Trik Agar Sunscreen Tidak Terasa Lengket Saat Dipakai di Atas Makeup

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 30 November 2022 11:12
Trik Agar Sunscreen Tidak Terasa Lengket Saat Dipakai di Atas Makeup
Pastikan kulitmu terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari meski saat memakai makeup.

Dream - Memakai tabir surya tidak hanya sekali sebelum beraktivitas. Sahabat Dream harus memakainya kembali setiap dua atau empat jam sekali untuk mempertahankan perlindungannya terhadap kulit.

Apalagi jika wajahmu mudah berminyak, lembap, dan sering beraktivitas. Begitu pula ketika memakai makeup. Kamu tetap harus mengaplikasikan tabir surya di atas makeup untuk memastikan kulit terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari.

Sayangnya, sebagian orang enggan memakai tabir surya di atas makeup karena wajah terasa lengket setelah pemakaiannya. Padahal, wajah akan tetap terasa nyaman jika cara pemakaian tabir surya tepat dan produknya juga sesuai dengan kulitmu.

Berikut cara pengaplikasian ulang tabir surya di atas makeup dari Beauty Content Creator @novitakim agar wajah tidak terasa lengket.

1 dari 5 halaman

Pertama-tama, pastikan wajah tidak berminyak. Gunakan oil face paper untuk menyerap kelebihan minyak di permukaan kulit.

Setelah itu, tuangkan tabir surya di punggung tangan. Lalu, ambil sedikit tabir surya dan aplikasikan menggunakan puff. Ratakan menggunakan puff yang sama ke seluruh wajah hingga seluruh area kulit tertutupi tabir surya.

Memakai Tabir Surya© Instagram @novitakim

Foto: Instagram @novitakim

Bila perlu, gunakan formula tabir surya yang ringan, tidak lengket, dan bersifat non-comedogenic agar lebih nyaman saat digunakan.

3 dari 5 halaman

Tips Memilih Tabir Surya Sesuai Jenis Kulit, Jangan Banyak Alasan Lagi Ya

Dream - Siapa di antara kamu yang hanya memakai tabir surya ketika pergi ke pantai atau beranang saja? Harus diakui memang tidak sedikit perempuan yang malas menggunakan tabir surya.

Sahabat Dream pasti juga mengetahui jika sering membiarkan kulit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya akan membuat kulit mudah kusam dan mengalami hiperpigmentasi. Dalam jangka panjang, kulit akan lebih cepat mengalami penuaan dan bisa terserang kanker kulit dalam jangka panjang.

Sayangnya, efek samping yang sudah diketahui banyak perempuan tersebut tak lantas membuat mereka terbiasa menggunakan tabir surya secara rutin.

Biasanya, seseorang malas menggunakan tabir surya karena enggan melakukan perawatan kulit terlalu banyak. Ada pula yang beralasan kurang nyaman dengan tekstur produk yang lengket. Beberapa orang juga memiliki jerawat atau komedo setelah memakai tabir surya.

Sebetulnya alasan-alasan itu bisa kamu singkirkan dengan mengetahui terlebih dahulu langkah dasar memilih tabir surya agar sesuai dengan jenis serta kebutuhan kulitmu. Dikutip dari unggahan Dokter Kulit, Dian Pratiwi, berikut tips memilih tabir surya sesuai jenis kulit.

4 dari 5 halaman

Kulit Kering

Memakai Tabir Surya© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kulit kering membutuhkan kelembapan ekstra dengan tekstur yang cukup tebal dan tetap ringan di wajah. Kamu bisa menggunakan tabir surya dengan tekstur balm atau rich cream yang mengandung gliserin, hyaluronic acid, serta ceramide.

Kulit Berminyak

Umumnya, orang yang memiliki kulit berminyak tidak nyaman menggunakan tabir surya karena teksturnya lengket. Akhirnya, menyebabkan komedo atau beruntusan. Maka dari itu, gunakan tabir surya bertekstur gel atau lotion yang ringan dan mudah menyerap. Dian juga menyarankan untuk menggunakan chemical sunscreen yang memiliki tekstur lebih kering. Sehingga, lebih nyaman dipakai untuk waktu yang cukup lama.

5 dari 5 halaman

Kulit Normal

Jenis kulit ini lebih mudah memilih produk sesuai dengan kebutuhan kulit. Kamu bebas memilih tekstur serta formula yang sesuai dengan kondisi kulitmu selama tabir surya mengandung minimal SPF 30 serta minimal PA ++.

Kulit Sensitif

Meski kulit sensitif seringkali sulit menemukan produk yang cocok. Tapi minimal, kamu bisa memilih tabir surya dengan kriteria tertentu, seperti formula yang ringan, bebas pewangi, maupun pewarna. Berbanding terbalik dengan kulit berminyak, gunakan mineral sunscreen yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide.

Kulit Berjerawat

Tabir surya yang cocok untuk kulit berjerawat biasanya memiliki tekstur gel atau berbahan dasar air. Tentunya, kamu harus menggunakan produk berformula ringan, bisa membantu mengatasi jerawat, menenangkan kulit, serta bersifat non-comedogenic.

Beri Komentar