9 Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat di Rumah, Secara Manual dan Online

Reporter : Sugiono
Kamis, 6 Desember 2018 18:01
9 Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat di Rumah, Secara Manual dan Online
Kita bisa menggunakan cara menentukan arah kiblat sholat dengan Google Maps. Ada juga cara menentukan arah kiblat dengan kompas dan GPS.

Dream - Salah satu syarat sah sholat adalah menghadap arah kiblat. Kiblat umat Muslim saat sholat adalah Kabah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.

Sholat seseorang dinyatakan tidak sah apabila tidak menghadap kiblat. Kecuali jika orang tersebut berada dalam kondisi peperangan atau di atas kendaraan.

Hal ini telah dijelaskan Imam Abu Ishak Ibrahim bin Ali Yusuf Al Fairuzzabadi Al Syairazi dalam kitab Al Muhadzdzab fi Fiqh Al Imam Al Syafi'i.

" Menghadap kiblat merupakan syarat sah sholat kecuali dalam dua kondisi, yakni ketika kondisi teramat bahaya (perang berkecamuk) dan sholat sunnah yang dikerjakan saat perjalanan."

Namun saat berada di tempat asing, kita seringkali tidak tahu arah kiblat saat hendak sholat. Karena itulah seorang Muslim harus tahu cara menentukan arah kiblat.

Pengetahuan tentang cara menentukan arah kiblat ini perlu dikuasai karena tiap lokasi atau titik di mana kita sedang berada memiliki posisi lintang dan bujur yang berbeda-beda.

Cara menentukan arah kiblat memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa perbedaan mengenai cara menentukan arah kiblat ini.

Secara umum, posisi Negara Indonesia terhadap Kabah adalah kira-kira 112 derajat arah barat laut. Akan tetapi perkiraan mengenai posisi Kabah ini masih menjadi perdebatan.

Ada pendapat yang bilang bahwa menghadap tepat ke arah barat sudah dianggap sama dengan menghadap kiblat.

Namun ada yang mengatakan bahwa posisi Indonesia terhadap Kabah tidak tepat ke barat. Posisi Kabah adalah menyerong ke kanan sedikit sebesar 112 derajat arah barat laut.

Jika posisi Kabah di Masjidil Haram dihitung dari arah utara, maka posisi Indonesia adalah sebesar 294,2 derajat.

Melihat perbedaan ini, maka Sahabat Dream perlu mengetahui cara menentukan arah kiblat dengan benar untuk memastikan letak Kabah secara akurat.

Cara menentukan arah kiblat dari berbagai sudut Bumi sudah dilakukan sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu oleh para ahli matematika dan astronom Muslim.

Sebenarnya ada banyak cara menentukan arah kiblat sholat, baik secara manual maupun modern. Cara menentukan arah kiblat secara manual bisa menggunakan matahari.

Sedangkan cara menentukan arah kiblat sholat secara modern sudah banyak tersedia di era digital seperti sekarang.

Kita bisa menggunakan cara menentukan arah kiblat sholat dengan Google Maps. Ada juga cara menentukan arah kiblat dengan kompas dan GPS.

Sahabat Dream bahkan bisa menggunakan cara menentukan arah kiblat sholat menggunakan aplikasi ponsel atau secara online.

Karena itulah, kita tidak usah takut kehabisan cara menentukan arah kiblat sholat di rumah dan di hotel yang letaknya jauh dari masjid atau surau.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 9 cara menentukan arah kiblat sholat di rumah, secara manual dan online

Cara menentukan arah kiblat sholat di rumah, secara manual dan online

1. Cara menentukan arah kiblat dengan kompas

Cara menentukan arah kiblat dengan kompas ini merupakan cara tertua namun masih sangat ampuh. Hanya saja kamu harus memiliki kemampuan untuk membaca arah dengan menggunakan kompas. Selain harganya sangat terjangkau, penggunaan kompas ini bisa menjadi multi fungsi.

Sekarang kamu bahkan bisa memiliki kompas kiblat yang langsung terpasang pada sajadah. Alat ini akan semakin mempermudah kamu menentukan arah kiblat sholat dengan akurat.

2. Cara menentukan arah kiblat dengan Google Maps

Salah satu cara praktis menentukan arah kiblat di rumah secara online adalah dengan menggunakan Google Maps. Layanan mirip dengan Qibla Locator ini memanfaatkan Google Maps untuk menentukan arah kiblat dengan mudah dari semua titik atau tempat di muka Bumi.

Kamu cukup masukkan alamat, kota, atau negara tempat kamu tinggal. Setelah itu klik tombol Cari. Maka aplikasi online ini akan memperlihatkan arah kiblat. Selain arah kiblat yang dilambangkan dengan garis merah, aplikasi online ini juga memberikan tambahan informasi tentang berapa derajat arah sebenarnya dari utara.

Ini adalah cara mudah menentukan arah kiblat tanpa bantuan kompas. Kamu bisa mengakses aplikasi ini di alamat URL www.al-habib.info/arah-kiblat/.

3. Cara menentukan arah kiblat dengan GPS

Dengan teknologi satelit, kita bisa menentukan arah kiblat menggunakan GPS. Bagi yang tidak tahu, GPS (Global Positioning System) merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang didukung oleh ratusan satelit yang selalu mengorbit di luar angkasa.

Di manapun berada, kita bisa menggunakan GPS untuk menentukan arah kiblat atau letak Kabah di Mekah, lengkap dengan koordinatnya. Cara menentukan arah kiblat dengan GPS ini tergolong cara yang sangat akurat.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ditemukan Luka Tembak Pada Jenazah Karyawan Istaka Karya