10 Masjid yang Wajib Dikunjungi Muslim Traveler

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 9 Desember 2022 09:48
10 Masjid yang Wajib Dikunjungi Muslim Traveler
Jangan lupa input lokasi masjid indah ini di itinerary kamu, ya!

Dream - Di sekujur bumi ini, tersebar masjid-masjid ikonik bagi kaum Muslim. Selain sebagai tempat ibadah, banyak masjid yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Memang banyak masjid yang menyimpan cerita penting untuk perkembangan Islam dan masyarakat sekitarnya. Nilai sejarah itulah yang menjadi daya tarik, terutama bagi traveler Muslim.

Selain sejarah, arsitektur masjid di sejumlah negara juga sangat indah dan unik. Sehingga tidak sedikit traveler yang mempelajari arsitekturnya, selain, tentunya, berfoto di depan masjid-masjid berarsitektur indah itu.

Berikut beberapa masjid di sejumlah negara yang dapat kamu kunjungi ketika berkesempatan traveling ke luar negeri:

1 dari 5 halaman

1. Masjid al-Haram, Mekkah

Kamu dapat berkunjung ke Masjid al-Haram dan mempertimbangkan pergi haji tahun 2023 jika memungkinkan.

Pokoknya, tidak ada yang bisa menyangkal bahwa seluruh kompleks yang membentuk Masjid al-Haram di Mekah adalah salah satu arsitektur paling elegan dan indah di dunia.

Mengetahui bahwa masjid dan kawasan tersebut memiliki arti penting dalam Islam membuatnya semakin istimewa.

Masjid dan kawasan di sekitarnya memiliki sejarah Islam yang dapat kamu pelajari, Sahabat Dream.

2. Masjid Al-Aqsa, al-Quds

Masjid Al-Aqsa di Yerusalem atau al-Quds jadi masjid penting di dunia. Sebab, di tempat ini Nabi Muhammad SAW naik ke langit untuk menerima perintah salat dari Allah SWT.

Ilustrasi© Shutterstock

Meski bangunannya sudah ketinggalan zaman dan tidak dihias dengan baik atau berarsitektur elegan seperti masjid-masjid lain, tapi kamu akan tetap terkagum-kagum saat melihat keindahan Masjid Al-Aqsa.

2 dari 5 halaman

3. Masjid Nabawi, Madinah

Masjid Nabawi di Madinah adalah masjid terbesar dan tersuci ke dua dalam Islam, setelah Masjidil Haram di Mekah.

Masjid ini telah mengalami banyak perluasan selama berabad-abad, namun tetap merupakan bangunan suci disumbangkan Nabi Muhammad SAW secara pribadi.

4. Masjid Biru, Istanbul

Dalam hal sejarah dan keindahan estetika, beberapa masjid dapat menyaingi Masjid Biru Istanbul yang merupakan mahakarya arsitektur Islam.

Ilustrasi© Shutterstock

Masjid Biru Ottoman dicapai budaya Islam sebelum revolusi industri mengubah dunia secara radikal.

Kamu bisa jadikan Istanbul sebagai destinasi negara selanjutnya di 2023 dan siap jelajahi sejarah dan landmark yang ada di sana termasuk Masjid Biru.

3 dari 5 halaman

5. Masjid Nasir al-Mulk, Shiraz

Dikenal sebagai Masjid Merah Muda, Masjid Nasir al-Mulk hanyalah salah satu tempat ibadah paling elegan yang memiliki fakta bahwa “ Sesungguhnya Allah itu indah dan Dia menyukai keindahan."

Skema warna, kerumitan arsitektur, desain umum, dan dekorasi semuanya dipadukan untuk menciptakan keadaan kebahagiaan yang menjadikan berdoa lebih sebagai pengalaman spiritual dengan keunggulan estetika.

Dengan arsitektur seperti itu, membuat berdoa lebih nyaman. Dua karakteristik yang paling luar biasa dari masjid ini adalah kaca berwarna-warni dan kolam indah yang terbentang di depan gerbang masuk.

Ilustrasi© Shutterstock

6. Masjid Shah Faisal, Islamabad

Terletak di Islamabad, Pakistan, Masjid Shah Faisal adalah salah satu masjid paling unik karena desainnya yang futuristik.

Masjid Faisal adalah karya arsitek Vedat Dalokay yang memenangkan penghargaan Aga Khan untuk bidang arsitektur.

Arsitektur masjid ini modern dan unik, tanpa kubah tradisional dan lengkungan yang ada di sebagian besar masjid di seluruh penjuru dunia.

4 dari 5 halaman

7. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi

Dalam hal prestise dan kemegahan, orang-orang Abu Dhabi dikenal dengan selera mewahnya. Warna putih pada masjid ini memberikan kilau dari desain yang kompleks.

Masjid Agung Sheikh Zayed memiliki tujuh lampu gantung impor berlapis emas 24 karat dari perusahaan Faustig di Munich, Jerman yang terletak di dalam aula dan serambi dimana lampu gantung yang terletak di aula doa utama merupakan lampu terbesar di dunia

Masjid ini bahkan memegang rekor dunia contoh mozaik marmer terbesar di dunia yang terlihat super elegan.

Ilustrasi© Shutterstock

8. Masjid Sultan, Singapura

Meski bukan masjid besar, Masjid Sultan di Singapura menonjol sebagai salah satu masjid terindah, terutama bagi warga Singapura.

Dengan kubah emas yang besar dan tempat salat yang sangat luas, Masjid Sultan Singapore adalah salah satu yang wajib dikunjungi jika kamu berada di wilayah Kampong Gelam yang bersejarah.

Fakta soal masjid ini berupa cincin hitam di bawah kubah masjid yang terlihat unik itu rupanya terbuat dari botol kaca daur ulang yang disumbangkan umat Islam selama pembangunan masjid.

5 dari 5 halaman

9. Masjid Putra, Putrajaya

Masjid Putra yang ada di Malaysia ini memiliki bangunan estetika yang bisa diurutkan di daftar teratas karena desain dan lingkungan sekitarnya menciptakan lanskap yang menyenangkan secara visual.

Kamu bisa dengan nyaman dan menghabiskan berjam-jam dari sisi lain Danau Putrajaya mengagumi keindahan Masjid Putra. Bahkan kamu juga bisa berdoa dengan nyaman di masjid ini.

Ilustrasi© Shutterstock

10. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II di Casablanca memiliki menara tertinggi di dunia (kedua pada 2019) dan merupakan salah satu masjid termahal dan terindah yang pernah dibangun di dunia.

Terletak di Tepi Barat Afrika dengan lautan Atlantik yang luas di belakangnya, masjid Hassan II adalah salah satu tempat ikonik yang muncul setiap kali saat kamu mengetik Maroko di mesin pencari.

Masjid megah ini memiliki kualitas yang menjadikan tempat tersebut sebagai kebanggaan nasional di Maroko.

Sumber: Halaltrip.com, Laporan: Rena Safira

Beri Komentar