Pentingkah Pelembap untuk Kulit Berminyak?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 5 Februari 2020 14:31
Pentingkah Pelembap untuk Kulit Berminyak?
Sangat wajar pemakaian pelembap sering diragukan oleh pemilik kulit berminyak. Tapi sebenarnya...

Dream - Menggunakan pelembap pada kulit berminyak seringkali jadi dilema. Sebab, kulit berminyak akan terasa lengket dan kurang nyaman ketika memakai terlalu banyak pelembap.

Maka dari itu, sangat wajar pemakaian pelembap sering diragukan oleh pemilik kulit berminyak. Tapi, apakah hanya itu saja manfaat pelembap pada kulit?
 
Apakah kamu benar-benar melindungi kulit dengan memakai pelembap? Sebelum menjawab hal tersebut, cari tahu tentang kulit berminyak terlebih dulu.
 
Mengetahui Apakah Kulitmu Berminyak
 
Sangat penting mengetahui jenis kulit sebelum memilih skincare. Rutinitas perawatan kulit dan efeknya bergantung pada jenis kulitmu.
 
Tanda kulit berminyak paling umum adalah wajah yang berkilau dan lengket. Hal ini sangat wajar dialami karena produksi minyak yang lebih banyak daripada jenis kulit lainnya.
 
Tanda lainnya adalah komedo, sering beruntusan dan pori-pori besar. Jika merasa memilikinya, berarti kulitmu berminyak.

 Wajah berminyak© Khidr Al-Zahrani

 
Bagaimana Pelembap Bekerja untuk Kulit?
 
Dilansir dari Boldsky, pelembap merupakan skincare yang sangat penting untuk kulit. Ini akan menjaga kelembapan kulit agar tetap seimbang dan ternutrisi. Meskipun kulitmu berminyak, wajah kering dan sebidrasi pun tidak baik untuk kesehatan kulit.

1 dari 2 halaman

Apakah Kulit Berminyak Butuh Pelembap?

Jawabannya adalah ya. Kulit memproduksi minyak secara natural yang dikenal dengan istilah sebum. Tapi pada kulit berminyak, produksi sebum lebih banyak.  

Kulitmu pun bisa berminyak seiring waktu. Polusi dan perubahan hormonal menjadi penyebabnya. Deep cleansing kerap menjadi solusi untuk membersihkan wajah berminyak secara total.

 Wajah berminyak© shutterstock.com

Padahal, kelembapan alami wajah bisa terkikis dan kulit akan memproduksi lebih banyak sebum. Lebih baik, kamu memakai pelembap untuk menyeimbangkan kadar minyak dan meningkatkan kesehatan kulit.  

Paparan sinar matahari, polusi dan bahan kimia bisa membahayakan wajah berminyak. Pori-pori kulit akan tersumbat. Pelembap akan membantu menutrisi kulit secara ekstra dan melawan radikal bebas serta masalah lainnya.    

2 dari 2 halaman

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Pelembap?

Pilihlah pelembap non-comedogenic agar pori-pori tidak mudah tersumbat dan membuat kondisi kulit memburuk. Gunakan gel moisturizer yang ringan dan nyaman digunakan pada kulit berminyak.  

 Wajah berminyak© shutterstock.com

  Kandungan pelembap di bawah ini cocok untuk kulit berminyak.  

- Gliserin

- Jojoba oil

- Ekstrak alpukat

- Tea tree oil

- Asam hyaluronat

- Ekstrak lidah buaya

- Squalene  

(Sumber: Boldsky.com)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup