Cara Menggunakan Face Oil untuk Kulit Berminyak

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 1 Juli 2022 11:36
Cara Menggunakan Face Oil untuk Kulit Berminyak
Face oil bisa mempermudah perawatan kulit berminyak dengan cara ini.

Dream - Kulit berminyak seringkali terasa lengket dan kurang nyaman. Apalagi, saat berada di tempat yang penuh debu atau polusi. Rasanya enggan untuk menggunakan pelembap atau face oil yang mampu meningkatkan kelembapan saat melakukan rutinitas pemakaian skincare di pagi maupun malam hari.

Tapi, sebenarnya kamu tetap harus menggunakan pelembap meski memiliki kulit berminyak. Pasalnya, pelembap berfungsi untuk menjaga dan mengunci kelembapan kulit.

Jadi jika tidak menggunakannya, wajah akan kekurangan hidrasi. Akhirnya, kulitmu akan memproduksi minyak alami lebih banyak dari biasanya untuk menutupi kekurangan kadar sebum.

Wajah pun akan semakin mudah berjerawat atau memiliki komedo. Jika dilakukan untuk jangka waktu lama, kulit akan lebih mudah iritasi dan mengalami masalah yang semakin sulit diatasi. Maka dari itu, kulit berminyak pun tetap harus menggunakan pelembap. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan face oil meski kulitmu berminyak.

Salah satu cara nyaman untuk menggunakan face oil adalah dengan menggabungkan produk makeup atau skincare lain. Berikut saran Dokter Kulit, Yessica Tania dalam menggunakan face oil pada kulit berminyak.

1 dari 4 halaman

1. Face Oil dan Toner

Menggunakan Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mencampur toner dan face oil bisa membuat manfaatnya semakin banyak dalam sekali pakai. Cara ini juga membuat konsistensinya lebih encer dan nyaman digunakan. Tapi, perhatikan kandungan kedua produk tersebut. Pasalnya, beberapa kandungan skincare tidak bisa digabungkan dan justru mengurangi fungsi produk.

2 dari 4 halaman

2. Face Oil dan Pelembap

Memakai Pelembap© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain toner, kamu juga bisa mencampurnya dengan pelembap untuk meningkatkan kandungan kelembapannya serta menghemat waktu pemakaian rangkaian skincare. Hal ini biasa dilakukan di malam hari agar wajah terasa kenyal saat bangun di pagi hari.

3. Face Oil dan Body Lotion

Meski wajah terasa lembap, terkadang kulit di area tubuh lainnya terasa kering. Campuran face oil dan body lotion bisa membantu melembapkan serta meningkatkan hidrasi kulit. Tekstur face oil maupun body lotion juga tidak terasa terlalu greasy dan lengket ketika dicampurkan.

3 dari 4 halaman

4. Face Oil dan Foundation

Memakai Foundation© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Jika ingin menghemat pemakaian foundation, campurkan produk tersebut dengan face oil. Kamu bisa mencampurkan face oil dalam jumlah yang lebih sedikit agar tidak terlalu lembap.

Campuran keduanya akan lebih cocok jika kamu memakai foundation dengan hasil matte agar tidak terlalu kering dan lebih mudah menempel pada kulit.

5. Face Oil untuk Area Tubuh Lainnya

Selain dicampur, face oil juga bisa mencegah dan mengatasi tumit kering serta pecah-pecah. Produk tersebut pun mampu melembapkan kuku dan meningkatkan kesehatan kutikula.

Beri Komentar