Doa Saat Mengalami Kesulitan Ekonomi

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 1 Agustus 2019 06:01
Doa Saat Mengalami Kesulitan Ekonomi
Kesulitan ekonomi kerap dialami banyak orang.

Dream - Hidup tidak selalu berada di kondisi aman. Ada kalanya situasi sulit mendera hingga kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Kesulitan ekonomi adalah kondisi yang kerap kita alami. Meski tiap orang menghadapi situasi yang berbeda.

Meski sudah berpikir dan berusaha keras, tetap saja penghasilan yang didapat masih tak mencukupi kebutuhan. Sementara ekonomi sedang tidak bagus.

Cara apapun ditempuh. Mulai dari mencari pekerjaan sampingan hingga berutang.

Ketika berada dalam kondisi ini, jalan keluarnya hanya Allah. Dianjurkan untuk membaca doa ini, yang dicantumkan Imam An Nawawi dalam kitabnya, Al Adzkar.

 

1 dari 5 halaman

Doa Kesulitan Ekonomi

 Doa Saat Kesulitan Ekonomi

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini, allahumma raddhini bi qada'ika, wabarik li fi ma quddira li hatta la uhibba ta'jila ma akhkharta wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah atas diriku, hartaku dan agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang menerima ketetapanMu serta berkahilah aku atas rizki yang Engkau tentukan sehingga aku tak tergesa meminta sesuatu Engkau akhirkan atau mengakhirkan sesuatu yang Engkau hendak percepat."

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Anugerah Ilmu dan Rezeki Bermanfaat

Dream - Meraih keberkahan merupakan tujuan orang beriman dalam menjalani hidup. Dengan berkah, hidup terasa mudah dan ringan.

Keberkahan tidak semata datang sendiri. Setiap orang harus berusaha sehingga meraihnya. Terdapat tiga komponen yang sarat berkah, yaitu ilmu bermanfaat, amal diterima, serta rezeki baik.

Ilmu perlu dipraktikkan agar bermanfaat dan melahirkan amalan baik yang diterima. Lalu, rezeki yang baik membuat hidup penuh berkah.

Untuk memohon ketiganya, dianjurkan membaca doa Rasulullah Muhammad SAW. Doa ini sering dibaca Rasulullah sewaktu pagi.

3 dari 5 halaman

Doa Mohon Ilmu dan Rezeki

 Doa Mohon Ilmu dan Rezeki

Allahumma inni as aluka 'ilman nafi'an wa 'amalan mutaqabbalan wa rizqan thoyyiban.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal yang diterima, dan rezeki yang baik."

4 dari 5 halaman

Doa Berlindung dari Kejahatan Fitnah dan Hawa Nafsu

Dream - Fitnah dan hawa nafsu, dua bahaya yang selalu mengintai kehidupan kita. Dampak yang ditimbulkan juga sangat besar.

Fitnah dapat menghancurkan harga diri seseorang. Meskipun orang yang difitnah tidak melakukan perbuatan yang dituduhkan.

Sedangkan hawa nafsu dapat menjerumuskan seseorang pada kehinaan. Segala perilaku buruk, terutama maksiat, bisa terjadi akibat seseorang dikendalikan nafsunya.

Bahkan yang lebih berbahaya, nafsu bisa mengarahkan pada banyak sekali kejahatan. Sehingga, umat Islam sebisa mungkin menghindar dari segala kejahatan yang ditimbulkan fitnah dan hawa nafsu.

Untuk terhindar dari bahaya kejahatan fitnah dan hawa nafsu, dianjurkan membaca doa yang diabadikan dalam Surat Yusuf ayat 33.

5 dari 5 halaman

Doa Berlindung dari Fitnah dan Hawa Nafsu

 Doa berlindung dari fitnah

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh'unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.

Artinya,

" Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dariku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh."

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting