Dibuang Sayang! Inilah Cara Memanfaatkan 7 Produk Kosmetik Kedaluwarsa

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 5 Juni 2020 19:12
Dibuang Sayang! Inilah Cara Memanfaatkan 7 Produk Kosmetik Kedaluwarsa
Inilah cara memanfaatkan 7 produk kosmetik yang sudah kadaluwarsa.

Dream – Setiap produk kosmetik pasti mencantumkan masa kedaluwarsa dengan kurun waktu yag berbeda-beda. Saat mengetahu peralatan kosmetik sudah memasuki masa pakai sebaiknya tak lagi digunakan karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Namun jangan langsung membuangnya dahulu Sahabat Dream.

Terkadang ada produk kosmetik kedaluwarsa yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain di luar pemakaian untuk kulit.. 

Harus diakui masih ada beberapa orang yang mungkin terlalu sayang jika harus membuang produk kosmetik yang belum habis namun sudah kedaluwarsa tersebut.

Melansir dari Liputan6.com, inilah cara memanfaatkan 7 produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

1 dari 7 halaman

Eye shadow

 Ilustrasi© Pexels

Cara memanfaatkan produk kosmetik berupa eye shadow yang sudah kedaluwarsa adalah dengan menjadikannya cat kuku.

Setahun sekali kamu perlu mengganti eye shadow dengan yang baru karena masa kedaluwarsanya memang sepanjang waktu itu. Jika kamu sayang untuk membuangnya, maka gunakan sebagai cat kuku. Caranya dengan mencampurkan bubuk eye shadow dengan cat kuku bening. Jadilah cat kuku warna warni yang cantik.

2 dari 7 halaman

Maskara

 Ilustrasi© Pexels

Saat maskara kamu sudah kedaluwarsa kamu bisa menggunakannya sebagai penutup uban. Ya, maskara ini biasanya akan kedaluwarsa dalam tiga hingga enam bulan lamanya. Jika sudah kelewat batas waktu, kamu tak bisa menggunakan maskara sebagaimana mestinya. Alangkah baiknya kamu gunakan maskara yang kedaluwarsa itu untuk menutup uban.

Selain itu, sikat maskara yang sudah dibersihkan juga bisa kamu manfaatkan untuk merapikan alis kamu guys.

Selain itu, kamu juga bisa membuat scrub bibir sendiri dengan menggunakan sikat maskara tersebut. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes minyak esensial ke sikat maskara dan gosok bibir kamu dengan lembut.

3 dari 7 halaman

Lipstik

 Ilustrasi© Pexels

Jika kamu mendapati lipstik kesayangan kamu sudah kedaluwarsa, kamu bisa menyulapnya menjadi pelembab bibir berwarna. Caranya panaskan lipstik supaya bakteri yang terdapat di dalamnya mati, saat lipstik sudah mencair, campurkan dengan Vaseline atau petroleum jelly. Nah, jadilah pelembab bibir baru dengan warna pilihan favorit kamu.

4 dari 7 halaman

Face toner

 Ilustrasi© Pexels

Toner kulit memiliki kadar alkohol yang tinggi ya, Sahabat Dream. Jadi ketika produk ini kedaluwarsa maka kamu bisa menggunakannya sebagai pembersih kaca, cermin, bahkan layar ponsel kamu dan laptop.

5 dari 7 halaman

Lip balm

 Ilustrasi© Pexels

Jika lip balm kamu kedaluwarsa, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk menjaga kaki dari luka lecet, melembapkan kutikula kuku, dan juga dapat melancarkan ritsletting yang macet. Kandungan petroleum jelly pada lip balm juga bisa berfungsi untuk menjaga sepatu tetap berkilau.

6 dari 7 halaman

Face oil

 Ilustrasi© Pexels

Produk kosmetik face oil, jika kedaluwarsa dapat kamu manfaatkan sebagai eksfoliator. Caranya mudah sekali Sahabat, cukup campurkan face oil dengan gula atau bubuk kopi dan gunakan campuran ini untuk eksfoliasi tubuh kamu.

7 dari 7 halaman

Parfum

 Ilustrasi© Pexels

Cara memanfaatkan produk kosmetik yang kedaluwarsa seperti parfum ini adalah dnegan mengubah fungsinya. Karena, jika kamu gunakan parfum yang sudah kedaluwarsa bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Lebih baik kamu buka tutup parfum dan letakkan di kamar mandi atau kamarmu sebagai pengharum atau pewangi ruangan.

Itulah 7 produk kosmetik yang bisa dimanfaatkan kembali meskipun sudah kedaluwarsa. Daripada dibuang sayang, lebih baik manfaatkan dengan fungsi yang berbeda ya.

Beri Komentar