Tren Face Oil Herbal, Dokter Kulit Ingatkan Lebih Selektif

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 13 Januari 2022 19:12
Tren Face Oil Herbal, Dokter Kulit Ingatkan Lebih Selektif
Tak semua cocok menggunakannya.

Dream ─ Bagi Sahabat Dream para penggila skincare, mungkin akan selalu penasaran dengan produk-produk baru di pasaran. Salah satu yang kini sedang tren adalah face oil herbal.

Berupa olahan bahan herbal dalam bentuk minyak yang bisa digunakan untuk merawat wajah. Biasanya dikemas dalam botol kecil dengan pipet seperti serum. Diklaim dari bahan herbal, face oil ini cenderung dianggap aman digunakan dan bisa membuat kulit wajah jadi lebih mulus.

Faktanya tak selalu demikian. Dokter Arthur S., SpKK, lewat akun Instagramnya @dokterkulitkucom, memberi penjelasan soal efektivitas face oil herbal yang sangat bergantung pada beberapa faktor.

Memakai Face Oil© Shutterstock.com

" Tergantung apakah zat tersebut memang telah terbukti memiliki manfaat yang diharapkan. Tergantung kadar konsentrasi zat tersebut (rasion antara ekstrak tumbuhannya dan minyak). Tergantung dari metode ekstrasi yang digunakan," tulisnya.

 

 

1 dari 6 halaman

Menurutnya, hingga saat ini belum ada standarisasi yang mengatur soal minyak herbal. Efeknya pada kulit pun bisa sangat beragam.

Penggunaan Face Oil Selain di Kulit Wajah© MEN

" Beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi adalah iritasi kulit, jerawat, sakit kepala atau gangguan pernapasan bagi mereka sensitif terhadap bau-bauan," ungkapnya.

Dokter Arthur juga mengingatkan kalau memang ingin menggunakannya, pastikan tahu risikonya. Dalam memilih produk juga periksa izin edar serta tanggal kedaluwarsa. Bila muncul reaksi pada kulit seperti perih, panas atau gatal segera hentikan pemakaian.

 

Laporan Abinsha Nurmaulida Rizky

2 dari 6 halaman

Amankah Menggunakan Beberapa Jenis Serum dalam Sekali Pakai?

Dream - Meski skinimalism atau memakai skincare seminimal mungkin tengah menjadi tren saat ini, namun masih banyak orang yang menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit.

Bahkan, seseorang bisa menggunakan lebih dari satu serum dalam sekali pemakaian. Amankah kebiasaan tersebut untuk kesehatan kulit? Dilansir dari Skincare.com, Dermatologis, Robert Finney mengatakan bahwa hal tersebut tidak selamanya buruk.

Namun jika kamu menggunakan serum yang kurang tepat untuk kebutuhan, kulitmu akan bermasalah. Pemakaian serum yang bisa melembapkan dan mengandung antioksidan dengan bahan aktif seperti asam hyaluronat atau vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Sayangnya, serum tersebut bisa menyebabkan iritasi, beruntusan, dan penyumbatan pori-pori jika digunakan bersamaan dengan serum yang memiliki kandungan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat, serta bersifat comedogenic.

Akibatnya, kulitmu bisa mengering atau terlalu berminyak, serta mengalami iritasi. Jika ingin menggunakan serum yang mampu mengeksfoliasi dan mengandung asam glikolat atau retinol, jangan gunakan dalam waktu bersamaan.

3 dari 6 halaman

Cara mengetahui kapan harus mengurangi pemakaian serum

Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Rasa terbakar pada wajah saat mengaplikasikan serum atau produk kecantikan lainnya bisa menjadi pertanda jika kamu menggunakan terlalu banyak skincare.

Jika tidak segera diatasi, kulitmu bisa bersisik dan kemerahan. Terutama, jika wajahmu berjerawat. Cukup gunakan produk yang sedang benar-benar dibutuhkan agar perawatannya lebih efektif.

Hindari campuran serum yang mampu melembapkan dan mengeksfoliasi. Jika ingin mencampur serum, gunakanlah yang mampu melembapkan dan kaya antioksidan.

Kamu bisa menggunakan serum yang mengandung asam hyaluronat dan vitamin C atau peptides. Terutama, jika ingin menjaga lapisan pelindung kulit ketika beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

4 dari 6 halaman

Sunscreen vs Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama

Dream - Memakai sunscreen atau sunblock setiap hari hukumnya adalah wajib. Terutama bagi kamu yang selalu ingin menjaga kulit selalu sehat dan awet muda. Banyak sekali produk sunscreen dan sunblock yang beredar di pasaran dan banyak yang bingung saat memilihnya.

Sebenarnya baik sunscreen dan sunblock memiliki fungsi yang sama, yaitu melindungi kulit kita dari sinar UVA dan UVB berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan. Terutama ketika harus beraktivitas di luar ruangan.

Make Over Penampilan Penjual Sayur, MUA Malah Dikira Penipu

Lalu apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Dikutip dari PopSugar, perbedaan utamanya adalah sunscreen menyerap ke dalam kulit dan sunblock menetap di atas kulit.

" Sunscreen akan menyerap dan menyebar sebelum sinar matahari menembus kulit. Sementara sunblock, menetap di atas kulit kita dan memblokir sinar matahari dengan memantulkannya. Kedua produk tersebut bekerja dengan berbeda, walaupun memiliki perlindungan yang sama," ujar Ashley Magovern, MD, seorang dokter kulit, dikutip dari Real Simple

5 dari 6 halaman

Sunblock lebih efektif

Bila kamu membaca label belakang sunscreen dan sunblock, anda akan melihat perbedaan yang mengejutkan. Blair Murphy-Rose, MD, FAAD, dokter bedah kosmetik bersertifikat di New York, mengatakan banyak sunblock yang memiliki zinc oxide atau titanium dioxide. Zat-zat tersebut yang menjadi pelindung utama kulit dan sinar matahari yang berbahaya.

" Sunblock lebih efektif daripada 'saudaranya', sunscreen. Bahan aktif dari sunblock juga dianggap lebih aman bagi lingkungan," ujarnya.

Pengantin Alami Sakit Mata, Hasil Riasan MUA Bikin Melongo

Sementara sunscreen berisi bahan kimia seperti; avobenzone, octocrylene, homosalate, octisalate, octinoxate, oxybenzone, dan banyak lainnya. Formula tersebut memang menyediakan perlindungan matahari yang kita butuhkan, tapi masih terdapat potensi yang dapat merusak kulit. Sunscreen juga perlu lebih sering digunakan berulang dan lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk meresap ke dalam kulit.

 

6 dari 6 halaman

" Karena sunscreen tidak menciptakan perisai pelindung fisik, itu cenderung tidak memberikan perlindungan terhadap banyak kondisi yang disebabkan oleh sinar matahari seperti perubahan pigmentasi dan rosacea dibandingkan dengan sunblock," kata Murphy Rose.

Tidak Menggunakan Sunscreen© Shutterstock

Perubahan Wajah Amanda Manopo Usai Perawatan Rp45 Juta

Untuk mengetahui mana produk sunscreen atau sunblock, baca label di belakang kemasan. Bila ada formula zinc oxide dan titanium dioxide makan produk tersebut adalah sunblock. Untuk memilih sunscreen yang tepat cara yang memiliki broad-spectrum (yang berarti melindungi kulit terhadap UVA dan UVB).

Laporan: Anzila Riskia Putri

Beri Komentar