Hikmah Nabi Anjurkan Mematikan Lampu Saat Tidur

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 8 Februari 2017 16:15
Hikmah Nabi Anjurkan Mematikan Lampu Saat Tidur
Selain anjuran Nabi, penelitian modern pun turut menjelaskan dampak tidur dengan lampu menyala.

Dream - Tidur di malam hari menjadi kebutuhan dasar manusia untuk melepaskan lelah setelah beraktivitas seharian. Tetapi, banyak orang yang menjalani tidur di malam hari dengan lampu tetap menyala.

Kondisi tersebut ternyata tidak disarankan Nabi Muhammad SAW. Dilansir dari Islampos, beberapa hadis Rasullullah menjelaskan mengenai anjuran tidur dengan kondisi cahaya redup.

Dalam hadis riwayat Bukhari dari Abu Musa, pada suatu kesempatan Abu Musa pernah menceritakan kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah, saat penghuninya tertidur. Saat peristiwa itu diceritakan kepada Rasullullah, Beliau berkata, " Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, maka padamkanlah ia lebih dahulu.”

Dari hadis riwayat Muslim, Jabir bin Abdullah pernah mengungkapkan, sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “ Tutuplah oleh kalian bejana-bejana, rapatkanlah tempat-tempat minuman, tutuplah pintu-pintu, dan matikanlah lampu, karena setan tak dapat membuka ikatan tempat minum, pintu, dan bejana. Jika kalian tak mendapatkan penutupnya kecuali dengan membentangkan sepotong batang kayu kecil di atas bejananya dan menyebut nama Allah, maka lakukanlah. Karena tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya.” 

Al-Hafiz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menukil perkataan dari imam al-Qurthubi rahimahullah, perintah dan larangan dalam hadis merupakan bentuk arahan.

" Dan mungkin juga bermakna anjuran (sunnah)," kata Ibnu Hajar.

Adapun Imam Nawawi menegaskan, kondisi tersebut berupa bimbingan itu digunakan untuk kemaslahatan duniawi dan agama.

" Mendatangkan maslahat secara agama, yaitu penjagaan terhadap jiwa dan penjagaan terhadap harta yang diharamkan untuk dihambur-hamburkan," ucap dia.

Menurut beberapa peneliti di Universitas Stanford di California, Amerika Serikat, cahaya lampu yang menyala saat tidur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh, mengganggu kesehatan mata, dan bahkan berisiko meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Dilansir dari Vemale, yang lebih mengerikan lagi, wanita yang tidur dengan lampu menyala bisa memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibandingkan mereka yang memilih gelap atau memakai cahaya remang-remang saat tidur. Wallahu a'lam...

Beri Komentar