5 Penyebab Pertumbuhan Kuku Jadi Lambat

Reporter : Shania Suha Marwan
Kamis, 17 Maret 2022 06:12
5 Penyebab Pertumbuhan Kuku Jadi Lambat
Jika kuku tampak tak kunjung tumbuh, mungkin ada masalah kesehatan yang tak terduga.

Dream - Merasa kuku kamu tidak bertumbuh dengan seharusnya? Bisa jadi kebiasaan kamu membuat kuku bertumbuh dengan lambat. 

Kebiasaan dan kondisi kesehatan dapat berpengaruh pada kecepatan kuku bertumbuh. Jika kamu memiliki kuku yang lambat bertumbuh dan rapuh, cari tahu penyebabnya.

Berikut ini ada beberapa alasan kuku kamu tidak bertumbuh dengan cepat. Bisa jadi kamu tak menyadarinya. 

Makanan 

Cara Jaga Kesehatan Kulit Sekitar Kuku© MEN

Makanan yang kamu konsumsi bisa memberikan efek pada pertumbuhan kuku. Jika ingin kuku bertumbuh dengan cepat, pastikan kamu mengonsumsi makanan kaya vitamin dan zat besi untuk membuat kuku tumbuh lebih cepat dan kuat. 

1 dari 2 halaman

Mengigit Kuku

Bagi sebagian orang, menggigit kuku menjadi suatu kebiasaan yang sulit dihindari. Padahal, mengigit kuku dapat membuat kuku rusak, dan tidak sehat untuk tubuh karena banyak kuman dan bakteri yang menumpuk di kuku. 

Terlalu Sering Menggunakan Cat Kuku

Cat Kuku Halal Agar Muslimah Tenang© MEN

Sama seperti wajah dan rambut, kuku juga perlu bernapas. Terlalu sering menggunakan cat kuku dapat membuat kuku rusak. Pastikan kamu membiarkan kuku dan bebas dari cat kuku, minimal 2 hari dalam seminggu. 

 

2 dari 2 halaman

Kuku Kering

Salah satu alasan kuku tidak tumbuh optimal adalah karena kondisinya dalam keadaan kering dan kekurangan hidrasi. Pastikan kamu selalu memberikan pelembap untuk kuku begitu juga dengan kutikula di sekitarnya, kamu bisa menggunakan minyak alami, seperti zaitun atau kelapa. 

Kesalahan Pengaplikasian Cat Kuku yang Sering Dilakukan© MEN

Kekurangan Vitamin 

Saat tubuh kekurangan vitamin, salah satu pertanda utamanya bisa kita lihat dari kuku. Zinc merupakan salah satu vitamin yang dapat bantu membuat kuku bertumbuh dengan cepat dan sehat. 

 

Sumber: Fustany 

 

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More