Turis Indonesia Terbanyak Liburan ke Singapura, Ini Tiga Daerah Asalnya

Reporter : Editor Dream.co.id
Rabu, 27 Maret 2024 19:49
Turis Indonesia Terbanyak Liburan ke Singapura, Ini Tiga Daerah Asalnya
Apakah kamu salah satu warga yang mengunjungi Singapura tahun lalu?

1 dari 15 halaman

Turis Indonesia Ramai Kunjungi Singapura, Rata-rata Warga Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau

Turis Indonesia Ramai Kunjungi Singapura, Rata-rata Warga Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau © Turis Indonesia Ramai Kunjungi Singapura, Rata-rata Warga Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau 2024 dream.co.id

2 dari 15 halaman

© Turis Indonesia Ramai Kunjungi Singapura, Rata-rata Warga Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau 2024 dream.co.id

Dream - Masyarakat Indonesia tercatat masih tercatat sebagai wisatawan terbanyak yang menjadikan Singapura sebagai destinasi liburan.

Jumlah kunjungan wisatawan Indonesia bahkan hampir dua kali lipat dibandingkan China yang berada di posisi kedua.

3 dari 15 halaman

Hal terungkap dari paparan Executive Director Singapore Tourism Board (STB) South East Asia, Terrence Voon yang menyatakan kedatangan turis asing ke Singapura dipimpin Warga Negara Indonesia sebanyak 2,3 juta orang, Tiongkok (1,4 juta), dan Malaysia (1,1 juta).

" Sebanyak 2,3 juta wisatawan Indonesia telah mengunjungi Singapura pada tahun 2023. Jumlah tersebut adalah jumlah wisatawan tertinggi dibanding wisatawan dari negara lain, jadi yang terbanyak di tahun lalu adalah dari Indonesia," ungkap Terrence Voon dalam jumpa pers dan buka puasa bersama di Jakarta Pusat pada Selasa, 26 Maret 2024 kemarin.

4 dari 15 halaman

Menurut Terrence, sektor pariwisata di Singapura mulai bergerak ke arah pemulihan setelah melihat jumlah kedatangan turis asing ke Singapura mencapai 13,6 juta di tahun 2023 kemarin.

Sementara terkait banyaknya wisatawan Indonesia berkunjung ke Singapura, Terrence mengungkapkan sebagian besar orang Indonesia datang untuk menghadiri berbagai event yang digelar di negranya.

Salah satunya adalah event konser Taylor Swift yang banyak ditonton warga Indonesia.

5 dari 15 halaman

" Kami melihat bahwa Singapura tetap menjadi tujuan wisata dan bisnis yang menarik. Indonesia merupakan pasar utama dan penting bagi Singapura, dan kami akan terus membina dan memperkuat kemitraan dengan para pemangku kepentingan industri untuk mendorong pertumbuhan pariwisata,” lanjutnya.

Terrence juga menambahkan wisatawan dari Indonesia yang berlibur ke Singapura kebanyakan berasal dari tiga kota besar di Indonesia. Ketiga kota itu adalah Jakarta, Surabaya dan Kepulauan Riau yang memikliki jarak cukup dekat dengan Singapura.

6 dari 15 halaman

Melihat antusias masyarakat Indonesia datang ke Singapura sebagai destinasi liburan, STB meluncurkan kampanye pemasaran global terbarunya bertajuk Made in Singapore di Indonesia.

" Kampanye terbaru ini untuk menarik perhatian para wisatawan dan menginspirasi mereka untuk memilih Singapura sebagai tujuan wisata berikutnya, dengan fokus pada bagaimana Singapura mengubah momen sehari-hari menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan,” tuturnya.

7 dari 15 halaman

Jewel Changi dan Surganya Belanja

Indriati Permanasari selaku Manager Indonesia International Group STB mengatakan, sejumlah destinasi wisata di Singapura memang telah mendunia, di antaranya Jewel Changi, Marina Bay Sands, Garden by The Bay, Universal Studio Singapore, Genting Dream Destination Cruises, Trifecta, SEA Oceanarium, Bird Paradise, dan lain sebagainya.

Namun di antara sekian banyaknya destinasi wisata, menurut Indriati, Jewel Changi dan wisata belanja paling digemari warga Indonesia.

8 dari 15 halaman

© Turis Indonesia Ramai Kunjungi Singapura, Rata-rata Warga Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau 2024 dream.co.id

" Banyak yang penasaran dengan air terjun di bandara Changi Jewel Changi, rasanya seperti mandi kalau berada di wahana ini. Kalau untuk belanja, kawasan Orchad masih jadi favorit wisatawan termasuk dari Indonesia,” kata Indriati.

9 dari 15 halaman

Ia menambahkan, sejumlah wahana baru dan event sedang disiapkan dalam waktu dekat ini dan di awal tahun depan.

Salah satunya adalah Harry Potter: A Forbidden Forest Experience di Sentosa Island. Wahana yang ditujukan buat para penggemar Harry Potter ini baru saja dibuka pada Februari kemarin.

10 dari 15 halaman

Singapore Sidecars

Tak hanya wahana, ada Singapore Sidecars yang bisa kamu datangi untuk merasakan sensasi berbeda mengelilingi sejumlah area di Singapura.

Sidecar merupakan armada yang dimodifikasi dengan tambahan seperti tempat yang terpasang di samping vespa dan motor.

11 dari 15 halaman

Tambahan tempat ini membuat penumpang merasa nyaman karena tempat duduk yang lebih luas.

Jadi pengemudi atau riders dari Singapore Sidecars dapat membawa kamu keliling tempat di Singapura yang ingin lewati dan nikmati.

12 dari 15 halaman

Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore © Turis Indonesia Ramai Kunjungi Singapura, Rata-rata Warga Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau 2024 dream.co.id

Akrab dengan karakter-karakter film kartun favorit? Kamu bisa langsung memotret atau mengambil foto secara langsung yang menarik perhatian di Universal Studios Singapore (USS).

13 dari 15 halaman

Ada pula wahana baru yang menarik perhatian para penggemar Minion dari Despicable Me di USS.

Karakter fiksi kuning yang populer ini akan menggantikan zona Madagaskar di USS.

Saat ke Singapura, jangan lewatkan sejumlah event yang digelar, salah satunya adalah Bazaar Raya Geylang Serai yang merupakan acara tahunan.

Kamu pun bisa menelajahi pasar yang ramai dihiasi dengan kios-kios berwarna-warni yang menawarkan berbagai makanan tradisional Melayu dan Muslim, pakaian, dekorasi, dan banyak lagi yang berlangsung pada 8 Maret hingga 9 April 2024.

14 dari 15 halaman

Made in Singapore

Usaha STB lainnya dalam berpromosi di Indonesia adalah membuat papan reklame elektronik di Jkawasan Bundaran HI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Serangkaian video animatronik 3D menampilkan beragam tempat dan atraksi wisata di negeri Singa tersebut.

15 dari 15 halaman

Promosi itu juga merupakan bagian dari kampanye “Made in Singapore” yang diluncurkan pada Oktober 2023 lalu.

Pengalaman visual yang berlangsung hingga 21 Maret 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian aktivasi global yang meliputi Tiongkok, India, Inggris dan Amerika.

Beri Komentar