8 Aturan Makeup yang Harus Dihindari!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 24 Agustus 2018 09:16
8 Aturan Makeup yang Harus Dihindari!
Berikut adalah aturan tutorial makeup yang tidak sepenuhnya benar dan aman untuk dilanggar.

Dream - Terkadang kita mencari tutorial di internet saat ingin merias wajah. Tapi meskipun sudah mengikuti langkah-langkah yang diberikan, kita tetap mendapatkan hasil makeup yang mengecewakan.

Itu semua bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mungkin pilihan kosmetik yang dipakai tidak sesuai dengan yang direkomendasikan. Atau, mungkin cara yang diterapkan masih belum sempurna.

Tutorial atau kebiasaan makeup yang dianjurkan tidak selalu harus diikuti atau dipatuhi. Sebenarnya, kamu bisa 'melanggar' apa yang diinstrusikan atau disarankan oleh tutorial makeup yang beredar di internet.

Siapa tahu, dengan 'melanggar' aturan ini, kamu malah mendapatkan hasil makeup yang lebih keren dan menarik perhatian. Intinya, kamu harus kreatif dan bisa mengeksplorasi segala kemungkinan saat melakukan makeup sendiri di rumah.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut adalah aturan tutorial makeup yang tidak sepenuhnya benar dan aman untuk dilanggar.

1. Warna Foundation Harus Sama dengan Warna Leher

Hampir seluruh tutorial makeup mengharuskan membeli foundation yang warnanya bisa menyatu dengan warna kulit leher.

Aturan ini hanya berlaku jika kulit kamu cerah. Jika warna kulitmu gelap, maka aturan ini tidak perlu diikuti. Aturan terbaik untuk masalah ini adalah menyesuaikan warna foundation dengan warna kulit wajah.

 8 Aturan Makeup yang Harus Dihindari© shutterstock.com

Hindari foundation yang terlalu merah muda karena akan terlihat tidak alami. Pilih foundation dengan warna kekuning-kuningan. Ini akan menyeimbangkan nuansa kemerahan di wajah secara efektif.

2. Bibir Warna Nude Cocok Dipadukan dengan Smokey Eyes

Tutorial yang mengatakan bibir warna nude cocok dengan gaya smokey eyes tidak sepenuhnya benar. Terutama jika kamu suka memakai gaya makeup yang berani.

Kamu bisa mencoba lipstik bibir merah muda atau smokey eyes perunggu dengan lipstik merah.

1 dari 2 halaman

Jangan Memakai Maskara di Bawah Bulu Mata

3. Harus Memakai Primer

Salah satu keraguan saat melakukan makeup adalah apakah perlu selalu memakai primer? Sebagian besar foundation mahal dan bermerek biasanya sudah mengandung primer. Jadi, penggunaan primer sebenarnya tidak diperlukan.

 8 Aturan Makeup yang Harus Dihindari© shutterstock.com

4. Warna Cat Kuku dan Bibir Harus Sama

Banyak yang bertanya, apakah warna cat kuku dan bibir harus sama? Jika itu ditanyakan ke seorang makeup artist, maka jawabannya tidak.

Namun, pilihan tetap di tanganmu. Untuk memberikan penampilan yang lebih berwarna, cobalah untuk memakai warna bibir dan cat kuku yang kontras.

 Selain Maskara, Ini 4 Alternatif Buat Bulu Mata Lentik!© MEN

5. Jangan Memakai Maskara di Bawah Bulu Mata

Kalau ingin benar-benar rapi dan tidak belepotan saat mengaplikasikan maskara di bulu mata bagian bawah, kamu bisa menggunakan pelindung seperti tisu supaya tidak mengenai bagian bawah mata atau dibersihkan dengan concealer.

2 dari 2 halaman

Selalu Gunakan Kosmetik Mahal, Padahal...

6. Jangan Pernah Keluar Rumah Tanpa Makeup

Sesekali kamu juga perlu keluar rumah tanpa makeup. Setiap wanita sebenarnya secara alami cantik. Memamerkan wajah polos terkadang bisa menumbuhkan kepercayaan diri yang cukup besar.

Selain itu, merias wajah setiap saat dapat menyebabkan masalah kulit. Di saat tertentu, wajahmu perlu bebas dari makeup agar kulit bisa bernafas dengan baik.

 Tutorial Riasan Smokey Eyes yang Mudah Buat Pemula© MEN

7. Selalu Menggunakan Produk Kosmetik yang Mahal

Selama ini orang berpikir bahwa produk mahal selalu yang terbaik. Padahal tidak selalu seperti itu.

Sebelum membeli produk makeup, hal utama yang harus dipertimbangkan adalah seberapa sering kamu menggunakannya dan berapa lama produk itu bertahan. Aturan praktisnya adalah bahwa produk makeup yang kamu beli bisa bertahan setidaknya 6 bulan.

 5 Alasan yang Membuat Kamu Ogah Memencet Jerawat© MEN

Merek lokal tidak selamanya kurang berkualitas dibandingkan merek internasional. Yang penting adalah bahan yang digunakan. Merek-merek internasional cenderung lebih mahal karena sudah cukup populer dan kemasannya mewah.

8. Concealer Harus Dipakai Sebelum Foundation

Idealnya, justru kebalikannya. Ketika kamu mengaplikasikan foundation, secara otomatis kamu sudah menutupi banyak kekurangan pada wajah. Ini akan mengurangi jumlah bintik atau bekas jerawat yang perlu disembunyikan menggunakan concealer.

Intinya, jangan terlalu berlebihan saat memakai makeup. Gunakan kuas jika mengaplikasikan foundation. Untuk mempertahankan warna bibir, gunakan sedikit bedak. Selalu sediakan kertas minyak, terutama jika sering berkeringat. (ism)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair