7 Prinsip Dasar Alquran dalam Mendidik Anak

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 15 Oktober 2018 14:02
7 Prinsip Dasar Alquran dalam Mendidik Anak
Metode ini dapat dilakukan Sahabat Dream agar anak tumbuh bermanfaat.

Dream - Memiliki anak bukan semata-mata ingin mempunya keturunan saja. Sebagai orangtua, kita wajib mendidik para anak agar dapat berperilaku baik dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan.

Seperti kita tahu bahwa anak adalah cerminan orang tua, setuju nggak?

Terkait didikan orangtua pada anaknya, saat ini tak sedikit metode pola didik yang dapat dilakukan agar anak dapat tumbuh seperti yang diharapkan.

Sebagai umat Muslim, mendidik anak seperti yang terkandung dalam Alquran adalah pedoman terbaik yang bisa Sahabat Dream tiru dalam sehari-hari.

 shutterstock

Ada tujuh prinsip yang terdapat di dalamnya. Apa saja itu?

1. Anak adalah takdir Allah SWT, bukan pilihan orang tua juga bukan anak yang memilih orang tua, hal ini terkandung di Surat Al Qashash ayat 68 dan Surat Asy Syuura ayat 49-50.

2. Di surat Al Anfal ayat 27-29 berbunyi karena apa yang Allah SWT takdirkan, maka itu adalah amanah yang harus ditunaikan.

3. Orang tua menginginkan anak, keinginan itu merupakan janji orang tua pada Allah SWT, maka janji tesebut harus ditepati dan dipertanggungjawabkan kelak, seperti yang tercatat di Surat Al Ma'idah ayat 1, Surat Al Israa' ayat 34, dan Surat Ar Ra'd ayat 19-24.

Lantas empat prinsip apalagi yang mendasar di Alquran soal mendidik anak?

Baca lengkapnya di sini, yuk, Sahabat Dream!

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral