Biar Enggak Keliru, Ini Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 6 Maret 2019 08:15
Biar Enggak Keliru, Ini Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat
Ternyata, urutan pemakaian skincare berpengaruh pada wajah.

Dream - Semakin bertambahnya usia, produk perawatan kulit seseorang semakin banyak. Tak jarang, banyaknya produk perawatan kulit membuat kita bingung skin care mana yang harus dipakai terlebih dahulu.

Salahkah jika serum dipakai sebelum krim antioksidan? Ternyata, urutan pemakaian skincare berpengaruh pada wajah.

 Skincare

Untuk memastikan caramu benar, berikut langkah pemakaian skin care yang dianjurkan oleh Mona Gohara, Associate Clinincal Professor of Dermatology di Yale School of Medicine.

1 dari 2 halaman

Pagi Hari

Hal yang paling dasar dalam memakai skin care adalah menggunakan produk berformula paling ringan. Kalau kamu memulainya dengan pelembap bertekstur tebal, serum tidak akan bisa terserap oleh wajah. Dan jangan lupa membiarkan produk hingga mengering supaya manfaatnya lebih efektif.

 Skincare

Langkah 1: Serum

Jika ingin tahu langkah menggunakan skin care, kamu perlu memulainya dengan serum. Gohara mengungkapkan bahwa serum harus dipakai paling awal karena kandungannya sangat terkonsentrasi, dan baik untuk dijadikan primer sebelum menggunakan produk lainnya. Bahkan, mampu meningkatkan efektivitas produk yang akan dipakai selanjutnya.

Langkah 2: Skincare untuk Area Tertentu

Setelah serum terserap sempurna, pakailah skin care yang dipakai hanya di area tertentu, seperti obat jerawat, eye cream dengan SPF dan lain-lain.

Langkah 3: Produk yang Dipakai ke Seluruh Wajah

Menurut Gohara, inilah saatnya memakai produk yang dipakai ke seluruh wajah, seperti perawatan antioksidan, obat jerawat untuk keseluruhan wajah atau facial oil.

 Skincare

Langkah 4: Pelembap

Pelembap adalah produk yang akan melindungi seluruh produk sebelumnya. Di pagi hari, Gohara memakai pelembap dan sunscreen. Jika ingin meningkatkan kelembapan dan perlindungan terhadap sinar UV, pakailah pelembap dengan kandungan SPF 30.

Langkah 5: SPF

Penggunaan SPF di pagi dan sore hari hampir sama pentingnya dengan pelembap, apalagi jika kamu beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa memakai SPF sebelum meninggalkan rumah.

2 dari 2 halaman

Malam Hari

Sebenarnya hanya sedikit perbedaan pemakaian skincare di pagi dan malam hari. Tapi, di malam hari kamu hanya perlu memakai produk yang paling penting saja.

 Skincare

Langkah 1: Retinol, Skincare dari Dokter dan Serum

Retinol harus dipakai pertama kali ketika menggunakan skincare di malam hari. Jangan pernah menggunakannya setelah produk lain.

Setelah mencuci wajah, totol-totolkan retinol ke beberapa bagian wajah dan oleskan hingga merata. Kalau perawatanmu berbeda, gunakanlah produknya saat memulai memakai skincare, seperti obat dokter atau serum.

Langkah 2: Skincare untuk Area Tertentu

Setelah produk pertama terserap sempurna, aplikasikan eye cream sebelum memakai krim malam. Jika kamu punya skincare untuk area tertentu, pakailah setelah memakai eye cream.

 Skincare

Langkah 3: Pelembap

Tahap terakhir kamu perlu memakai pelembap bertekstur tebal untuk mencegah iritasi akibat pemakaian retinol. Jika wajahmu terlalu berminyak untuk memakai krim malam, pakailah lotion yang tidak membuat wajah terlalu berminyak.

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan