4 Tips Merawat Kulit yang Mudah Berjerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 11 September 2019 07:12
4 Tips Merawat Kulit yang Mudah Berjerawat
Begini caranya merawat kulit yang mudah berjerawat. Simak yuk!

Dream - Orang dengan kulit berminyak maupun kering tidak ingin wajahnya mudah berjerawat. Sebab jerawat dan masalah kulit lainnya menyulitkan dalam memilih produk kecantikan.

Kamu memang seharusnya menggunakan produk tertentu dengan cara tertentu. Tetapi ketika memiliki kulit yang cenderung berjerawat, ada banyak hal yang perlu kamu lakukan.

Apa saja itu? Dari mulai jangan menggunakan terlalu banyak produk sampai mencoba memakai produk dalam jangka waktu tertentu. 

 shutterstock

Untuk itu, berikut tips mengatasi kulit yang mudah berjerawat:

 

1 dari 5 halaman

1. Tidak Memakai Jumlah Produk Berlebihan

Kamu memang seharusnya menggunakan produk tertentu dengan cara tertentu. Tetapi ketika memiliki kulit yang cenderung berjerawat, kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak produk.

Daripada menggunakan banyak produk berbeda, sebaiknya Sahabat Dream pastikan bahwa skincare kamu benar-benar cocok.

 shutterstock

2. Gunakan Produk Non-Komedogenik

Jika ingin menutupi noda-noda di wajah seperti jerawat, kamu bisa menggunakan makeup. Tapi kamu perlu memastikan bahwa produk makeupmu bersifat non-komedogenik.

Produk-produk ini tidak menyumbat pori-porimu sehingga tidak akan menyebabkan wajah lebih berjerawat.

2 dari 5 halaman

3. Mencoba Produk Selama Seminggu

Tidak semua orang mampu berkonsultasi ke dokter kulit untuk menanyakan kecocokan setiap produk yang ingin dipakai. Tetapi itu tidak berarti bahwa kamu tidak bisa menentukan apakah produk itu cocok atau tidak.

Yang perlu dilakukan adalah mencoba tester. Oleskan produk ini ke salah satu area kulit setidaknya satu minggu dan lihat bagaimana reaksinya terhadap kulit.

Dengan cara ini, kamu akan tahu apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak.

 shutterstock

 

 

3 dari 5 halaman

4. Mulai Menggunakan Produk LHA

Asam lipohidroksi (LHA) seperti asam salisilat atau lebih kuat. Cobalah untuk mencari produk yang mengandung LHA karena akan bersifat anti peradangan, sehingga mencegah jerawat dan beruntusan.

Plus, kulitmu akan tampak lebih bersih dan sehat. Selamat mencoba Sahabat Dream! (ism, sumber: Misskyra.com)

4 dari 5 halaman

Jerawat Mengeluarkan Darah, Sholat Batal?

Dream - Suci dari hadas dan najis merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Baik itu pada badan, pakaian, maupun tempatnya.

Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka sholat menjadi batal. Sholat harus diulang dengan terpenuhinya syarat sah tersebut.

Setiap muslim tentu pernah atau justru sedang mengalami jerawatan di wajahnya. Jika sudah lama, biasanya jerawat akan mengeluarkan darah.

Kapanpun itu, darah bisa keluar. Apalagi saat sedang sholat. Lantas jika terjadi, apakah darah jerawat membatalkan sholat?

Dikutip dari Bincang Syariah, darah termasuk benda najis jika sudah keluar dari dalam tubuh. Rasulullah Muhammad SAW memerintahkan untuk menghilangkan darah itu dengan membasuhnya jika kita hendak sholat.

5 dari 5 halaman

Sholat Batal?

Jika darah keluar dari jerawat yang mendadak pecah, Ibnu Hajar Al Haitami membahas masalah ini dalam kitabnya Tuhfatul Muhtaj.

"  Sholat tidak batal akibat darah semacam kutu atau jerawat selagi tidak membunuhnya atau memencet jerawat tersebut."

Darah yang muncul akibat pecahnya jerawat tidak membatalkan sholat. Darah seperti ini termasuk najis yang ma'fu atau ditoleransi dan sholat tetap sah.

Sebabnya, jumlah darah yang keluar tidak banyak. Juga tidak mungkin menyebar ke tempat lain.

Sayyid Bakri Syatha dalam kitab I'anath Thalibin menguatkan pandangan tersebut. Dia menyatakan darah sedikit yang keluar dari tubuh seseorang ketika sholat tidak membuatnya sholatnya batal.

(ism, Sumber: Bincangsyariah.com)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie