Hindari Make Up Tebal Saat Olahraga, Bisa Jerawatan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 28 Maret 2019 06:15
Hindari Make Up Tebal Saat Olahraga, Bisa Jerawatan
Pakai produk perawatan wajah saja sudah cukup.

Dream - Olahraga jadi jadwal rutin, Sahabat Dream? Jika iya, pastikan saat olahraga wajah hanya mengenakan pelembap dan tabir surya saja. Hindari menggunakan riasan, apalagi make up tebal.

Mungkin dengan riasan wajah akan terlihat lebih cantik, tapi hal ini bisa meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat. Perpaduan residu make up dan keringat adalah pemicu utamanya.

" Tidak perlu memakai terlalu banyak produk, apalagi make up. Jika sudah terkena keringat, bisa menutup pori-pori dan otomatis akan menambah jerawat," ujar Anesia Tania, seorang dokter kulit saat ditemui di Shangri-La Hotel, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Semakin sedikit produk yang dipakai, akan semakin baik. Bahkan, penggunaan SPF pun sebaiknya hanya digunakan ketika berolahraga di luar ruangan atau berada di tempat yang terpapar sinar UV.

" Kalau di gym yang tertutup jendela, enggak pakai sun screen enggak apa-apa. Paling aman, kalau mau pakai bedak tabur karena nggak diserap pori-pori," tutur Anesia.

Untuk menjaga kulit lebih maksimal, sebaiknya jangan memakai handuk yang terlalu kasar. Dan, hindari mengeringkan keringat dengan menggosok wajah.

" Pelan-pelan di tap mukanya dengan handuk yang permukaannya halus, supaya kulitnya nggak kering atau iritasi," pesan Anesia.

Membersihkan wajah pun tidak perlu menunggu keringat kering atau sehabis mandi. Keringkan keringat dan langsung bersihkan wajah dengan face cleanser.

" Kalau olahraganya berlebihan sampai keringat banget, perlu double cleansing. Tapi kalau tidak terlalu berkeringat, cuci muka biasa saja cukup. Supaya enggak timbul komedo atau jerawat," imbuh Anesia.

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim