Sah! Indomobil Ambil Alih Penjualan Mobil KIA, Ini Kata CEO

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 4 Juli 2019 11:48
Sah! Indomobil Ambil Alih Penjualan Mobil KIA, Ini Kata CEO
Perusahaan ini disebut-sebut membentuk perusahaan patungan untuk akuisis bisnis ini.

Dream – Penjualan mobil KIA di Indonesia dalam kondisi yang tak menyenangkan. Produsen otomotif asal Korea Selatan ini bahkan dilaporkan sempat mengurangi aktivitas penjualannya di Jakarta.

Kabar bahagia datang kala sang pesaing datang membantu. PT Indomobil Sukses International Tbk menawarkan layanan aftersales dialihkan ke bengkel mereka.

Ta hanya layanan aftersales, KIA dikabarkan akan masuk sebagai anggota keluarga baru ATPM yang selama ini terkenal menjual merek mobil Suzuki.

Direktur Utama Indomobil Sukses International Tbk, Bambang Subijanto, dalam keterbukaan pasar modal di Bursa Efek Indonesia membenarkan rencana perusahaan mengambil alih bisnis KIA di Indonesia.

Bahkan, Indomobil dan KIA sudah membentuk perusahaan baru untuk mengambil alih bisnis produsen asal negeri KPop itu di Tanah Air.

Menurut Bambang, Indomobil memang tertarik dengan bisnis mobil asal Korea Selatan itu.

“ Memang Indomobil tertarik di bisnis KIA,” kata dia di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com.

Bambang mengatakan pihaknya terus mengurus semua perizinan dan segala kesepakatan bisnis. Kalau sudah selesai, nanti akan diumumkan secara resmi kepada publik.

Kesepakatan bisnis ini sendiri, antara perusahaan patungan dengan PT Sarimitra Kusuma Ekajaya. Keduanya mendirikan PT Kreta Indo Artha, yang menaungi Kia kelak.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

1 dari 7 halaman

KIA Indonesia Resmi Gabung Jadi Keluarga Indomobil

Dream – PT Indomobil Sukses International Tbk tak main-main dengan rencana akuisisi bisnis KIA di Indonesia. Perusahaan ini menggandeng PT Sarimitra Kusuma Ekajaya untuk membentuk perusahaan joint venture (JV), yaitu PT Kreta Indo Artha.

Dikutip dari keterbukaan di Bursa Efek Indonesia, Jumat 28 Juni 2019, perusahaan JV ini bergerak di bidang perdagangan dan industri kendaraan bermotor sejak 17 Mei 2019.

“ (Tujuannya untuk) menjalankan usaha perdagangan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan menggunakan merek KIA,” kata Direktur Utama Indomobil, Jusak Kertowidjojo, di Jakarta.

Dengan pembentukan ini, Jusak optimistis bisa meningkatkan kinerja usaha di Indomobil Group dengan menambahkan variasi merek kendaraan bermotor yang ditawarkan kepada konsumen.

2 dari 7 halaman

Segini Porsi Investasi

Jusak mengatakan Indomobil dan Sarimitra Kusuma Ekajaya merogoh uang Rp100 miliar untuk modal dasar usaha patungan yang ditempatkan. Modal yang ditempatkan sebesar Rp25 miliar untuk disetor.

Indomobil memegang 60 persen saham di perusahaan patungan. Nilai modal yang disetor sebesar Rp15 miliar.

Sebaliknya, Sarimitra Kusuma Ekajaya menyetor modal Rp10 miliar dan saham yang dipegang sebesar 40 persen. (Sah)

3 dari 7 halaman

Kabar Sebenarnya Heboh KIA Indonesia Tutup

Dream – Beredar kabar PT KIA Mobil Indonesia (KMI) memutuskan berhenti berjualan produk dan menutup beberapa dieler mereka. Lalu apakah mereka bangkrut? 

Public Relation KMI, Dina Andridiana, membantah kabar tersebut. Dina menegaskan pihaknya masih eksis di Indonesia. Bahkan tetap menjadi Agen Pemegang Merek (APM) KIA di Indonesia.

“ KIA masih eksis dan KIA Mobil Indonesia tetap menjadi APM KIA di Indonesia,” kata Dina ketika dihubungi Dream, di Jakarta, Senin 4 Maret 2019.

Namun, Dina enggan menjelaskan kondisi perusahaan lebih lanjut. “ Saat ini, kami belum bisa menyampaikan lebih lanjut selama proses konsolidasi berlangsung pihaknya memperluas jaringan after sales service di Jakarta,” kata dia.

Sekadar informasi, penjualan KIA sepanjang 2018 turun. Penjualan wholesales pada Januari—Mei 2017 sebanyak 421 unit. Pada Januari—Mei 2018, penjualannya hanya 122 unit.

4 dari 7 halaman

Tunjuk Indomobil Group, Menerka Nasibnya

Dina menegaskan KIA justru kini memperluas jaringan after sales service di Jakarta. Pihaknya menunjuk Indomobil untuk memberikan layanan after sales.

“ Yang terjadi sebenarnya adalah KIA memperluas jaringan after sales service-nya di Jakarta dengan menunjuk Indomobil Group sebagai jaringan authorized workshop KIA di Jakarta,” kata dia.

Sekadar informasi, perluasan layanan after sales KIA berada di wilayah Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Halim, TB Simatupang, Puri Indah, dan BSD City.

Berikut ini rinciannya dikutip dari Facebook KIA Motors Indonesia.

1. Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Selatan 1, ST/A, Pantai Indah Kapuk, Jakarta

2. Halim Perdana Kusuma

Jalan Halim Perdana Kusuma 1A, Jakarta

3. TB Simatupang

Metropolitan Tower, Jalan RA Kartini Kav.14, Jakarta

4. BSD

BSD Sektor VI Blok 201, Kav. 3, Jalan Lengkong Karya Serpong, Tangerang, 
Banten.

5. Puri Indah

Jalan Komplek Puri Indah Blok R No. 1, Kembangan Selatan, Jakarta.

5 dari 7 halaman

Ditemani Blackpink, KIA Motors Perkenalkan SUV Masa Depan

Dream – Ditemani girlbands K-Pop tersohor, KIA Motors memperkenakan tiga mobil konsep terbarunya di ajang Seoul Motor Show.  Dua diantaranya hadir dalam model mobil sport utility vehicle (SUV).

Kehadiran Blackpink di acara perkenalan mobil terbaru KIA tersebut memang bukan tanpa alasan. Pabrikan asal Korea Selatan itu akan menjadi sponsor untuk World Tour 2019 Blackpink yang diharapkan bisa menggaet generasi muda. 

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 2 April 2019, dua dari tiga mobil konsep yang diperkenalkan adalah “ Signature” dan “ Masterpiece” yang merupakan 

Mobil “ Masterpiece” ini merupakan SUV besar yang kokoh dan kuat. Mobil konsep ini mengadaptasi desain dan fitur terbaru mobil SUV off road.

Eksterior mobil ditandai dengan bodywork yang diukir dan garis-garis tebal. Mobil ini juga memiliki roda yang kuat dan grill ikonik KIA “ tiger nose”. Bagian depan mobil juga memiliki garis-garis yang mempertegas ujung kendaraan.

Mobil Konsep KIA© KIA

Sementara itu, mobil “ new signature” berbentuk SUV compact. Mobil “ Signature” ini punya grill lebar dan kap panjang di bagian depan. Lampunya terintegrasi dengan grill “ tiger nose” dengan lampu daytime running.

Mobil ini juga memiliki lampu LED tipis di bagian depan dan belakang, garis tajam ditekan di bodywork, dan detail logam yang presisi.

6 dari 7 halaman

Ada Sedan Listrik

Selanjutnya, mobil konsep yang lain adalah sedan sport serba listrik. Mobil ini dirancang di pusat desain Eropa KIA di Franfurt, Jerman. Mobil ini memulai debutnya di Asia.

Mobil Konsep KIA© KIA

“ Kami membayangkan merancang mobil serba listrik yang tak hanya menjawab kekhawatiran konsumen seputar jangkauan, kinerja, jaringan pengisian ulang, dan dinamika berkendara,” kata Wakil Presiden Desain untuk KIA Motors Eropa, Gregory Guillaume.

Mobil listrik ini berupa sedan keluarga yang ramping dan berotot. Ada layar 21 ultra resolusi individu di bagian dasbor mobil. Tim desain KIA Eropa mengeksploitasi arsitektur sasis tata letak serba listrik power train untuk memaksimalkan ruang kabin dan menciptakan interior yang lapang dan luas.

7 dari 7 halaman

Perkenalkan Teknologi Baru

KIA juga memperkenalkan teknologi baru, yaitu Real Time Emotion Adaptive Driving (R.E.A.D). Teknologi ini mengoptimalkan dan mempersonalisasikan kabin serta menganalisis keadaan emosi pengemudi secara real-time melalui teknologi pengenalan bio-sinyal berbasis kecerdasan buatan.

Teknologi R.E.A.D memantau keadaan emosi pengemudi dan menyesuaikan lingkungan interior sesuai dengan penilaiannya - berpotensi mengubah kondisi yang berkaitan dengan indera manusia di dalam kabin, menciptakan pengalaman mobilitas yang lebih menyenangkan. AI deep –learning technology memungkinkan sistem untuk menetapkan base-line perilaku pengguna, dan kemudian mengidentifikasi pola dan tren untuk menyesuaikan kabin.

Mobil Konsep KIA© KIA

R.E.A.D. sistem ditampilkan bersama V-Touch, sebuah teknologi kontrol gerakan virtual tipe sentuh pertama di dunia yang menggunakan kamera 3D untuk memantau mata dan ujung jari pengguna. V-Touch memungkinkan penghuni untuk mengelola beberapa fitur dalam mobil menggunakan gerakan jari sederhana, mengadaptasi pencahayaan kabin, HVAC (Heating, Ventilation & air-conditioning) dan sistem hiburan. Sistem berpotensi menghilangkan kebutuhan akan tombol atau touchscreen interface

Fitur lain dari R.E.A.D. yang inovatif sistem adalah teknologi music-response vibration seat Kia, di mana penghuni 'merasakan' lagu favorit mereka saat mereka mendengarkannya. Teknologi pemrosesan sinyal berbasis sensorik menyesuaikan getaran kursi sesuai dengan frekuensi suara musik. Kursi getar juga dilengkapi mode 'pijatan' untuk meningkatkan kenyamanan, dan dapat meningkatkan keamanan dengan peringatan haptic yang terkait dengan sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut. 

Beri Komentar