Cegah Ancaman Jerawat, Ini Tips Jitu Memilih Pembersih Muka

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 27 Maret 2019 09:41
Cegah Ancaman Jerawat, Ini Tips Jitu Memilih Pembersih Muka
Yang mana yang cocok sama kamu?

Dream - Timbulnya jerawat dan masalah kulit tidak timbul tanpa alasan. Pola hidup kurang sehat dan higienis, seperti kurang tidur, kerap mengonsumsi fast food maupun minimnya jumlah mineral yang masuk ke dalam tubuh, bisa jadi penyebab utama.

Apalagi, jika kamu sering tidur tanpa membersihkan wajah setelah terpapar polusi, memakai makeup dan skincare serta berkeringat.

" Kalau nggak membersihkan wajah sebelum tidur, makeup, sunscreen, debu dan keringat akan masuk ke dalam muka. Lalu, menyebabkan jerawat, memicu reaksi radang, ruam, gatal, penuaan dini dan pigmentasi, tutur Anesia Tania, Dermatologist di Shangri-La Hotel, Jakarta Selatan, Selasa 26 Maret 2019.

 shutterstock

Tapi, membersihkan muka pun tak boleh dilakukan sembarangan. Kamu perlu memilih pembersih yang tepat agar wajah bersih dan bebas iritasi. Berikut cara memilih pembersih wajah agar wajahmu bersih di awal dan akhir hari.

1 dari 3 halaman

1. Ketahui Tipe Kulit dan Perhatikan Kandungan Produk

Sebelum mengetahui berbagai macam produk yang dijual di pasaran, sangat penting untuk mencari tahu tipe serta kondisi kulitmu.

Jika kulitmu kering, hindari pembersih muka yang mengandung terlalu banyak surfaktan agar tidak mengikis minyak alami wajah dan membuat wajahmu semakin kering, bahkan iritasi.

" Harus pilih pembersih yang membersihkan dan tetap gentle di kulit. Kalau kulitnya berjerawat, pilih yang mengandung salicylic acid. Yang kulitnya terdapat hiperpigmentasi, pakai yang mengandung vitamin C. Sedangkan, yang sensitif sebaiknya menghindari kandungan parfum," ujarnya.

2 dari 3 halaman

2. Melihat Reaksinya pada Kulit


Setelah memilah produk dengan kandungan tertentu, cobalah pada kulit dan lihat reaksinya. Jika kulitmu mulai berjerawat atau beruntusan, kamu harus berhenti menggunakan produk tersebut dan mencari yang lainnya.

" Jangan sampai kita memakai suatu produk hanya untuk ikut-ikutan. Kalau nggak cocok, harus berhenti pakai produk itu" .

3 dari 3 halaman

3. Buatlah Rutinitas

Produk apapun yang dipakai tidak akan bermanfaat jika tidak digunakan secara rutin. Jadi, kamu perlu membuat kebiasaan untuk mencuci wajah setiap pagi dan malamm.

" Baiknya, mencuci wajah hanya 2 kali sehari, pagi dan malam. Kalau wajah terasa kotor akibat polusi, boleh dilakukan 3 kali. Tapi, jangan terlalu sering supaya kulit tidak mengering dan berjerawat," tutup Anesia. (ism)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi