Rutin Double Cleansing Biar Pori-pori Tak Tersumbat

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 15 Desember 2021 06:48
Rutin Double Cleansing Biar Pori-pori Tak Tersumbat
Ada beberapa rutinitas yang dianjurkan dokter kulit berikut.

Dream – Bercermin dan tampak pori-pori melebar, penuh kotoran dan banyak komedo. Hal ini biasanya membuat kita tak percaya diri, karena kulit wajah jadi terlihat kusam.

Pori-pori tersumbat menurut dokter Haridarmawan, seorang spesialis kulit, merupakan kondisi di mana pori-pori penuh dengan minyak, kotoran dan sel kulit mati. Lewat akun Instagramnya @dr_harisdarmawan ia juga menjelaskan bahwa kotoran tersebut menyebabkan kulit menjadi bertekstur dan membuka pori-pori.

Maka dari itu, disarankan untuk selalu melakukan double cleansing agar membersihkan sisa residu dan kotoran yang ada di wajah. Sahabat Dream sudah tahu bagaimana melakukan double cleansing?

Double cleansing adalah teknik membersihkan wajah dengan dua step. Biasanya langkah ini diawali dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water terlebih dulu untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup secara menyeluruh dan dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial foam.

 

1 dari 6 halaman

Saran dr. Haris Biar Pori-pori Bersih

Buat kamu yang mengalami masalah pori-pori tersumbat, berikut 5 langkah yang direkomendasikan dr. Haris untuk dilakukan secara rutin. Lakukan di rumah, bbiar pori-pori bersih dan wajah makin glowing.

1. Lakukan double cleansing
2. Pilihlah produk exfoliating toner untuk membersihkan kulit mati
3. Pilih masker yang berbahan aktif Charcoal atau Clay
4. Pilih skincare yang non-comedogenic
5. Ekstrasi dengan facial

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pada kulit wajah ya, Sahabat Dream.

Laporan : Siti sarah Al Hafizd

2 dari 6 halaman

Seberapa Penting Memakai Micellar Water Setiap Hari?

Dream - Membersihkan wajah tidak cukup dengan memakai pembersih yang dibilas menggunakan air. Kamu harus melakukan double, bahkan triple cleansing.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan produk lainnya seperti micellar water. Meski sama-sama berfungsi untuk membersihkan wajah, micellar water memiliki manfaat yang berbeda.

Micellar water digunakan sebelum menggunakan pembersih wajah lainnya. Dilansir Real Simplemicellar water bekerja untuk membersihkan wajah tanpa mengikis kelembapan atau merusak lapisan kulit dan membuatnya lebih sensitif.

Bahkan, beberapa jenis micellar water mampu menenangkan serta menghidrasi kulit selagi mengangkat sisa riasan maupun kotoran.

Memakai micellar water juga akan membantu mempermudah face cleanser untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Sehingga, wajahmu benar-benar bersih dan bebas dari berbagai masalah kulit.

Jika ingin mencoba menggunakannya, pilih micellar water yang memiliki konsistensi sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Perhatikan kandungannya untuk mencegah iritasi serta meningkatkan kesehatan kulit.

3 dari 6 halaman

4 Perawatan Dasar untuk Membuat Wajah Cerah dan Awet Muda

Dream - Melakukan perawatan kulit tidak selamanya membutuhkan tahapan yang panjang. Kamu hanya perlu melakukan perawatan dasar untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, pilih produk perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Sehingga, perawatan yang dilakukan lebih efektif.

Tidak semua produk bisa digunakan dengan cara yang sama. Beberapa di antaranya perlu diaplikasikan menggunakan kapas dan dipakai setiap hari.

Sedangkan sebagian lainnya hanya perlu diaplikasikan dengan tangan dan digunakan 1-2 kali dalam seminggu. Jadi, kamu perlu mengetahui karakteristik produknya terlebih dulu.

Sebelum menentukan produk yang akan dipakai, ketahui perawatan kulit dasar seperti dilansir dari Goop.com berikut ini.

4 dari 6 halaman

Membersihkan wajah

Membersihkan Wajah© Shutterstock

Pertama-tama, pastikan kulitmu benar-benar bersih dari sisa riasan, bakteri, dan kotoran lainnya. Gunakan milk cleanser atau micellar water berbasis minyak agar lebih mudah mengangkat riasan dan kotoran.

Lalu, pakai pembersih yang mengandung asam salisilat agar kamu bisa membersihkan sekaligus memgeksfoliasi dan menenangkan kulit. Beberapa orang yang berkulit kering hanya membasuh wajah dengan air di pagi hari untuk mempertahankan minyak alami kulit.

5 dari 6 halaman

Memakai toner

Toner atau essence bisa membantu membersihkan secara ekstra, mengeksfoliasi, menyeimbangkan pH kulit, serta menyamarkan pori-pori. Terdapat berbagai macam fungsi toner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Selalu perhatikan kandungan dan bahan aktif yang terdapat pada toner maupun essence agar tidak salah pilih serta menyebabkan kerusakan kulit.

Mengeksfoliasi kulit

Selanjutnya, lakukan eksfoliasi untuk memaksimalkan pembersihan dan mengangkat sel kulit mati. Lakukan 1-2 kali seminggu agar lebih aman untuk wajah.

Mengeksfoliasi kulit juga dapat menyamarkan tanda penuaan. Kamu bisa memakai chemical atau physical exfoliants agar lebih nyaman dan aman digunakan pada kulit.

6 dari 6 halaman

Memakai pelembap

Memakai Pelembap© Shutterstock

Setelahnya, gunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulit agar bisa memberikan hidrasi dan perlindungan kelembapan sesuai kebutuhan kulitmu.

Saat pelembap telah menyerap sempurna, kamu bisa menggunakan masker wajah atau tabir surya. Bila dibutuhkan, kamu bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin C atau bahan aktif lainnya sebelum memakai pelembap.

Beri Komentar