4 Langkah Mudah Klaim Asuransi Kendaraan

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 29 Desember 2021 15:17
4 Langkah Mudah Klaim Asuransi Kendaraan
Pokoknya jangan lupa beli asuransi kendaraan agar kantong nggak bolong.

Dream – Selain perawatan setiap bulan atau rentang waktu tertentu pada kendaraan kesayangan, khususnya beroda empat, Sahabat Dream juga perlu perhatikan asuransi.

Jangan sampai ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan kendaraan, kamu panik karena tidak ada budget khusus yang disiapakan untuk hal tersebut.

Dengan adanya asuransi, kamu nggak perlu memusingkan soal biaya karena kerusakan pada mobil akan ditanggung pihak asuransi. Tak cuma itu saja, pihak asuransi juga akan menutup kerugian pihak ketiga yang terlibat kecelakaan, termasuk menjamin mobil yang jadi korban banjir atau kerusuhan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Semua itu bisa kamu dapatkan jika bergabung dengan AutoFamily milik Toyota.

“ Saat membeli mobil baru Toyota di Auto2000 Digiroom atau cabang Auto2000 terdekat, mengambil asuransi kendaraan merupakan langkah yang bijaksana untuk membuat AutoFamily merasa lebih aman dan tenang,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, lewat keterangannya pada Selasa, 28 Desember 2021.

Di sini, Nur juga menambahkan kalau asuransi kendaraan sangat membantu ketika mobil AutoFamily mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau hilang dicuri.

Namun untuk mendapatkan keuntungan itu semua, pastikan kamu membeli asuransi dengan pilihan klaim di bengkel authorized, Auto2000, sebab bengkel Bodi & Cat Auto2000 siap melayani klaim asuransi dengan proses mudah, serta hasil perbaikan berkualitas sesuai standar Toyota global.

Lalu, bagaimana jika kebetulan kamu ingin klaim asuransi supaya kerusakan mobil dapat ditanggung penyedia asuransi? Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan!

1 dari 3 halaman

1. Segera Hubungi Asuransi Mobil

Langkah pertama adalah melaporkan kejadian kehilangan atau kecelakaan ke cabang asuransi terdekat dengan lokasi kejadian, bahkan beberapa asuransi sudah menerapkan sistem pelaporan online.

Asuransi kendaraan© Toyota Auto 2000

Pelaporan merupakan langkah paling penting karena semakin cepat Auto Family mengajukannya, akan semakin mudah pula pengajuan klaim asuransi mobil.

Oleh sebab itu, pastikan untuk segera melaporkannya maksimal 3 hari setelah kejadian. Pelaporan juga bisa secara mudah langsung dilakukan di beberapa bengkel Bodi & Cat Auto2000 dimana petugas asuransi stand by di lokasi, khususnya pemilik polis Asuransi Astra.

2 dari 3 halaman

2. Siapkan Bukti Kecelakaan atau Kehilangan

Langkah ini akan menjadi bukti bahwa kerusakan atau kehilangan mobil bukanlah sesuatu yang direncanakan.

Jika mobil AutoFamily mengalami kerusakan, maka bukti yang dapat disiapkan dapat berupa foto dari panel bodi yang rusak. Sementara jika hilang, bukti yang bisa disiapkan berupa rekaman CCTV jika tersedia.

Asuransi kendaraan© Toyota Auto 2000

3. Jelaskan Kronologis secara Lengkap dan Detail

Semakin jelas dan rinci AutoFamily menjelaskan kronologi kejadian, maka akan semakin mudah pula proses klaim asuransinya. Pastikan AutoFamily menjawab pertanyaan dengan tenang dan tidak berbelit-belit supaya mudah dimengerti.

3 dari 3 halaman

4. Lengkapi Persyaratan Klaim Asuransi Mobil

Tahapan keempat adalah menyiapkan data dokumen kendaraan, seperti STNK mobil dan SIM pengemudi, serta polis asuransi kendaraan yang masih berlaku.

Pastikan semua surat tersebut masih berlaku saat kejadian karena kalau surat-surat tersebut ‘mati’, maka klaim asuransi dapat ditolak.

Ilustrasi© shutterstock

Tanya Auto Membahas Tips Klaim Asuransi Mobil

Tidak hanya asuransi mobil, AutoFamily juga dapat mengakses konten bermanfaat lainnya yang disediakan di chanel Youtube Auto2000, seperti tips & trick serta review mobil baru untuk mendapatkan informasi aktual dan terpercaya terkait kepemilikan mobil Toyota.

Beri Komentar