Serum yang Tepat Bisa Bantuk Percepat Penyembuhan Jerawat

Reporter : Shania Suha Marwan
Rabu, 10 November 2021 06:48
Serum yang Tepat Bisa Bantuk Percepat Penyembuhan Jerawat
Bukan hanya obat jerawat, kamu juga butuh serum.

Dream - Jerawat menjadi salah satu permasalahan paling umum pada wajah. Bagi sebagian orang, jerawat kerap sulit diatasi, padahal sudah memakai obat jeraway.

Biasanya jerawat bisa muncul karena dipengaruhi oleh produksi minyak berlebihan pada wajah. Selain itu, penumpukan sel kulit mati juga dapat membuat pori-pori kulit tersumbat. 

Permasalahan satu ini tak boleh dianggap remeh, karena sering kali jerawat menimbulkan bekasyang sulit hilang apabila tidak dirawat dengan benar.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat, mulai dari cara alami hingga berbagai jenis produk perawatan kulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi jerawat adalah dengan menggunakan rangkalan perawatan yang sesual dengan kondisi kulit. 

 

1 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan jerawat  tidak cukup dengan mencuci muka kemudian menggunakan pelembab dan tabir surya. Diperlukan produk lainnya yang berfungsi sebagai booster seperti serum. Serum merupakan produk perawatan kulit wajah yang kaya akan nutrisi atau bahan aktif tertentu. 

Memakai Serum Wajah© Shutterstock

Teksturnya yang ringan, serum sangat efisien diserap oleh kulit wajah. Hal ini menjadikan serum sebagai produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu, salah satunya adalah jerawat. Kulit wajah berjerawat membutuhkan produk perawatan yang tepat, khususnya untuk pemilihan serum. 

Menggunakan serum wajah untuk kulit berjerawat dapat secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan untuk mencegah jerawat.

Banyaknya pilihan produk serum wajah untuk kulit berjerawat kadang akan membingungkan konsumen dan memicu masalah kulit baru jika mereka tidak tahu cara memilih serum yang tepat. 

Bukannya memilih produk perawatan kulit yang dapat menyembuhkan jerawat memilih produk perawatan kulit yang salah justru membuat kulit semakin berjerawat. 

 

2 dari 6 halaman

Serum untuk Jerawat yang Tepat

Ada banyak pilihan serum di pasaran. Salah satunya adalah rangkaian dari ERHA Acneact. Terdiri dari Anti Acne Serum, Blemish Soothing Serum, dan Post Acne Spot Serum. 

  • Anti Acne Serum

Serum yang ditormulasikan khusus untuk kullt berminyak dan berjerawat. Dengan kombinasi 2% BHA dan Niacinamide,  dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori, dan mengurangi sebum berlebih sehingga kulit terasa nyaman, jerawat teratasl, dan bebas minyak tanpa terasa kering

  • Blemish Soothing Serum

Serum yang ditormulasikan Khusus untuk menenangkan kemerahan pada kulit kering dan sensitif dengan kondisi berjerawat. Mengandung Cica dan Prebiotic, serum ini berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat, menenangkan kemerahan, menjaga pertananan kulit dengan menyeimbangkan mikrobioma kulit, dan tetep membuat kulit terasa nyaman dan lembap.

  • Post Acne Spot Serum

Diformulasikan khusus untuk bekas jerawat. Kombinasi 5% Niacinamide, 3% Tranexcamic Acid, dan PAD (Potassium Azeloyl Diglycinate) secara aktif membantu mencerahkan kulit agar noda hitam dan kemerahan bekas jerawat pudar. Diperkaya dengan kandungan Calamine vang memberikan warna natural meran muda dan membantu menenangkan kulit.

     

3 dari 6 halaman

Atasi Bekas Jerawat Kecokelatan dengan 3 Hal Ini

Dream - Bekas jerawat identik dengan warna kemerahan. Namun, tidak sedikit orang yang memiliki bekas jerawat atau hiperpigmentasi berwarna kecokelatan. Terutama, jika kulitmu berwarna lebih gelap.

Kedua jenis bekas jerawat tersebut sama-sama sulit dihilangkan. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat berwarna kecokelatan. 

Dermatologis Listya Paramita mengungkapkan tiga cara mengatasi bekas jerawat kecokelatan.

1. Rajin memakai tabir surya

Memakai Tabir Surya© Shutterstock

" Harus mau rajin pakai sunscreen. Pokoknya gini, kalau ada bekas jerawat yang warnanya berubah, mau merah mau cokelat, maka nomor satu, harus mau rajin pakai sunscreen," ujar Mita dalam video di akun TikToknya.

Pemakaian tabir surya dapat mencegah pembentukan melanin yang bisa memperburuk hiperpigmentasi. Bahkan, menimbulkan jerawat yang bisa memperparah kondisi kulit.

Sehingga, kamu perlu menggunakan tabir surya dan mengaplikasikannya setiap 3-4 jam sekali untuk mengoptimalkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari.

4 dari 6 halaman

2. Memakai produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif tertentu

Memakai Produk Perawatan Kulit© Shutterstock

Produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, vitamin C, retinol, arbutin, tranexamat C acid, kojic acid, hidroxy acid, green tea, serta licorice bisa membantu menyamarkan bekas jerawat.

Umumnya, produk dengan bahan aktif tertentu perlu diperhatikan pemakaiannya agar tetap aman untuk kulit. Pemakaian yang kurang tepat bisa memperparah jerawat maupun bekasnya.

5 dari 6 halaman

3. Berkonsultasi pada dokter kulit

Berkonsultasi ke Dokter Kulit© Shutterstock

" Tidak kunjung membaik juga? Yuk, konsultasi ke dokter supaya kita bisa kasih krim yang lebih kuat untuk memudahkan (penyembuhan) hiperpigmentasi atau bercak-bercak cokelat bekas jerawat kamu. Atau bisa juga, kita tambah tindakan (perawatan peeling, mikrodermabrasi, microneedling, atau laser) biar lebih cepat (sembuh)," tutupnya.

Beri Komentar