Di Dalam Kabah, Ke Mana Arah Kiblat Sholatnya?

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 16 April 2019 20:03
Di Dalam Kabah, Ke Mana Arah Kiblat Sholatnya?
Sholat wajib menghadap kiblat yaitu Kabah di Masjidil Haram.

Dream - Dalam melaksanakan sholat baik fardlu maupun sunah, terdapat syarat yang harus terpenuhi. Salah satunya adalah menghadap kiblat.

Kiblat yang dimaksud yaitu Kabah yang terletak di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Bangunan ini menjadi pusat arah sholat umat Islam sedunia.

Kabah sendiri merupakan bangunan berbentuk kubus. Terdapat pintu yang menghubungan dengan bagian dalam Kabah.

Tidak semua orang dapat masuk ke dalam Kabah. Hanya para pejabat dan tamu istimewa Kerajaan Arab Saudi yang bisa masuk dan melihat sisi dalam Kabah.

Kebanyakan mereka yang masuk ke Kabah akan melaksanakan sholat sunah. Karena jadi pusat arah sholat, lantas ke mana seseorang menghadap jika sholat di dalam Kabah?

Dikutip dari NU Online, Syeikh Wahbah Az Zuhayli dalam kitab Al Fiqhul Islami wa Adillatuh, menjelaskan menghadap kiblat merupakan kewajiban dalam sholat. Sedangkan mengenai sholat di dalam Kabah, ketentuannya sudah banyak dibahas oleh para ulama fikih.

" Kita mengetahui bersama bahwa (orang yang shalat di dalam Kabah) secara syar'i harus menghadap salah satu bagian Kabah… Ahli fikih telah menetapkan pelaksanaan sholat di dalam Kabah."

 

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara