6 Misteri yang Tak Bisa Dipecahkan Ilmu Pengetahuan

Reporter : Idho Rahaldi
Selasa, 21 Maret 2017 15:30
6 Misteri yang Tak Bisa Dipecahkan Ilmu Pengetahuan
Ternyata hingga saat ini masih banyak terdapat hal-hal yang tidak mampu dijelaskan oleh para scientist atau ilmuan di dunia...

Dream - Kemajuan teknologi memang tak terbendung. Pengetahuan manusia semakin tinggi. Tapi bukan berarti semua yang terjadi di alam raya ini mampu dijelaskan oleh para ilmuwan dunia.

Misalnya saja tingkah laku dan suara tertentu dari binatang, atau ada berapa jumlah palnet di tata surya kita.

Para ilmuwan memang orang-orang pintar, namun mendapatkan jawaban pasti dari beberapa fenomena yang masih menjadi misteri nampaknya menjadi sebuah pekerjaan rumah yang berat.

Lalu, misteri apa sajakah itu? Berikut ini enam misteri yang belum dipecahkan, sebagaimana dikutip Dream dari brightside.me:

1. Bagaimana kucing mendengkur?

Kucing merupakan satu-satunya hewan yang mengeluarkan suara dengkuran saat merasa senang. Namun bagaimana? Saat mereka mendengkur, kamu bahkan tidak akan bisa mendengar detak jantungnya.

Penelitian secara psikologis tentang asal mula dengkuran kucing sampai kini masih diperdebatkan. Karena bunyi dengkuran tidak dihasilkan secara ekslusif oleh pita suara seperti bunyi mengeong ataupun lolongan.

Dan mungkin sekali bunyi tersebut dihasilkan oleh tulang hyoid, tulang kecil fleksibel dan terdapat di bagian leher kucing. Ketika udara didorong masuk melalui kotak suaranya, menyebabkan tulang itu bergetar, dan menghasilkan suara yang amat jelas itu. Teori lainnya adalah bahwa suara tersebut disebabkan oleh otot-otot pada pangkal tenggorokan yang berkedut dengan cepat.

Namun bagaimana atau kenapa kucing mendengkur masih merupakan topik yang belum terpecahkan hingga saat ini.

2. Dari mana beberapa mahluk berasal? Kenapa mereka tidak mempunyai nenek moyang?

 Misteri tak Terpecahkan

Tidak ada yang tahu persis dari mana amfibi berasal? Skenario evolusi menyatakan bahwa ikan yang berevolusi dari invertebrata kemudian berubah menjadi amfibi.

Akan tetapi skenario itu tidak memiliki bukti. Tidak ada satu fosilpun yang menunjukan bahwa pernah ada mahluk setengah ikan setengah amfibi.

Beberapa pakar juga menyatakan bahwa dinosaurus punah setelah bencana besar 65 juta tahun silam. Lalu pada saat yang sama spesies mamalia muncul, entah dari mana?

3. Sapi memiliki kompas magnetik?

 Misteri tak Terpecahkan

Sebuah kelompok peneliti dari Jerman dan Ceko menemukan bahwa hampir semua sapi di seluruh dunia mengatur posisi tubuh memanjang di arah utara-selatan saat merumput.

Uniknya, posisi utara-selatan tersebut berlaku di bagian negara manapun. Hal tersebut diketahui dari hasil pemantauan menggunakan satelit. Ribuan sapi berhasil dipotret dari berbagai lokasi padang rumput di seluruh dunia.

Persentase tersebut termasuk deviasi tinggi untuk pengambilan secara acak. Dari 8510 ternak yang terekam di 308 lokasi, terdapat 60-70 persen yang orientasi tubuhnya utara-selatan.

Namun, sejauh ini kecenderungan tersebut baru sebatas korelasi saja. Untuk memastikan apakah sapi memiliki kepekaan terhadap medan magnet Bumi harus dilakukan percobaan secara langsung.

Penelitian mengenai hal tersebut semakain menarik karena kecenderungannya tidak hanya pada sapi melainkan rusa di Ceko.

Para peneliti kini tengah mempertimbangkan penggunaan Google Earth untuk mencari apakah kecenderungan yang sama berlaku juga pada ternak lainnya, seperti kambing dan kuda.

4. Berapa banyak planet di Tata Surya?

 Misteri tak Terpecahkan

Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet di Tata Surya kita. Tapi hanya 9 nama planet yang terdaftar resmi di masyarakat umum. Planet terkecil Pluto sempat keluar dari daftar karena dianggap terlalu kecil.

Jumlah planet di tata surya kita memang tidak pasti. Dan jumlahnya terus bertambah sesuai kemajuan teknologi astronomi (kemampuan manusia untuk melihat). Bahkan masih ada yang belum tercatat dengan pasti, serta foto bentuknya masih belum jelas, orbitnya belum jelas dan hal lain.

Jadi informasi ini adalah pendapat dari para ilmuwan dan bukan pendidikan secara pelajaran formal pada umumnya. Sehingga tidak dapat dipakai sebagai acuan pelajaran, melainkan informasi lebih mendalam tentang Tata Surya kita.

5. Mengapa kita bermimpi?

 Misteri tak Terpecahkan

Beberapa percaya bahwa mimpi adalah sebuah gambar acak dari gelombang otak kita. Beberapa lainya menganggap mimpi adalah suatu keingan bawah sadar manusia.

Studi yang mempelajari tentang mimpi disebut oneirology. Para ilmuan mengklaim bahwa mimpi menggambarkan sesuatu yang tersembunyi di dalam jiwa manusia, tetapi tidak ada yang tahu apa sebenarnya.

6. Apa itu 'suara di luar angkasa'?

Saat sedang mempelajari sebuah bintang di tahun 2006, para ilmuwan tak sengaja mendengar raungan misterius di luar angkasa. Dari mana mereka berasal? Para peneliti mengatakan gelombang suara itu bukan berasal dari bintang atau fenomena kosmik lainya. Gelombang suara itu dikenal sebagai space roar

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal