Mulai Banyak Dialami Perempuan, Yuk Kenali 4 Gejala PCOS yang Tampak Pada Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 18 Februari 2022 11:12
Mulai Banyak Dialami Perempuan, Yuk Kenali 4 Gejala PCOS yang Tampak Pada Kulit
Cari tahu gejalanya agar bisa mengontrol kondisimu.

Dream - PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome merupakan kondisi kesehatan yang beberapa tahun belakangan ini mencuri perhatian sebagian wanita. PCOS mempengaruhi berbagai kondisi kesehatan wanita, seperti siklus menstruasi kurang lancar, perubahan warna kulit, hingga menyebabkan munculnya kista.

Semakin banyak bermunculan kasus PCOS, banyak perempuan mulai mencari tahu seputar sindrom tersebut agar bisa mencegah dan mengobatinya dengan cara tepat. Untungnya, beberapa gejala PCOS bisa terlihat secara kasat mata sehingga kamu pun bisa mengenalinya dengan mudah.

Beberapa gejala ketidakseimbangan hormonal dan PCOS diungkapkan melalui Youtube Shorts kanal Doctorly yang dipandu oleh Dermatologis, Muneeb Shah.

1 dari 4 halaman

1. Kerontokan rambut dari kulit kepala

Mengalami Kerontokan© Shutterstock

Biasanya, kerontokan disebabkan oleh kondisi kulit kepala atau batang rambut yang rapuh. Padahal, sebenarnya terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok di atas jumlah normalnya, yaitu 100-150 helai.

Kamu harus berkonsultasi pada dermatologis ketika mengalami kerontokan untuk mengetahui penyebab utama dan cara paling tepat untuk mengatasinya.

2 dari 4 halaman

2. Penggelapan pada kulit leher

Hiperpigmentasi Pada Leher© Shutterstock

Hiperpigmentasi tidak hanya terjadi pada wajah. Bagian tubuh lainnya juga bisa mengalami hal serupa. Terutama, di area lipatan seperti leher.

Potensi terjadinya hiperpigmentasi di belakang leher akan semakin besar jika mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Pasalnya dalam kondisi tersebut, kulit lehermu akan terlipat dan menyebabkan hiperpigmentasi.

Melalui beberapa sumber, pengidap PCOS sendiri cenderung lebih berpotensi untuk mengalami kenaikan berat badan dan lebih sulit untuk membuat tubuh kembali ke kondisi ideal.

Hal ini disebabkan oleh kondisi pasien PCOS yang rentan mengalami retensi insulin. Sehingga, potensi mengalami diabetes dan obesitas pun lebih tinggi.

3 dari 4 halaman

3. Jerawat hormonal

Wajah Berjerawat© Shutterstock

Gangguan pada hormon merupakan penyebab umum munculnya jerawat. Bahkan, hal ini juga sering terjadi pada wanita yang tidak mengidap PCOS. Jadi, tak heran jika pasien PCOS kerap mengalami jerawat atau beruntusan.

4 dari 4 halaman

4. Tumbuh banyak rambut atau bulu pada kulit

Memiliki Wajah Berbulu Lebat© Shutterstock

Jika permukaan kulit wajah atau tubuhmu tumbuh banyak bulu, mungkin kondisi tersebut disebabkan oleh PCOS. Meski tidak berbahaya, sebaiknya periksakan pada dermatologis. Terutama, jika kamu juga mengalami gejala lainnya.

Beri Komentar