Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit dan Cara Memakaianya, Ampuh Lho Hilangkan Noda Hitam

Reporter : Shania Suha Marwan
Minggu, 13 November 2022 14:40
Ragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit dan Cara Memakaianya, Ampuh Lho Hilangkan Noda Hitam
Jeruk nipis punya beragam manfaat untuk kulitmu, salah satunya adalah untuk bantu atasi noda hitam pada kulit

Dream - Sahabat Dream termasuk yang tak bisa membedakan jeruk nipis dan jeruk lemon? Tak usah malu, banyak juga kok orang yang suka tertukar ketika ditanya kedua jenis jeruk yang memiliki rasa asam itu. 

Kebanyakan orang teringat kedua jeruk ini karena rasanya namun sebetulnya punya bentuk yang jauh berbeda. Jeruk nipis yang memiliki rasa asam unik umumnya berukuran lebih kecil dan sering digunakan dalam beragam masakan di Indonesia.

Sementara jeruk lemon berukuran lebih besar dan biasanya berwarna kuning. Kebanyakan orang menggunakan lemon sebagai bahan minuman. 

Selain untuk bahan masakan, jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan. Kandungan jeruk nipis yang memiliki beragam kandungan seperti vitamin C diyakini punya khasiat yang bagus untuk kulit.

Dalam urusan perawatan kulit, vitamin C banyak dimanfaatkan untuk mengatasi noda hitam sehingga bisa mencerahkan wajah.

1 dari 3 halaman

Selain kandungan vitamin Cm kamu juga dapat menemukan kandungan antioksidan yang tinggi di jeruk nipis. Fungsi antioksidan dapat membantu melawan masalah radikal bebas. 

Setelah mengetahui beragam kandungan yang ada di dalam jeruk nipis, kamu tentu penasaran dengan manfaat apa aja yang bisa didapatkan dari buah satu ini.

© Ilustrasi/Shutterstock

 

Berikut ini, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jeruk nipis, dengan cara membuat produk kecantikan alami dari jeruk nipis, ataupun minum air jeruk nipis secara rutin:

  • Menghilangkan Noda Hitam

Jika kamu memiliki masalah noda hitam di wajah, jeruk nipis bisa membantu kamu mengatasinya. Jeruk nipis memiliki kemampuan pemutih alami yang akan membantu mengatasi warna kulit tidak merata. 

Untuk menggunakanya, kamu bisa mengambil air perasan jeruk nipis dengan kapas, dan diaplikasikan ke noda hitam bekas jerawat. Biarkan perasan jeruk nipis berada di noda hitam selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. 

2 dari 3 halaman

  • Menenangkan Jerawat

Jeruk nipis memiliki kandungan antibakteri yang dapat bantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sehingga dapat membantu peradangan di kulit karena jerawat teratasi. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Untuk melakukannya, kamu perlu memastikan kulit dalam kondisi yang bersih terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan jeruk nipis pada jerawat di kulit.

  • Mengurangi Tanda Penuaan 

Penuaan tentu akan terjadi bagi semua orang, walaupun tidak bisa dihindari, penuaan bisa diperlambat jika kita merawat kulit dengan tepat. Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis, dapat menutrisi sel kulit di wajah, dan memberikan tampilan wajah lebih muda.

Kamu bisa mendapatkan manfaat satu ini dengan mengaplikasikan produk jeruk nipis langsung ke kulit ataupun rutin mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Saat kamu rutin mengonsumsi air perasan jeruk nipis, kamu juga akan mendapatkan manfaat antioksidan dari jeruk nipis. 

3 dari 3 halaman

  • Angkat Sel Kulit Mati 

Penumpukan sel kulit mati di wajah, dapat membuat wajah terlihat kusam dan tak sehat. Kandungan asam citric yang terdapat dalam jeruk nipis ternyata dapat berfungsi sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Jadi, dengan menggunakan jeruk nipis yang diaplikasikan ke wajah, wajah kamu akan melewati proses eksfoliasi, yang akan menghasilkan kulit yang lebih sehat. 

(Sah, Sumber: Legendscreekfarm)

Beri Komentar