Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Reporter : Editor Dream.co.id
Kamis, 28 Desember 2023 19:12
Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online
Mereka mampu maksimalkan platform digital untuk berjualan.

1 dari 15 halaman

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online © Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

2 dari 15 halaman

Dream – Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia) merilis data tentang pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia mencapai 21,9% di tahun 2023.

Hal itu menandakan bahwa tren penggunaan makeup hingga skincare di Tanah Air begitu aktif sehingga data tersebut bisa dikatakan meningkat dari tahun 2022 yakni dari 913 perusahaan kecantikan menjadi 1,010.

Pertumbuhan ini juga terlihat dari banyaknya brand lokal yang bermunculan dengan strategi kreatif di platform digital, termasuk di TikTok.

3 dari 15 halaman

Bahkan menurut data dari TikTok Beauty Brand Playbook di tahun 2022, dari survei yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok, sebanyak 61% responden mengakui lebih memilih brand lokal, termasuk saat musim promo terdapat 68% responden lebih menyukai belanja produk-produk kecantikan dari brand lokal.

4 dari 15 halaman

© Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

Tak cuma itu saja, antusiasme beauty addict terhadap brand kecantikan lokal juga terlihat pada saat kampanye Beli Lokal 12.12 yang berlangsung di TikTok dan Tokopedia.

Berbagai brand kecantikan lokal menawarkan produk-produk inovatif dan kualitasnya tidak kalah dengan produk luar.

5 dari 15 halaman

© Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

Tercatat, tiga brand lokal yang cukup menonjol di TikTok adalah Wardah, Emina, dan Make Over yang sangat kreatif dalam memanfaatkan platform TikTok untuk promosi dan berjualan.

6 dari 15 halaman

Penasaran seperti apa cara ketiga brand ini menggaet audiens TikTok?

Mari kita simak!

image
Mari kita simak!" /> © Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

7 dari 15 halaman

Bikin konten video singkat dan konsisten

Bikin konten video singkat dan konsisten © Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

Trik ini dilakukan untuk menarik audiens mencari tahu lebih lanjut informasi brand hingga menggunakannya.

8 dari 15 halaman

Tak perlu panjang dan bertele-tele, buat kamu yang ingin menirunya, buatlah konten-konten video singkat yang konsisten.

Dibandingkan konten video yang panjang atau kumpulan foto, konten video akan lebih diminati untuk pasar produk kecantikan.

Misalnya, Wardah sering membuat dan membagikan tips dan tutorial skincare dan produk kecantikan yang sesuai kondisi wajah dengan gaya penyampaian sederhana dan visual yang menarik.

9 dari 15 halaman

© Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

" Melalui strategi yang konsisten dalam bentuk format video singkat yang menarik, kami berhasil meraih ribuan penjualan dalam waktu 24 jam melalui platform TikTok ketika kampanye Beli Lokal 12.12 berlangsung," ujar pihak Wardah lewat keterangan yang diterima Redaksi Dream.co.id pada Kamis, 28 Desember 2023.

10 dari 15 halaman

Manfaatkan momentum dan hadirkan ragam promo

Manfaatkan momentum dan hadirkan ragam promo © Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

Siapa yang tidak suka promo?

Apalagi brand kecantikan yang disukai perempuan dari berbagai usia, seperti yang dilakukan Emina pada Harbolnas kemarin.

11 dari 15 halaman

Pada kampanye Beli Lokal 12.12, Emina secara terus-menerus mempromosikan berbagai promo di platform TikTok sejak jauh-jauh hari sebelum kampanye itu berlangsung.

Promo-promo yang diberikan pun beragam, mulai dari diskon untuk ragam produk hingga 25% untuk sun battle, light mask, lip serum, bright stuff.

Selain itu, Emina juga hadirkan Twinpack Sun Battle 30 dengan potongan 23%, hingga promo 100K get 6 untuk skincare, dan promo-promo menarik lainnya.

12 dari 15 halaman

© Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

Melalui TikTok, Emina sudah merasakan berbagai manfaat, antara lain berhasil mencapai peningkatan minat pembelian sebesar 10% pada momen Beli Lokal 12.12.

13 dari 15 halaman

Sering berinteraksi dengan pengguna lewat Live TikTok

Sering berinteraksi dengan pengguna lewat Live TikTok © Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online 2023 dream.co.id

Fitur live shopping yang ada di TikTok dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan.

14 dari 15 halaman

Brand dapat memulai dengan memilih influencer yang tepat untuk menjangkau audiens.

Kemudian, brand dapat menggunakan gimmick seperti sticker, membuat kuis atau giveaway, atau filter agar lebih menarik secara visual.

Strategi ini pun dilakukan brand kecantikan Make Over sehingga membuat audiens akan tetap menonton konten live yang dihadirkan karena menantikan promo terbatas tersebut. 

15 dari 15 halaman

Hal ini tentunya turut membantu Make Over dalam meningkatkan jumlah penjualan dan volume pembelian saat kampanye Beli Lokal 12.12, yang mana jumlahnya meningkat jika dibandingkan bulan September.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur TikTok secara kreatif dan dengan strategi yang tepat, brand lokal dapat meraih popularitas, meningkatkan penjualan, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More