Bakteri Ini Terkandung dalam Kosmetik, Berbahaya?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 16 September 2020 11:31
Bakteri Ini Terkandung dalam Kosmetik, Berbahaya?
Bisa menyebabkan infeksi.

Dream - Selain menguji kecocokan kosmetik dengan jenis kulit, kamu juga perlu mengetahui kandungannya.

Beberapa bahan kosmetik bisa membahayakan kulit, bahkan kesehatan seperti bakteri yang terdapat pada beberapa produk.

Dilansir dari Times of India, penelitian terbaru menemukan adanya bakteri Pluralibacter (P.gergoviae) yang berbahaya bagi kesehatan. Sebelumnya, beberapa produk kosmetik telah diklaim memiliki risiko mikrobiologis.

Hal ini diumumkan oleh sistem peringatan Eropa untuk produk konsumen, 'Safety Gate' yang sebelumnya merupakan RAPEX.

Kini, terdapat 10 kosmetik yang terdaftar pada RAPEX dan diklaim telah terkontaminasi P. gergoviae.

Jika memiliki produk yang mengandung jenis bakteri tersebut, kamu perlu berhati-hati karena P. gergoviae bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka atau selaput lendir.

Peneliti juga menyatakan bahwa bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi pada masalah kesehatn yang sedang dialami.

Menurut Federal Institute for Risk Assessment (BfR), P. gergoviae seharusnya tidak terkandung dalam kosmetik karena berisiko bagi kesehatan.

Meski terbukti berbahaya bagi kesehatan, namun belum terbukti berapa banyak dan jenis masalah apa saja yang bisa disebabkan oleh P. gergoviae.

(Sumber: Times of India)

Alasan Produk Skincare Sering Mengandung Hyaluronic Acid

Dream - Asam Hyaluronat (hyaluronic acid) merupakan kandungan skincare yang sering dijumpai. Kandungan skincare yang kerap disingkat HA ini diklaim dapat melembapkan semua jenis kulit.

Namun ada kandungan lain yang ternyata membuat asam hyaluronat ini sering terkandung dalam produk skincare.

" Alaminya, HA ada dalam bentuk berat molekul tinggi. Setelah penelitian, dibuat berat molekulnya rendah supaya penetrasinya lebih mudah ke dalam kulit," ungkap Litya Ayu, Dermatologis dalam peluncuran L'Oreal The New Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum, Rabu kemarin.

Saat HA masuk ke dalam kulit, zat ini akan menarik molekul air serta menjaga kulit agar lembap kembali. Menjaga kelembapan dengan memakai skincare yang mengandung HA menjadi semakin penting seiring berjalannya waktu.

Diketahui jumlah HA yang diproduksi dalam tubuh akan berkurang secara alami seiring dengan berjalannya usia. " Di dalam tubuh ada enzim pembentukan dan penghancuran HA yang nggak terpakai.

" Pembentukan HA akan berkurang, sementara enzimnya tetap menghancurkan HA. Jadi, penting untuk memakai skincare yang mengandung HA," tuturnya.

Meski mengandung HA, tidak semua produk bisa membuat kulitmu terhidrasi dan lembap. Kamu harus tetap menemukan produk yang cocok untuk kulitmu dan memperhatikan kandungan lainnya.

Rahasia Bahan Baku Skincare Korea, Bikin Kulit Kencang dan Kinclong

Dream - Siput merupakan hewan yang dikonsumsi oleh sebagian orang sebagai makanan. Namun, bagaimana jika siput menjadi sumber bahan alami untuk produk perawatan kecantikan?

Produk skincare Korea Selatan telah menjadikan sekresi eksternal siput yang biasa disebut lendir atau mukus, sebagai solusi untuk mencegah penuaan dini.

Selama beberapa ratus tahun, siput telah digunakan sebagai kandungan obat herbal Tiongkok karena dapat mengatasi masalah kulit serta mempercepat penyembuhan.

Dilansir dari Times of India, lendir siput mengandung antioksidan yang bisa mencegah penuaan. Bahkan, lendir siput bisa memicu produksi kolagen dan mempercepat penyembuhan kulit.

Selain itu, lendir siput juga mengandung asam hyaluronat yang dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit terluar. Kini, kamu bisa merasakan manfaat lendir siput di berbagai produk yang terjual di pasaran.

Kamu bisa memilih produk yang berbentuk gel atau krim. Sebelum memakainya secara rutin, coba terlebih dahulu di sekitar rahang untuk memastikan kecocokkannya.

(Sumber: Times of India)

3 Manfaat Es Batu untuk Mengatasi Jerawat

Dream - Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat sulit diatasi. Maka, tak heran jika banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Termasuk mengandalkan berbagai bahan alami seperti es batu. Meski belum terbukti, mengompres jerawat dengan es batu diklaim memberikan beberapa manfaat.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut beberapa manfaatnya:

Meredakan pembengkakan jerawat

Jerawat© Shutterstock.com
Di beberapa kesempatan, jerawat bisa membengkak, berwarna kemerahan dan terasa nyeri. Kamu bisa meredakannya dengan mengompres jerawat menggunakan es batu.

Cara ini diklaim dapat menghentikan pembengkakan dan mengecilkan jerawat. Sehingga, proses penyembuhannya lebih cepat.

Mendorong Kotoran Keluar dari Permukaan Kulit

Masalah Kulit© Shutterstock.com

Es batu diklaim dapat memicu kotoran keluar dari permukaan kulit. Namun, hal ini tidak berlaku jika kamu memencetnya karena kotoran akan menyebar dan menyebabkan bekas jerawat.

Meredakan Kemerahan pada Jerawat

Jerawat© Shutterstock.com
Selain pembengkakan, es batu juga dapat meredakan kemerahan pada jerawat.

Es batu memberikan efek mati rasa yang kemudian menenangkan kulit di sekitar jerawat. Sehingga, jerawat lebih cepat sembuh.

(Sumber: Sehatq.com)