ODOJ Pandeglang: Sempurna Baca Alquran dengan Ilmu Tahsin

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 9 Februari 2018 12:15
ODOJ Pandeglang: Sempurna Baca Alquran dengan Ilmu Tahsin
Umat Islam sangat disarankan untuk memperdalam ilmu tahsin agar dapat membaca Alquran secara sempurna.

Dream - Alquran tidak bisa dan tidak boleh dibaca dengan sekehendak hati kita. Jika terjadi kesalahan membaca huruf Alquran sedikit saja, hal itu bisa membuat maknanya melenceng dari yang seharusnya.

Oleh sebab itu, seorang Muslim dituntut untuk mempelajari ilmu tahsin. Ini agar setiap Muslim dapat membaca Alquran dengan benar.

Tahsin berasal dari kata 'hassana-yuhassinu' yang maknanya 'membaguskan'. Penguasaan ilmu ini sangat dianjurkan, merujuk pada Surat Al Baqarah ayat 121.

Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

Ayat ini memuat anjuran untuk membaca Alquran dengan menerapkan prinsip ‘haqqa tilawah’ yakni membaca dengan sebenar-benar bacaan sebagaimana ketika ia diturunkan merupakan refleksi dari keimanan terhadap Kitab yang diturunkan oleh-Nya.

Oleh sebab itu, umat Islam sangat disarankan untuk memperdalam ilmu tahsin agar mampu membaca Alquran secara sempurna.

 shutterstock© dream.co.id

Tak semudah membalikkan telapak tangan, menguasai tahsin Alquran butuh waktu dan proses. Atas dasar itu, komunitas One Day One Juz (ODOJ) Pandeglang mengajak seluruh Sahabat Dream untuk ikutan Ngaji On The Street (Ngaos) dan Tahsin Alquran pada Minggu, 18 Februari 2018 mendatang.

Bertempat di Pancaniti Alun-alun Pandeglang, Ngaos akan dimulai pukul 07.30 WIB sampai selesai bersama Ustaz Jiman selaku pengajar tahfidz.

Yuk, berlatih tahsin dan gabung bersama ODOJ Pandeglang sekarang juga. Daftarkan diri kamu di sini.

 

A post shared by One Day One Juz (@onedayonejuz) on Feb 7, 2018 at 11:36pm PST

Kirimkan informasi kegiatan komunitas kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

Beri Komentar