Ini Penyebab Riasan Hancur Ketika Memakai Spons Makeup

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 20 Agustus 2022 07:01
Ini Penyebab Riasan Hancur Ketika Memakai Spons Makeup
Cari tahu alasan MUA lebih memilih menggunakan kuas daripada spons saat merias wajah klien.

Dream - Spons merupakan alat makeup yang kerap digunakan oleh banyak orang. Bentuknya pun beragam, mulai dari spons pipih hingga berbentuk seperti telur, tetesan air, segitiga, maupun kubus.

Meski tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, namun ternyata tidak semua orang suka menggunakannya. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan.

Pengaplikasian makeup dengan spons memiliki sejumlah kekurangan yang tidak didapatkan ketika memakai kuas atau jari. Hal tersebut diungkapkan oleh Makeup Artist (MUA) Melissa Murdick melalui akun TikToknya.

MUA sekaligus TikToker dengan jumlah pengikut hampir 160 ribu itu mengaku hampir tidak pernah menggunakan spons makeup. Berikut alasannya.

1 dari 3 halaman

1. Menyerap Banyak Produk Makeup

Menggunakan Spons Makeup© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Spons cenderung lebih mudah menyerap produk makeup. Apalagi, produk yang bertekstur cair, seperti foundation dan concealer. Akibatnya, produk yang diambil akan terserap ke dalam spons dan tidak begitu kontras ketika diaplikasikan ke wajah.

Tentunya, hal ini juga membuat pigmentasi produk makeup pun berkurang dan kamu harus menggunakan lebih banyak produk makeup untuk meratakan warna kulit. Terutama, jika wajahmu memiliki banyak hiperpigmentasi.

2 dari 3 halaman

2. Menyerap Kandungan Air Pada Produk Makeup

Selain mengurangi pigmentasi produk, kandungan air pada makeup pun bisa berkurang ketika terserap oleh spons. Ini menyebabkan riasan wajah lebih sulit untuk diratakan. Bahkan, riasan pun akan mudah hancur karena tekstur yang lebih kering.

Maka dari itu, kamu harus memastikan wajah benar-benar lembap dan menggunakan produk dengan tekstur yang lebih cair jika ingin memakai spons. Jika kulitmu kering, campurkan produk makeup dengan face oil agar teksturnya lebih lembut dan mudah diaplikasikan.

Beri Komentar