Bahaya Pakai Maskara Setiap Hari

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 21 September 2019 17:01
Bahaya Pakai Maskara Setiap Hari
Apakah termasuk pengguna maskara setiap hari?

Dream - Wanita selalu mengandalkan makeup untuk mengubah penampilan. Banyak teknik yang dikembangkan agar tampilan wajah lebih cantik dan menawan.

Salah satunya adalah trik agar mata terlihat lebih tajam, indah dan besar.

Untuk membuat tampilan mata lebih indah, tak ada makeup lain yang bisa diandalkan selain maskara.

Meski membuat penampilan semakin cetar, Sahabat Dream juga harus tahu jika memoles maskara setiap hari ternyata punya efek samping.

" Penggunaan maskara setiap hari sebenarnya menyakiti kelopak mata, yang berpotensi bisa menyebabkan sakit mata," kata James Chelnis, MD, ahli bedah plastik dan asisten profesor klinis di New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai.



1 dari 5 halaman

Kenali Bagian Kelopak Mata Dulu Yuk

Seperti diketahui kelopak mata terdiri dari tiga kelenjar yaitu air, lendir dan minyak. Di antara tiga kelenjar itu, minyak yang memainkan peran paling penting.

Minyak ini adalah bagian mengilap di sekitar mata yang menahan air dan memastikan mata agar selalu terhidrasi.

 shutterstock

Namun jika kelenjar minyak rusak, ia tidak dapat menyimpan air di mata. Hal ini akan mengakibatkan kelopak mata kering.

" Ini sering terjadi pada orang-orang yang mengeluhkan matanya kering tapi tetap mengeluarkan air mata. Jadi, mata tidak memiliki cukup minyak untuk menahan air di dalam kelopak mata," jelas Dr Chelnis.

2 dari 5 halaman

Mengapa Maskara Tak Boleh Terlalu Sering Dipakai

Lantas, apa hubungannya dengan penggunaan maskara tiap hari?

Menurut Dr Chelnis, maskara akan menyumbat pori-pori di mata yang akan menghambat produksi minyak.

Jika maskara tidak segera dihapus, hal itu dapat menyebabkan berkurangnya produksi minyak di sekitar area tersebut. Ini tidak hanya bisa menyebabkan mata kering, tetapi juga bintitan dan peradangan pada kelopak mata.

Sementara itu, untuk menghapus maskara atau makeup yang menempel di wajah tidak boleh terlalu kasar. Karena bisa membuat bulu mata menipis.

 shutterstock

3 dari 5 halaman

Menghapus Maskara Juga Harus Hati-Hati

Menghapus maskara terlalu kasar akan membuat bulu mata rontok. Akibatnya, mata rentan terhadap partikel debu karena kehilangan beberapa bulu pelindung yang melengkung di tepi kelopak mata.

" Jadi setelah memakai maskara, sebaiknya hapuslah dengan segera menggunakan cara yang lembut," ujar Keira Barr, pendiri Resilient Health Institute.

 shutterstock

" Menghapus maskara setiap hari sangat penting untuk meminimalkan iritasi dan peradangan," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Cara Aman Menghapus Maskara

Kebanyakan orang menggosok makeup saat mencuci wajah mereka.

Padahal, menghapus maskara lebih sulit daripada membersihkan makeup lainnya. Jika hal ini terus dilakukan akan menyebabkan beberapa helai bulu mata terlepas.

Cara terbaik untuk menghapus maskara adalah membersihkan makeup mata terlebih dahulu dengan sangat lembut sebelum mencuci wajah.

 shutterstock

5 dari 5 halaman

Selain itu kamu juga bisa menggunakan produk dibuat untuk menghapus sisa makeup mata atau maskara seperti minyak zaitun.

Kamu juga harus tahu apa saja bahan-bahan yang ditemukan dalam maskara yang berpotensi menimbulkan alergi atau bahaya kesehatan lainnya.

 shutterstock

Beri Komentar