktivitas serta akomodasi dan tiket perjalanan yang lebih hemat untuk memenuhi kebutuhan wisata masyarakat.

tokopedia fantastrip© Istimewa

Adapula diskon menarik hingga Rp750 ribu untuk pembelian tiket pesawat maupun hotel, juga hadiah trip ke Bali, Amerika atau Eropa. 

3 dari 3 halaman

Belanja Online Makin Digemari, Tokopedia Jadi E-Commerce Terfavorit Kaum Milenial & Gen Z

Siapa bilang jika window shopping cuma bisa dilakukan ketika hangout ke mall saja? Di era digitalisasi seperti sekarang, window shopping juga bisa dilakukan dengan secara online dengan scrolling e-commerce melalui smartphone.

Faktanya, e-commerce menjadi salah satu aplikasi yang sering diakses di smartphone terutama bagi kalangan milenial dan Gen Z. Meski nggak belanja, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di e-commerce seperti mencari voucher diskon serta memasukkan wishlist ke dalam keranjang belanja agar bisa checkout pada kemudian hari.

Dari beberapa e-commerce yang beredar di Indonesia, Tokopedia menjadi salah satu yang menjadi favorit di kalangan milenial serta gen Z. Bukan omong kosong, fakta ini didapatkan berdasarkan survei yang melibatkan ratusan responden dalam kurun waktu sebulan terakhir. Seperti apa sih fakta lengkapnya?

Berdasarkan Survei yang Melibatkan 577 Responden

Pencapaian Tokopedia dalam menjadi e-commerce favorit milenial dan gen Z bukanlah isapan jempol belaka. Dalam survei yang dilakukan pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2022 oleh salah satu media berbasis online di Indonesia, Tokopedia menempati posisi pertama sebagai e-commerce favorit dengan persentase 50,4%, diikuti oleh Shopee dengan persentase 45,9%.

Survei ini sendiri melibatkan 577 responden yang tersebar dari berbagai kota di Tanah Air. Survei ini dilakukan oleh responden berusia 17 hingga 35 tahun dan melakukan transaksi di e-commerce lebih dari lima kali dalam sebulan.

Jadi Favorit dalam Berburu Fashion Item

Sebagai e-commerce terfavorit, beberapa kategori menjadi yang paling sering diakses serta dibeli oleh para konsumen Tanah Air terutama dari kalangan milenial dan gen Z. Tokopedia pun masih menjadi e-commerce favorit untuk berbelanja produk fesyen, lalu diikuti Shopee dan Lazada. Tercatat, produk fashion item menjadi kategori yang paling banyak dibeli konsumen dengan persentase sebesar 26,5%.

Sementara itu, produk kecantikan dan perawatan diri menempati posisi kedua dalam kategori yang paling banyak dibeli dengan 14,7%, makanan serta kebutuhan harian berada di posisi ketiga dengan 13,2%, disusul kategori peralatan rumah tangga yang menempati peringkat keempat dengan 8,7%.

Kepraktisan Tokopedia dalam Belanja dengan Dompet Digital Sukses Memanjakan Gen Z

Meningkatnya transaksi digital dan belanja online dalam platform e-commerce juga semakin dipermudah dengan berkembangnya layanan dompet digital. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa sebanyak 65,7% responden memilih dompet digital sebagai metode pembayaran yang sering digunakan.

Selain itu, 19,4% responden memilih bertransaksi dengan metode pembayaran internet banking atau mobile banking, kemudian 8,7% responden memilih metode pembayaran cash on delivery (CoD).

Menariknya, dompet digital yang menjadi metode pembayaran terfavorit di e-commerce memunculkan nama GoPay di daftar puncaknya. GoPay menjadi dompet digital terfavorit milenial dan gen Z dalam berbelanja di Tokopedia yang dibuktikan dengan persentase survei di angka 42,1%, disusul oleh ShopeePay (24,6 persen) serta OVO (18,2 persen).

Nah sekarang sudah tahu kan e-commerce terfavorit yang menjadi surganya belanja online bagi kalangan milenial dan gen Z? Yuk temukan berbagai kebutuhan mulai dari fashion item, produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi di Tokopedia!

Beri Komentar