11 Manfaat Bayam Merah dan Hijau sebagai Sayur dan Jus

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Jumat, 27 Desember 2019 10:12
11 Manfaat Bayam Merah dan Hijau sebagai Sayur dan Jus
Bayam memiliki sifat anti-karsinogenik karena memiliki kandungan flavonoid.

Dream - Bayam merupakan jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain karena pengolahannya yang mudah, bayam juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Masyarakat biasanya mengolah bayam menjadi jus, tumis bayam, bening bayam, dan lain sebagainya. Bayam memiliki sifat anti-karsinogenik karena memiliki kandungan flavonoid.

 11 Manfaat Bayam Merah dan Hijau sebagai Sayur dan Jus© Dream

Selain itu bayam juga mengandung mineral dan vitamin yang cukup lengkap. Kandungan dalam bayam membuat sayuran ini memilki banyak manfaat untuk kesehatan. Penasaran dengan apa saja manfaat bayam bagi tubuh? Berikut kami berikan informasinya!

1 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Bayam

Bayam merupakan jenis sayur yang banyak diolah sebagai makanan sehari-hari. Tentunya banyak manfaat bayam yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsinya. Penasaran apa saja manfaat bayam? Berikut kami berikan manfaat bayam untuk kamu!

Menjaga Kesehatan Kulit

 Cegah Penuaan dengan Ultherapy dan Baby Stem Cell© MEN

Manfaat bayam yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Bayam mengandung vitamin A yang baik untuk memberikan retensi kelembapan yang sesuai pada epidermis. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari masalah keriput, jerawat, psoriasis, dan sebagainya. Bagian kulit juga akan selalu terlihat sehat.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat bayam berikutnya yang harus kamu ketahui adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Jika kebutuhan vitamin K dalam tubuh tidak terpenuhi, maka akan meningkatkan risiko patah tulang. Mengonsumsi bayam dapat mencegah hal tersebut. Bayam mengandung vitamin K yang berfungsi untuk membantu tulang menyerap kalsium. Dengan begitu tulang akan menjadi lebih kuat dan sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat bayam yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Beberapaa orang mungkin menganggap wortel sebagai satu-satunya sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Padahal bayam juga memiliki manfaat yang sama. Bayam mengandung karotenoid seperti zeaxanthin, beta-karoten, dan lutein yang dapat mencegah penyakit mata karena usia.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bayam Merah

Salah satu jenis bayam yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah bayam merah. Banyak orang mungkin belum terlalu familiar dengan bayam satu ini. Untuk itu berikut kami berikan manfaat bayam merah yang wajib kamu ketahui!

Membantu Perkembangan Janin

 5 Perubahan Unik Pada Payudara Saat Hamil© MEN

Bayam merah ternyata memiliki khasiat untuk ibu hamil, loh! Manfaat bayam untuk ibu hamil adalah dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin pada bayam merah baik untuk memenuhi nutrisi tubuh ibu hamil.

Bayam merah juga mengandung betain dan folat yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Dengan mengonsumsi bayam merah, risiko bayi terlahir cacat akan menurun.

Mengobati Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat mengganggu rutinitas harianmu. Hal ini dapat membuat kepala terasa sakit dan tubuh menjadi lebih lemas. Salah satu manfaat bayam merah yaitu untuk mengatasi masalah anemia.

Kandungan zat besi yang cukup banyak pada bawang merah dapat membantu melancarkan aliran darah ke sistem tubuh. Kamu bisa mengonsumsi bayam merah secara rutin untuk memurnikan darah dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan infeksi pada usus yang menyebabkan diare. Masalah ini cukup membuat ngeri karena diare yang terjadi disertai darah atau lendir. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba manfaat bayam merah. Jenis sayuran ini mengandung antosianin yang dapat membasmi bakteri penyebab disentri. Selain itu serat larut dalam bayam merah mampu menyerap air dan membersihkan saluran pencernaan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bayam Hijau

Bayam yang sering kita konsumsi adalah jenis bayam hijau. Sayuran ini memang sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. Namun apakah kamu sudah mengetahui manfaat bayam hijau bagi tubuh? Jika belum, simak manfaat bayam hijau yang kami berikan untuk kamu!

Mencegah Osteoporosis

 Osteoporosis Bisa Serang Usia Muda© MEN

Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia. Dengan mengonsumsi bayam, kamu dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Kandungan bayam berguna untuk mengubah matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi jumlah kalsium yang keluar tubuh melalui urine.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kunci dari tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit adalah memiliki kekebalan tubuh yang baik. Salah satu manfaat bayam adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bayam mengandung banyak vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Menguatkan Otot

Manfaat bayam berikutnya adalah dapat menguatkan otot. Faktor C0-Q10 membuat bayam memiliki manfaat antioksidan pada tubuh. Antioksidan dapat membuat otot lebih kuat, terutama otot jantung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Bayam

Banyak jenis olahan bayam yang memudahkan kita untuk mengonsumsinya. Salah satunya yaitu jus bayam. Olahan ini tentunya memiliki manfaat tersendiri, loh! Penasaran dengan manfaat bayam sebagai jus? Berikut kami berikan informasinya untuk kamu!

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

 Tanda Kehamilan: Detak Jantung dan Morning Sickness© MEN

Salah satu manfaat bayam adalah untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan mineral dan serat yang banyak pada bayam dapat menurunkan tekanan darah dan menghalangi pembentukan plak pada pembuluh darah. Dengan begitu risiko tubuh terserang penyakit jantung akan menurun.

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bayam selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko kanker pada tubuh. Bayam mengandung lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi untuk membasmi radikal bebas pada tubuh. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin, kamu dapat menurunkan risiko kanker pada tubuh. (mut)

 

(Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna