Cegah Bibir Kering dan Menghitam dengan Cara Mudah Ini

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 22 September 2022 14:16
Cegah Bibir Kering dan Menghitam dengan Cara Mudah Ini
Lakukan 3 hal sederhana yang disarankan dokter kulit agar bibir tetap sehat.

Dream - Mungkin, kamu pernah melihat orang yang tidak memiliki masalah kulit wajah namun bibirnya kering dan pecah-pecah. Hal tersebut cukup sering terjadi pada semua jenis kulit.

Keringnya bibir disebabkan oleh perbedaan komponen lapisan kulit yang berbeda dengan wajah maupun area tubuh lainnya. Kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Sehingga, kamu harus menjaga kelembapannya terus menerus secara manual dengan pemakaian produk tertentu.

Lapisan terluar bibir atau stratum corneum-nya jauh lebih tipis dibandingkan kulit di area wajah maupun tubuh lainnya. Maka dari itu, cara merawat bibir pun berbeda dari kulit di area wajah atau tubuh. Berikut tips dari Dokter Kulit, Yessica Tania dalam merawat kulit bibir agar tetap sehat, lembap, dan cerah.

1 dari 7 halaman

1. Jangan Menjilat Bibir

Menjilat Bibir© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Menjilat bibir bisa membuat kelembapan di atas kulitnya lebih cepat menguap. Akhirnya, kulit bibir pun akan semakin kering. Apalagi, jika kamu cukup sering menjilat bibir dan jarang memakai lip balm. Jadi, hindari kebiasaan tersebut dan pakailah lip balm secara rutin.

2 dari 7 halaman

2. Minum Air Putih Cukup

Minum Air© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Meski tidak memberikan efek secara langsung, namun kamu bisa menunjang kesehatan kulit bibir dengan mencukupi asupancairan tubuh. Tidak hanya kulit bibir, minum air cukup bisa membuat wajah atau area tubuh lainnya tetap lembap dan tidak dehidrasi.

3. Memakai Produk Bibir yang Tidak Mengiritasi

Gunakan produk bibir yang sedikit atau tidak mengandung parfum serta bersifat hipoalergenik. Temukan juga produk dengan kandungan yang mampu meningkatkan kelembapan bibir, seperti petrolatum, vitamin E, madu manuka, avocado oil, propolis, shea butter, serta bee venom.

4 dari 7 halaman

Hidrasi Kulit Kering dengan 5 Cara Simpel, Tak Boleh Dibiarkan

Dream - Kita semua mendambakan kulit yang lembut dan kenyal. Sayangnya, polusi, stres kerja, dan kebiasaan gaya hidup lainnya, berdampak langsung pada kulit. Kulit kusam dan kering menjadi hal yang buruk dan tentunya ingin disingkirkan secepatnya.

Untuk menghilangkan kekeringan pada kulit, Sahabat Dream harus menghidrasi kulit secara teratur. Hidrasi kulit adalah proses menjaga kulit tetap sehat dan ternutrisi dengan produk pelembab. Kulit gelap, kusam, atau tambal sulam adalah simbol kulit dehidrasi yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan kerutan dini, pigmentasi, lingkaran hitam, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa cara yang bisa Sahabat Dream coba untuk bisa menghidrasi kulit agar terus lembap dilansir dari Boldsky.

 

5 dari 7 halaman

1. Gunakan Krim yang Tepat

Pertimbangkan untuk menggunakan produk perawatan kulit bebas resep yang ramah kulit seperti krim pelembab alami, body lotion, petroleum jelly, atau bahan oinment lainnya.

Carilah krim atau lotion yang mengandung gliserin, asam hialuronat, ceramide, lipid yang memperbaiki kulit kering atau rusak. Cari pelembab yang cocok dengan jenis kulit. Pilih pelembap bebas minyak jika memiliki kulit berminyak.

 

6 dari 7 halaman

2. Gunakan Serum Pelembab

Memakai Pelembap© Shutterstock

Kamu yang memiliki kulit sangat kering dapat mempertimbangkan untuk menggunakan serum emolien squalane yang membantu mempertahankan minyak alami kulit dan juga mengandung antioksidan alami.

3. Oleskan Serum Vitamin C

Memakai Tabir Surya© Shutterstock

Seiring bertambahnya usia kulit kita, produksi kolagen juga berkurang sehingga kehilangan elastisitasnya. Serum vitamin C dan masker wajah bermanfaat untuk menjaga kulit tetap kencang dan cerah. Cara ini menunda proses pembentukan kerutan dan mengurangi garis-garis halus juga

 

7 dari 7 halaman

4. Oleskan Toner

Membersihkan Wajah© Shutterstock

Toner menghidrasi kulit yang bila digunakan bersama pelembab dan serum menembus lebih dalam ke pori-pori. Untuk merawat pori-pori kulit yang besar, aplikasikan toner wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Carilah produk perawatan kecantikan alami yang ramah kulit.

5. Minum Air

Minum Air© Shutterstock

Air memang minuman yang super! Minum banyak air sepanjang hari (setidaknya 10-12 gelas). Dengan minum cukup air, kulit akan mendapatkan cahaya alami dan menghilangkan masalah kulit seperti jerawat, jerawat, dan noda tanpa banyak usaha. (mut)

Beri Komentar