Keutamaan Menjenguk Orang Sakit dan Doa untuk Orang Sakit supaya Cepat Sembuh yang Dibaca Rasulullah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 14 Januari 2022 13:35
Keutamaan Menjenguk Orang Sakit dan Doa untuk Orang Sakit supaya Cepat Sembuh yang Dibaca Rasulullah
Rasulullah saw membacakan doa ini saat ada keluarga dan sahabatnya yang sakit.

Dream – Penyakit bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Sakit yang diberikan pun bisa berupa sakit yang ringan maupun sakit yang parah. Namun, sakit yang diberikan Allah SWT tentu saja ada alasannya. Di mana untuk menguji seberapa kuat keimanan, kesabaran, dan keikhalasan seorang manusia saat diberikan ujian tersebut.

Apakah saat diberi ujian akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT atau justru akan semakin menjauh? Sehingga hadirnya penyakit sudah pasti ada hikmah yang bisa kita petik. Bahkan dalam Islam sendiri menganjurkan untuk menjenguk orang yang sedang sakit dan membacakan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh.

Hal ini sebagai wujud kepedulian kita kepada sesama manusia yang sedang dalam kondisi tidak baik dan memberikan doa untuk kesembuhannya. Dengan harapan, nantinya orang yang sakit tersebut bisa sehat kembali dan beraktivitas lancar seperti sedia kala.

Nah, bagi sahabat Dream yang ingin menjenguk orang sakit, berikut adalah beberapa bacaan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang bisa diamalkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Muslim.or.id dan m.oase.id.

1 dari 2 halaman

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit© Freepik.com

Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupannya akan membutuhkan bantuan orang lain. Apalagi hal-hal yang tidak terduga seperti sakit bisa terjadi kapan saja. Dalam kondisi seperti inilah, manusia sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain.

Dalam Islam sendiri menganjurkan kepada umatnya untuk peduli kepada sesama, terutama yang sedang ditimpa musibah. Yakni dengan menjenguk orang sakit. Menjenguk orang sakit adalah perbuatan yang sangat mulia dan ada keutamaan di dalamya. Hal ini seperti sabda Rasulullah saw yang dikutip dari Muslim.or.id berikut ini:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

Artinya: Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Ketika kita menjenguk orang sakit, di momen ini kedatangan kita juga bisa memberikan kebahagiaan pada orang yang sedang sakit. Mereka akan merasa bahwa dirinya diperhatikan oleh orang lain dan mendapatkan kasih sayang dari orang lain. Ketika kebahagiaan hadir dalam diri orang sakit yang diikuti dengan pikiran positif, insya Allah hal ini juga baik untuk membantu proses penyembuhannya.

2 dari 2 halaman

Doa untuk Orang Sakit

Doa untuk Orang Sakit© Freepik.com

Rasulullah saw telah mengajarkan banyak hal kepada umatnya. Salah satunya adalah doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh. Doa-doa tersebut dulunya juga diamalkan oleh Rasulullah saw ketika ada keluarganya atau sahabatnya yang sakit. Berikut adalah beberapa doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang dibaca oleh Rasulullah saw seperti dikutip dari m.oase.id:

Doa Nabi saat Menjenguk Sahabatnya yang Sakit

Ketika adalah ada sahabat Nabi saw yang sedang sakit, beliau pun menjenguk dan membacakan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.”

Artinya:Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit." (HR. Bukhari)

Doa Nabi saat Istrinya Sakit

Ketika Aisyah, istri dari Nabi Muhammad saw sedang sakit, beliau pun membacakan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh seperti berikut:

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta.

Artinya:Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau." (HR. Buhari Muslim).

Doa Orang Sakit yang Dibaca 7 Kali

Selain itu, ada lagi doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang dibaca Rasulullah saw sebanyak tujuh kali:

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka.

Artinya:Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu.”

Doa Nabi pada Orang Badui yang Sakit Demam

Saat Nabi saw menjenguk orang sakit, beliau tidak hanya sekedar menjenguk saja. Tetapi juga menghiburnya dan mengatakan bahwa hadirnya sakit ini bisa menggugurkan dosa. Berikut adalah doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang dibaca Nabi saw pada orang Badui yang sakit demam:

لاَ بَأْسَ، طَهُورٌ إِنْ شَاءَ الله

Laa ba'sa thahur insyaa Allah.

Artinya: Tidak apa, semoga menjadi penghapus (dosa), jika Allah menghendakinya” (HR. Bukhari).

Itulah penjelasan terkait keutamaan menjenguk orang sakit dan beberapa doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang bisa sahabat Dream baca. Mudah-mudahan, melalui doa tersebut bisa membantu untuk meringankan penderitaan orang yang sakit dan segera diangkat penyakitnya oleh Allah SWT.

Beri Komentar