'Design Thinking' Melatih Pelajar SMA Bikin Inspiring Campaign

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 24 Agustus 2021 19:38
'Design Thinking' Melatih Pelajar SMA Bikin Inspiring Campaign
Kini info tentang design thinking mulai dikenalkan pada siswa-siswi.

Dream – Bukan cuma buat para mahasiswa dan mahasisiw saja, rupanya materi design thinking sudah mulai dikenalkan pada siswa dan siswi SMA sederajat.

Design thinking yang bertujuan membuat rancangan sebuah campaign produk dapat diberikan sedini mungkin agar mempermudah para calon campaign maker saat menjajal di dunia perkuliahan dan pekerjaan.

Sahabat Dream yang masih duduk di bangku SMA dan tertarik di dunia kreatif bisa banget ikutan ‘Hilo Teen Design Thinking Marathon’ 2021 yang merupakan program kompetisi pertama Nutrifood.

Tidak hanya kompetisi membuat kampanye inspiratif saja, tapi di ‘Hilo Teen Design Thinking Marathon’ 2021 juga ada pelatihan bagi siswa SMA sederajat dalam design thinking.

Acara ini berlangsung pada Agustus hingga November 2021 mendatang yang dapat diikuti siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia. Acara ini bertujuan untuk menciptakan generasi unggul yang sejalan dengan visi pemerintah Republik Indonesia (RI).

1 dari 5 halaman

Berpikir Kreatif dan Inovatif

‘Hilo Teen Design Thinking Marathon’ 2021© Dream.co.id/Angela Mihardja

“ Mengutip dari Tim Brown Ceo Ideo, design thinking merupakan cara berpikir untuk menghasilkan inovasi yang menghubungkan kebutuhan manusia, kemampuan teknologi, dan faktor untuk kesuksesan bisnis,” kata Susana, Head of Marketing Nutrifood Hilo pada Webinar ‘Hilo Teen Design Thinking Marathon’ Selasa, 24 Agustus 2021.

Susana menjelaskan bahwa istilah design thinking belum dikenal secara luas. Dengan demikian, Hilo Teen Design Thinking Marathon hadir untuk membuat siswa SMA berpikir secara sistematis, kreatif, dan empati untuk menciptakan solusi yang inovatif.

Didukung STB (Singapore Tourism Board) dan Pahamify, acara ini diharapkan bermanfaat bagi siswa SMA yang nantinya akan menempuh dunia perkuliahan, serta mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi tantangan di kehidupan sehari-hari.

2 dari 5 halaman

Sesuatu yang Relevan

Terdapat tiga topik yang diangkat sebagai dasar pembuatan karya. Pertama, healthy lifestyle. Pihak Nutrifood melihat banyak remaja tidak memperhatikan kesehatan mereka, padahal hidup sehat harus dimulai sejak dini untuk menentukan kondisi tubuh di hari tua.

Kedua, re-imagining travel in the future. Dengan kemunculan virus Covid-19 yang membatasi seluruh aktivitas, STB ingin siswa SMA dapat membayangkan bagaimana kondisi travelling di masa depan khususnya ke Singapura.

“ Kita mengajak masyarakat Indonesia menatap ke depan, membayangkan liburan ke Singapura,” kata Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director Indonesia (Jakarta) STB di kesempatan yang sama.

Firhan mengaku senang menjalin kolaborasi dengan Nutrifood, karena memiliki target yang sama dengan STB yaitu anak-anak muda. Menurutnya, design thinking merupakan sesuatu yang relevan dan dibutuhkan siswa SMA saat ini.

Ketiga, positive learning attitude. Hal ini menjadi salah satu yang paling penting, karena belajar dari rumah membuat siswa tidak dapat dipisahkan dengan teknologi digital terutama sosial media. Pahamify berharap siswa SMA dapat bertanggung jawab dalam belajar.

3 dari 5 halaman

Temukan Motivasi

Mohammad Ikhsan, Co Founder Pahamify atau aplikasi belajar online Indonesia yang menyenangkan, sempat menempuh S3 di Singapura. Saat itu, terdapat mata kuliah yang menuntut dirinya untuk berpikir bagaimana cara mengajar dengan baik.

Berawal dari situ, Ikhsan mengunggah video pembelajaran di Youtube. Kemudian 2018 lalu, mulai design thinking dengan menciptakan aplikasi Pahamify. Kini, tercatat jutaan siswa dan ribuan guru telah memanfaatkan aplikasi ini untuk belajar.

“ Kalau kelas 12, ada kelas online setiap harinya. Tahun lalu satu dari tiga siswa mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi, hanya dengan belajar menggunakan Pahamify,” kata Ikhsan kepada seluruh peserta Webinar yang hadir.

Melalui Pahamify, Ikhsan berharap agar visinya menumbuhkan kecintaan siswa dalam belajar itu dapat terwujud. Menurutnya, siswa perlu menemukan motivasi dan semangat belajar terlebih dahulu, sebelum berusaha memahami materi yang akan diserap.

4 dari 5 halaman

Hadiah yang Ditawarkan

Kompetisi bergengsi ini terdiri dari tiga tahap, yaitu Self Learning Workshop (25 Agustus-19 Oktober 2021), Mentoring Top 20 (minggu kedua Oktober 2021), dan Grand Final (minggu pertama November 2021).

“ Pemenang akan dinilai dari kreativitas dan sisi analisa,” jelas Susana.

Total hadiah ratusan juta akan dibagi ke dalam beberapa kategori.

Juara 1: Rp85 juta
Juara 2: Rp60 juta
Juara 3: Rp45 juta.

Disusul dengan juara favorit dengan total nilai Rp24 juta, top 10 uang tunai sebesar Rp2,5 juta, dan top 20 diberi hadiah voucher senilai Rp300 ribu untuk masing-masing tim.

Susana berharap bukan hanya hadiah yang menarik, melainkan semangat belajar itu sendiri.

 

5 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Ikutannya?

Bagi Sahabat Dream yang masih duduk di bangku SMA dan tergiur dengan penawaran ini, kamu dapat membentuk tim sejumlah empat orang dari sekolah yang sama. Kemudian, unduh aplikasi Pahamify untuk mendaftarkan diri.

Cari halaman ‘Hilo Teen Design Thinking Marathon’ pada kolom What’s on, atau buka website ini (www.hilo.co.id) untuk informasi selengkapnya.

Tenang saja Sahabat Dream, tidak ada biaya administrasi alias pendaftarannya gratis! Yuk daftar, tunggu apalagi?

Laporan: Angela Irena Mihardja

Beri Komentar