Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Memilih Obat Jerawat yang Tepat, Perhatikan Agar Tak Salah Langkah

Cara Memilih Obat Jerawat yang Tepat, Perhatikan Agar Tak Salah Langkah Kulit Berminyak Dan Berpori-pori Besar Biasanya Lebih Mudah Berjerawat. (Foto: Shutterstock)

Dream - Wajah cerah dan bebas jerawat tentunya menjadi impian setiap orang. Namun, tak semua orang punya jenis kulit yang sama. Beberapa orang dengan jenis kulit berminyak dan berpori-pori besar biasanya akan lebih mudah mengalami permasalahan jerawat.

Siklus menstruasi yang datang dan stres pun turut menjadi penyebab timbulnya bintik kemerahan pada wajah ini.

Ketika jerawat muncul, banyak orang pun berusaha segera menghilangkannya dengan berbagai jenis obat jerawat. Obat jerawat pun sudah banyak dijual bebas di berbagai toko dari harga yang terjangkau, sampai harga yang cukup mahal. 

Meski begitu, memilih obat jerawat tidak boleh sembarangan nih, Sahabat Dream. Salah memilih obat jerawat, bisa membuat reaksi berlebih pada kulit.

Bukannya menghilangkan jerawat, bisa saja permasalahan kulit lain pun ikut muncul. Seperti iritasi, kemerahan, bahkan semakin banyak timbul jerawat lainnya.

Agar kamu tidak salah membeli obat jerawat, berikut adalah cara memilih obat jerawat yang tepat. Jerawatmu pun bisa segera hilang dan kamu bisa tampil lebih pede dengan wajah yang bersih. Yuk disimak: 

Mengenal Bentuk Obat Jerawat

3 Tips Membuat Wajah Bebas Minyak dan Jerawat

Karena ada berbagai bentuk obat jerawat, tentu memilihnya juga perlu memperhatikan kebutuhan kulitmu. Berikut beberapa bentuk obat jerawat yang biasa dijual secara bebas:

  • Cleansercleanser atau pembersih wajah yang memang dikhususkan untuk orang yang berjerawat.
  • Toner dan astringentobat jerawat jenis ini biasanya tinggal dioleskan pada daerah kulit yang mengalami jerawat dengan kapas.
  • Krim, gel, lotion, dan salep, dibalurkan pada daerah yang berjerawat dan ditinggalkan dalam waktu yang lama. Merupakan jenis obat jerawat di apotik yang paling mampu tetapi paling berisiko memicu iritasi pada kulit

Penggunaan obat jerawat pun juga perlu memperhatikan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit berminyak, obat jerawat yang lebih cocok digunakan adalah yang tipe gel, astringent, cleanser bentuk busa (foam), dan lotion. 

Sedangkan bagi pemilik kulit kering dan normal, penggunaan obat jerawat lebih baik dengan lotion, salep, toner bebas alkohol, krim, dan cleanser yang tidak berbahan dasar busa.

 

Mengenal Jenis Bahan Obat Jerawat

Ketahui Berbagai Penyebab Jerawat Berdasarkan Area Wajah

Setelah mengetahui bentuk obat jerawat yang cocok untuk kulitmu, kamu juga perlu mengenal berbagai bahan obat jerawat. Meski sama-sama berfungsi menghilangkan jerawat, bahan-bahan yang tersedia di jual berbeda.

Kamu pun harus mengetahuinya agar bisa memilih obat jerawat yang cocok untuk sembuhkan masalah kulitmu. Berikut adalah beberapa jenis bahan dari obat jerawat:

  • Alkohol dan aseton, jenis obat ini bisa digunakan untuk kulit berminyak. Alkohol berperan mengurangi bakteri pemicu jerawat, sementara aseton berfungsi menghilangkan minyak berlebih pada kulit sehingga dapat membantu mengurangi penyumbatan pori-pori yang menjadi penyebab jerawat. 
  • Asam alfa hidroksi (AHA), terdapat dua jenis AHA yang terdapat dalam obat jerawat dijual bebas, yaitu asam laktat dan glikogen. Kandungan obat jerawat ini berfungsi untuk mengurangi peradangan, menstimulasi pertumbuhan kulit yang halus, dan menghilangkan sel kulit mati.
  • Asam salisilat, bisa dikatakan bahan ini merupakan salah satu yang paling ampuh untuk mencegah penyumbatan pori-pori di kulit. Pilihlah kandungan asam salisilat sekitar 0,5 sampai 5 persen. 
  • Benzoil peroksida, berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat, mengeluarkan kulit mati, dan menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Biasanya obat jerawat yang dijual di apotik menawarkan 2,5-10 persen benzoil peroksida. Bahan ini cocok untuk jenis jerawat yang meradang. Efek samping dari pemakaian obat jerawat jenis ini adalah kemerahan, kulit kering, sensasi panas dan menyengat, serta kulit bersisik.
  • Belerang dan resorsinol. Belerang mampu mengurangi minyak berlebih dan membasmi sel kulit mati, sedangkan resorcinol berguna untuk mengeluarkan tumpukan sel kulit mati di pori-pori wajah. Dalam obat jerawat, biasanya kedua bahan ini memiliki kandungan sebesar 2-8 persen. Sebaiknya mulailah dari kandungan yang paling kecil terlebih dahulu ya. 

Pengobatan jerawat bagi sebagian jenis kulit mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain pengobatan dari luar, menjaga kebersihan kulit dan pola makan juga bisa mempengaruhi proses penyembuhan jerawat.

Jika sudah mencoba berbagai produk obat jerawat yang dijual bebas, namun belum juga membaik, sebaiknya, kamu memeriksakan kulitmu ke dokter kulit agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter pun akan membantumu meneliti penyebab jerawatmu dan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Dream.

 

Sumber Sehatq

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Penyebab Jerawat Punggung dan Faktor Penyebab serta Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Punggung dan Faktor Penyebab serta Cara Mengatasinya

Seperti halnya dengan jerawat yang timbul di wajah, jerawat yang muncul di punggung juga bisa mengganggu penampilan.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Seberapa Efektif Sabun Muka Dapat Mengatasi Jerawat? Simak Cara Memilih Produk yang Tepat

Seberapa Efektif Sabun Muka Dapat Mengatasi Jerawat? Simak Cara Memilih Produk yang Tepat

Perawatan wajah berjerawat dengan sabun muka dan cara untuk memilih produk yang tepat.

Baca Selengkapnya
Cokelat Bukan Pemicu Munculnya Jerawat, Ini Penjelasan Dokter Kulit

Cokelat Bukan Pemicu Munculnya Jerawat, Ini Penjelasan Dokter Kulit

Ternyata, cokelat tidak menyebabkan munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya. Kandungan lain dalam cokelat yang menyebabkan hal tersebut.

Baca Selengkapnya
3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

Ada banyak kandungan skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Cari tahu beberapa di antaranya beserta beragam manfaatnya untuk kulit.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Obat Jerawat Bikin Kanker, Benarkah?

Obat Jerawat Bikin Kanker, Benarkah?

Viral klaim obat jerawat bersifat karsinogenik. Dokter ungkap fakta penelitiannya dan sifat dari zat yang bisa memicu kanker.

Baca Selengkapnya
Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Cokelat putih sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, mulai dari kue hingga es krim.

Baca Selengkapnya