6 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 6 Agustus 2020 16:12
6 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui
Selain untuk dikonsumsi, garam himalaya menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Dream – Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang tak boleh terlewatkan. Selain menjadi pemberi rasa pada makanan, garam menyimpan manfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengatur tekanan darah.  

Di balik manfaatnya, jika mengonsumsi garam secara berlebihan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut pedoman Badan Kesehatan Dunia atau WHO, orang dewasa harus membatasi asupan garam kurang dari 5 gram (satu sendok teh) per hari.  

Selama ini, masyarakat lebih banyak mengenal garam meja yang memiliki warna putih kecoklatan. Padahal, ada jenis garam lainnya yakni garam Himalaya.

6 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui© MEN

(Foto: Pexels.com)

Melansir dari NDTV Food, berikut adalah penjelasan mengenai garam himalaya dan manfaat garam himalaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat: 

1 dari 5 halaman

Mengenal Garam Himalaya

Garam Himalaya juga dikenal dengan sebutan garam merah muda. Garam ini berasal dari endapan alami yang ditemukan di kaki bukit Himalaya dan wilayah Punjab, Pakistan.

Garam berwarna merah muda ini mulai dikenal karena rasanya yang alami. Warna merah muda yang muncul disebabkan oleh kandungan oksida besi dalam garam.

Garam Himalaya memiliki struktur yang berbeda, yakni seperti koloid yang cukup kecil agar diserap dengan mudah oleh tubuh.

Diketahui, garam Himalaya telah ada selama lebih dari 250 juta tahun di bawah perbukitan tinggi dan tekanan tektonik yang ekstrim.

Garam Himalaya akan ditambang dan kemudian dibersihkan dengan bahan-bahan alami. Karena tidak diproses, garam Himalaya terkenal dengan sebutan garam paling murni di bumi.

 

2 dari 5 halaman

Manfaat Garam Himalaya

Garam Himalaya mengandung mineral tertentu seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan garam himalaya diyakini mengandung 84 mineral berbeda lho. 

Berikut adalah enam manfaat garam Himalaya bagi kesehatan, yang membuatnya lebih unggul daripada garam meja biasa.

Ilustrasi Garam Himalaya© Pexels.com

1. Membuang Racun

Salah satu manfaat garam Himalaya adalah mampu membuang racun. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menyediakan air dengan larutan garam himalaya.

Ambil sebuah gelas atau toples, dan isi 1/4 bagiannya dengan garam Himalaya. Kemudian tambahkan air hingga penuh. Lalu tutup gelas dan diamkan semalaman.

Pada pagi harinya, garam tersebut akan larut dalam air. Jika Sahabat Dream menemukan sisa garam di dasar gelas, itu berarti air telah menyerap kandungan garam yang ada. Setelah itu, campur 1 sendok teh air rendaman garam ke dalam segelas air biasa dan konsumsi setiap pagi.

Minum air rendaman garam himalaya akan membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh, mengeluarkan racun, meningkatkan energi dan membuat tubuh terhidrasi. Secara ilmiah, ion bermuatan negatif dalam garam himalaya akan masuk ke dalam sel tubuh dan menarik racun.

3 dari 5 halaman

2. Mengatur gula darah dan menyeimbangkan hormon

Manfaat garam himalaya selanjutnya adalah mengatur gula darah dan menyeimbangkan hormon.

Dengan mengonsumsi garam himalaya setiap hari, cairan dalam tubuh mampu terserap dengan baik. Keseimbangan mineral dan hormon yang baik, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

3. Membantu Pencernaan

Manfaat garam himalaya berikutnya adalah membantu proses pencernaan dalam tubuh. Sebenarnya, proses pencernaan dimulai di mulut.

Garam Himalaya dapat membantu mengaktifkan kelenjar ludah yang melepaskan amilase (enzim yang membantu mencerna karbohidrat). Kemudian, di dalam perut, ia akan merangsang asam klorida serta enzim yang mencerna protein untuk membantu proses pengolahan makanan.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi© Pexels.com

4. Terapi Garam untuk Masalah Pernapasan

Terapi garam adalah proses yang memanfaatkan garam Himalaya murni untuk mengobati penyakit pernapasan.

Untuk melakukan terapi, seseorang akan didudukkan di sebuah ruangan yang penuh sudah dialirkan garam himalaya. Ketika udara terhirup, partikelnya akan berjalan melalui seluruh sistem pernafasan. Sifat antibakteri dan antimikroba yang terdapat dalam garam himalaya mampu membersihkan paru-paru dan sinus. 

Selain itu, terapi ini juga bisa dilakukan untuk mengobati alergi musiman dan hidung tersumbat.

Sahabat Dream hanya perlu menyiapkan panci berisi rendaman garam himalaya. Uap yang dikeluarkan akan membantu membersihkan rongga hidung yang tersumbat. 

5 dari 5 halaman

5. Meremajakan Kulit

Manfaat garam himalaya lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah mampu meremajakan kulit. Caranya yakni dengan merendam tubuh di air garam Himalaya.

Dengan berendam, kulit akan menyerap semua mineral yang memberikan manfaat berbeda. Misalnya, kromium melawan jerawat, seng mencegah rasa takut, dan sulfur membuat kulit lebih halus.

Magnesium yang terdapat dalam garam Himalaya juga dapat membantu menenangkan otot agar tidak kram. 

 

6. Menjernihkan Udara

Selain untuk konsumsi, produk lampu garam Himalaya juga menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Selain mempercantik interior rumah, lampu ini juga berfungsi sebagai pembersih udara.

Ia akan menarik kelembapan di udara dan melakukan penguapan dengan cepat. Proses ini menciptakan ion negatif yang bereaksi dengan serbuk sari, debu, kotoran, polutan, dan alergen, kemudian menetralisirnya.

 

Beri Komentar