3 Alasan Mengapa Tak Boleh Memakai Body Lotion Sebagai Moisturizer

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 1 November 2019 19:12
3 Alasan Mengapa Tak Boleh Memakai Body Lotion Sebagai Moisturizer
Penting untuk diketahui!

Dream - Menjaga kulit agar tetap lembap menjadi langkah penting untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Meski mulai memasuki musim hujan, pelembap tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi seperti musim kemarau.

Sayangnya untuk menjaga kelembapan kulit, sebagian orang memilih untuk mengoleskan body lotion di wajah.

Alasannya selain menghemat waktu, juga menghemat pelembap wajah yang harganya biasanya lebih mahal daripada body lotion.

Body lotion© shutterstock.com

Sebagian masih berpikir bahwa body lotion dan pelembap wajah memiliki fungsi yang sama, yaitu melembapkan kulit.

Ternyata pernyataan tersebut salah. Body lotion dan pelembap wajah mungkin terlihat sama di luarnya, tetapi sebenarnya sangat berbeda.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut alasan mengapa body lotion tidak bisa dijadikan pengganti pelembap wajah.

1 dari 3 halaman

Kulit Wajah dan Tubuh Berbeda

Alasan pertama tidak boleh memakai body lotion di wajah adalah karena sifat kulitnya berbeda. Sehingga perlu ditangani secara berbeda pula. Perbedaan yang paling mencolok adalah tekstur kulit. Kulit di wajah jauh lebih halus dan tipis dibandingkan dengan di seluruh tubuh.

Body lotion© shutterstock.com

Selain itu, sebum yang diproduksi pada kulit wajah jauh lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Tingkat keasaman atau pH, suhu, kapasitas air dan aliran darah pada kulit wajah maupun tubuh juga berbeda.

Kulit wajah lebih banyak terpapar sinar UV yang berbahaya dari matahari dan kondisi yang lebih keras sehingga perlu dirawat secara berbeda. Dengan demikian, menggunakan body lotion di wajah tidak memberikan manfaat apapun.

2 dari 3 halaman

Formula Produk yang Berbeda

Body lotion dan pelembap wajah memiliki formulasi yang berbeda karena mereka menargetkan tekstur serta kebutuhan kulit yang berbeda.

Sederhananya, body lotion mengandung bahan kimia keras yang mungkin merusak kulit wajah. Sedangkan, fungsi utama di balik pelembap wajah adalah untuk meningkatkan kelembapan dan mengatasi kulit kering.

Body lotion© shutterstock.com

Pelembap wajah melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, memiliki manfaat antiaging dan mencegah hilangnya kelembapan.

Sebaliknya, body lotion memiliki intensitas kekentalan yang tinggi. Body lotion menambah kelembapan pada kulit tubuh serta melindunginya dari serangan luar.

Body lotion juga mengandung bahan kimia yang membantu menjaga kelembapan pada tempatnya. Dengan demikian, body lotion adalah formula yang keras dan berat yang tidak dimaksudkan untuk kulit halus di wajah.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Menyebabkan Berbagai Masalah Kulit

Kulit wajah lebih banyak menghadapi masalah seperti jerawat, komedo dan pigmentasi. Jadi, kamu membutuhkan produk perawatan kulit yang non-comedogenic yaitu yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Jika tersumbat, masalah kulit akan menjadi lebih parah dari sebelumnya.

Body lotion© shutterstock.com

Selain lebih tebal, body lotion mengandung parfum yang lebih banyak dan bahan kimia yang lebih keras. Sehingga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan merusak kulit wajah. Menggunakan body lotion di wajah juga dapat menyebabkan alergi dan iritasi.

Beri Komentar