Lamborghini Raffi Ahmad Terbakar, Bisa Klaim Asuransi?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 21 Oktober 2019 16:36
Lamborghini Raffi Ahmad Terbakar, Bisa Klaim Asuransi?
Mobilnya terbakar di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dream Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad terbakar di Sentul, Bogor, pada Sabtu 19 Oktober 2019. Penyebab kebakaran supercar berlogo banteng tempur ini diduga karena mesin yang terlalu panas.

Kapolres Bogor, AKBP M Joni, mengatakan, polisi telah melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

Berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), penyebab kebakaran diduga karena overheat. Mobil berbodi mirip kendaraan tokoh superhero Batman itu terbakar di bagian mesin.

" Dari keterangan saksi-saksi mesin overheat jadi penyebab awal kebakaran. Pas kebetulan ada truk tangki air lewat dihentikan petugas untuk memadamkan api," kata Joni, dikutip dari Liputan6.com, Senin 21 Oktober 2019.

1 dari 5 halaman

Bisa Klaim Asuransi?

Communication & Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Laurentius Iwan Pranoto, mengatakan, pada dasarnya mobil terbakar bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi. Hal ini tertuang dalam polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia pasal 1 soal Jaminan Terhadap Kendaraan Bermotor No 1 bagian 1.4.

Tetapi, kata Iwan, pihak asuransi tidak serta-merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebab. Terlebih jika hal itu telah dilakukan perubahan.

" Jadi waktu masang aksesoris itu kamu harus lapor ke asuransi," kata dia kepada Liputan6.com.

Jika tidak lapor, lanjut Iwan, asuransi tidak mengerti apa yang telah diubah. Perubahan apa pun di mobil bisa mengubah spek kendaraan walaupun yang dimodifikasi hanya kaca film.

2 dari 5 halaman

Bisa Gugur?

Klaim asuransi mobil yang terbakar ini juga bisa dilihat dari pengembangan kasus yang terjadi. Ada kalanya asuransi bisa gugur.

“ Contohnya, kalau nyolok power bank, dan meledak (terbakar), kalau itu tidak di-cover. Itu ada di Pasal 3 soal Pengecualian nomor 2, karena membawa sesuatu,” kata Iwan.

Di pasal 3 no 2 ini disebutkan, pertanggungan (asuransi) tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan kendaraan bermotor atau biaya yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari ditimbulkannya;

Pertama, barang dan atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk di, dibongkar dari atau diangkut oleh kendaraan bermotor. Kedua, zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam kendaraan bermotor.

" Kalau penyebabnya bencana alam bisa saja, tapi itu ada perluasan jaminan. Karena itu pelanggan harus baca polisnya. Intinya kalau ada perubahan harus lapor," kata dia.

 

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

3 dari 5 halaman

Mobil Lamborghini Terbakar di Sentul, Ini Kata Raffi Ahmad

Dream - Raffi Ahmad tengah dilanda musibah. Mobil Lamborghini Aventador miliknya terbakar di Sentul Selatan, Bogor pada Sabtu 19 Oktober 2019.

" Memang gue tadi ada kejadian mobil Lambo gue musibah di tanggal ini nih, tapi siang," ujar Raffi dalam video di channel YouTube Rans Entertaiment, Minggu 20 Oktober 2019.

Pria berusia 32 tahun ini berjanji sesegera mungkin menceritakan detail terbakarnya mobil mewah miliknya. 

 Raffi Ahmad

" Kalau masalah itu entar gue bikin video sendiri sama Nagita deh sebelum tidur. Banyak juga wartawan yang tanya tapi kalau jawab wartawan satu-satu nanti tanya-tanya terus. Nanti deh gue bikin," kata Raffi.

Ayah dari Rafathar Malik Ahmad ini mengaku ikhlas atas musibah tersebut. " Enggak apa-apalah kalau musibah gitu ya ikhlas saja," ucapnya.

" Nanti kalau bahas masalah yang terjadi musibah siang tadi gue bahas sebelum tidur. Cerita saja supaya tidak simpang siur," imbuhnya.

Sumber : youtube.com/Rans Entertainment

4 dari 5 halaman

Mobil Lamborghini Raffi Ahmad Terbakar

Dream - Mobil Lamborghini yang diduga milik Raffi Ahmad terbakar di Bogor, Sabtu 19 Oktober 2019. Peristiwa itu terjadi di kawasan Jalan Sudirman, Sentul City, Desa Cipambuan, Babakan Madang, sekitar pukul 14:30 WIB.

Menurut Radarbogor.id, peristiwa itu berawal saat mobil mewah kelir hitam tersebut melaju dari arah Sirkuit Sentul menuju Tol Jagorawi via alternatif Jalan Babakan Madang. Pengemudi mobil itu, Saliman, mengatakan, saat berada di Simpang Bunderan Kecil dekat SICC, temperatur mesin tiba-tiba naik lalu terbakar.

Beruntung saat itu melintas kendaraan tanki air, sehingga langsung menyemprotkan air ke mobil yang terbakar tersebut. Api yang membakar bagian mesin pun segera padam.

" Informasi dari timnya itu mobil Raffi Ahmad. Sepertinya habis syuting di Sirkuit Sentul. Diduga karena mesin panas hingga akhirnya terbakar,” ujar Kepala Divisi Security Sentul City, Paulus, dikutip dari Radarbogor.id. Paulus menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

5 dari 5 halaman

Raffi Ditelepon

Hingga saat ini, belum ada keterangan dari Raffi Ahmad terkait insiden itu. Dalam unggahan Instagram siang ini, Raffi memang terlihat berada di Sirkuit Sentul. Dalam foto yang dibagikan oleh suami Nagita Slavina tersebut memang terlihat mobil sport warna hitam.

Salah saatu teman artis Raffi Ahmad, Irwansyah, sempat menghubungi suami Nagita Slavina tersebut. Irwansyah menanyakan penyebab insiden terbakarnya Lamborghini itu.

"Enggak tahu kenapa, awalnya enggak apa-apa. Kata dia (Raffi) gitu," ujar Irwansyah.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan