Mengapa Kulit Wajah Bisa Sensitif?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 29 Maret 2019 13:12
Mengapa Kulit Wajah Bisa Sensitif?
Sering disebut sebagai breakout, sebenarnya ini merupakan masalah kulit sensitif.

Dream - Sahabat Dream mungkin pernah mengalami jerawat yang mendadak muncul setelah memakai skin care atau kosmetik tertentu. Sering disebut sebagai breakout, sebenarnya ini merupakan masalah kulit sensitif.

Kulit sensitif adalah sindrom yang menimbulkan reaksi dari pemakaian suatu produk. Gejala ini tak hanya ditunjukkan melalui jerawat, namun juga dengan berbagai sensasi tidak nyaman lainnya.

" Jenisnya terbagi dua, apakah dia sensitif yang gampang iritasi atau jerawatan. Iritasi biasanya menimbulkan ruam merah, rasa gatal, panas, nyeri hingga menjadi radang," kata Adhimukti Sampurna, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di acara Bioderma Ecobiology, Jakarta, Kamis 28 Maret 2019.

Makeup dan skin care bisa menjadi polutan berbahaya jika tidak dibersihkan dengan baik. Jika tertimbun dalam tumpukan makeup dan skin care, kulit tidak bisa bernapas dan berfungsi secara normal.

Selain itu ada juga faktor lain seperti sinar UV, debu dan polusi dari lingkungan. Kulit sebetulnya punya kemampuan detoksifikasi, namun kemampuan anti oksidasi tersebut akan menjadi kewalahan jika terpapar polutan berlebihan.

" Jika timbul reaksi tidak wajar, segera hentikan pemakaian produk. Satu kali pemakaian sudah bisa menyebabkan breakout apabila tidak cocok. Kasus yang paling sering saya temukan adalah pemakaian snail cream yang kekinian," imbuhnya.

Untuk mempertahankan perlindungan pada kulit, pastikan untuk mencuci wajah dengan cleanser berformula lembut. Jangan menggosok terlalu keras agar tidak mengangkat lapisan hydrolipidic film.

Sahabat Dream juga bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu untuk menyingkirkan sel kulit mati yang terpapar oleh kotoran. (ism)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan