RISKA Menebar Dakwah Lewat KAIRO

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 15 Juli 2019 18:36
RISKA Menebar Dakwah Lewat KAIRO
Di pertemuan pertama kemarin membahas soal 'Dakwah Bersama Anak Muda'.

Dream – Komunitas Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA) melahirkan lagi satu program terbaru yang bisa Sahabat Dream ikuti. Sebelumnya RISKA sudah mempunya beberapa signature program seperti ANSOR (Anjangsana Sosial RISKA), PARIS (Pengajian Akhir Pekan RISKA), Sister Club Academy RISKA, dan masih banyak kali. 

Kali ini RISKA menghadirkan program KAIRO yang merupakan Kajian RISKA dengan kemasan dan konsep santai sambil nongkrong dan ngobrol bareng. Program ini lagir dari kesadaran anak muda yang memiliki peranan penting dalam pembangunan negara serta Islam lewat jalan dakwah.

Bertempat di Menteng Hawkers, Cikini, Jakarta, KAIRO untuk pertama kalinya digelar pada Minggu, 14 Juli 2019. Di edisi perdana ini, RISKA mengusung tema “ Bersamamu: Berjalan Seirama Mengisi Puzzle Dakwah”.

 RISKA

1 dari 5 halaman

Fokus menyebarkan bersama

Seperti diketahui, saat ini tak sedikit komunitas yang terbentuk dan mendedikasikan diri untuk menyebarkan kebaikan. Namun, menurut RISKA, masih banyak yang belum secara spesifik menentukan arah dakwahnya.

Untuk itu, KAIRO hadir untuk melengkapi. Harapannya agar anak muda di luar sana tertarik belajar agama serta menebarkan kebaikan bersama.

2 dari 5 halaman

Hadir juga pemateri Benazio Putra

Di acara kemarin, KAIRO dihadiri Benazio Putra atau yang terkenal dengan @benakribo di linimasa yang merupakan seorang YouTuber dan content creator. Bena sendiri menggunakan media sosial sebagai jembatan dalam berdakwah.

 RISKA

Hal-hal yang dibagikan Bena antara lain seputar teknologi, daily activity, parenting, serta tips dan trik baik itu tentang potensi diri maupun penggunaan media sosial.

3 dari 5 halaman

Wadah Memperdalam Ilmu

Tak cuma Bena, dalam KAIRO kemarin juga dihadiri Ustaz Weemar sebagai pembicara yang membahas tentang dakwah bersama komunitas di mana penting untuk membuat spesifik target serta program atau kurikulum yang sesuai dengan target dakwahnya.

 RISKA

Lewat acara ini, RISKA berharap bukan sekadar sarana dalam memperdalam ilmu, tetapi juga sebagai wadah dalam memperluas network. Padahal RISKA percaya bahwa kolaborasi antar komunitas dapat melebarkan visi dan misi suatu hal yang diangkat.

4 dari 5 halaman

Anjangsana RISKA Renovasi Pesantren Milik Pasutri

Dream – Meski Idul Fitri 1440 H telah berlalu, nuasa Lebaran masih begitu terasa. Semangat Hari Kemenangan inilah yang tetap dijaga Komunitas Remaja IslamSunda Kelapa (RISKA) lewat aktivitas rutin ANSOR (Anjangsana Sosial RISKA).

ANSOR sendiri merupakan kegiatan sosial yang biasa dilakukan RISKA di antaranya adalah renovasi pesantren, pelatihan kewirausahaan, pemberian modal usaha, pemberian bingkisan Ramadhanpengobatan gratis, lomba untuk santri, yang diikuti dengan tausiah dan buka puasa bersama.

  RISKA

Di tahun ini RISKA memilih Pesantren Ibtidaul Hasan yang berlokasi di Desa Kebasiran Kecamatan Pagedangan, Tangerang, sebagai salah satu lokasi aktivitas sosialnya. Di tempat ini, RISKA memberi bantuan renovasi bangunan pesantren agar layak digunakan masyarakat setempat.

5 dari 5 halaman

Kondisi Memprihatinkan Pesantren

Pada kegiatan di akhir Mei 2019, tim RISKA dalam perbincangan dengan Dream mengungkapkan pesantren yang berdiri sejak 1990 itu dikelola pasangan suami istri yang berpenghasilan pas-pasan.

Namun di tengah keterbatasannya, mereka mendedikasikan hidup dan harta untuk para santri yang saat ini berjumlah sekitar 147 orang dengan 40 santri yang tinggal di sana.

  RISKA

Berada di pingiran kota tak menjamin kondisi yang memadai di pesantren ini. Beragam fasilitas untuk para santri masih jauh dari kata layak, terutama pada bangunan pesantren.

  RISKA

Kondisi kamar para santri pun sungguh memprihatinkan. Bangunan yang tersedia hanya berupa berupa dinding dari anyaman bambu berukuran sekitar 1,25 x 1,25 meter yang ditempati dua hingga tiga anak santri.

ANSOR yang merupakan bagian dari rangkaian ‘Ramadhan Bersama RISKA (RBR) 2019’ ini bertujuan untuk menyemarakan bulan suci Ramadan dengan berjuta kebaikan.

  RISKA

Sekadar informasi, rangkaian RBR diawali dengan Tarhib Ramadhan Fun O Rama yang digelar pada 28 April 2019 lalu dengan menghadirkan funwalk, kompetisi Archery War, talkshow inspiratif bersama Natta, Wardah Maulia dan Ayu Momalula, penampilan Volaris RISKA, tausiyah bersama Ustad Rifky Jafar dan Mario Irwinsyah.

  RISKA

Acara Tarhib Ramadhan ini, ditutup dengan penampilan dari Chiki Fawzi yang semakin memeriahkan suasana.

  RISKA

Helatan RBR 2019 ini bertujuan mempersatukan dan menjalin silaturahim antar sesama dan berharap agar dapat merapatkan shaf untuk meraih berjuta kebaikan di Bulan Suci Ramadan.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya