7 Manfaat Bayam Brazil yang Baik untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 26 November 2021 06:12
7 Manfaat Bayam Brazil yang Baik untuk Mengatasi Berbagai Penyakit
Manfaat bayam brazil bisa untuk mencegah kanker, jaga kesehatan mata hingga menguatkan tulang.

Dream – Siapa sih yang tak kenal dengan bayam? Sayuran yang satu ini sudah sangat familiar di semua kalangan usia. Rasa nikmat dan manfaat yang melimpah membuat bayam jadi salah satu sayuran favorit.

Namun ada jenis bayam yang masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia, yaitu bayam Brazil atau Brazillian spinach. Dari namanya saja sudah diketahui bahwa bayam Brazil adalah spesies sayuran yang berasal dari negara pengusaha sepakbola di Amerika Selatan, Brazil. Bayam Brazil berasal dari famili Amaranthacea yang terdiri dari berbagai jenis tanaman bayam. Biasanya tinggi bayam Brazil mencapai 50 centimeter dengan daun renyah tak berlendir yang lebarnya berkisar antara 2 sampai 3,5 centimeter.

Karena masih asing, bayam Brazil juga masih jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat bayam Brazil sangat banyak. Meski agak pahit, manfaat bayam Brazil yang bisa diperoleh orang yang menyantapnya membuat sayuran ini layak dikonsumsi.

Manfaat bayam Brazil bisa untuk mencegah kanker, jaga kesehatan mata dan menguatkan tulang. Selain itu masih banyak lagi manfaat bayam Brazil bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat bayam Brazil? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Mencegah Kanker

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat bayam Brazil yang perlu diketahui, pertama adalah mampu mencegah penyakit kanker. Kandungan sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) and monogalactosyl diacylglycerol (MGDG) pada bayam Brazil dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Bayam Brazil juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah risiko kanker. Konsumsi rutin bayam Brazil mampu mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

© Dream
2 dari 7 halaman

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat bayam Brazil yang kedua adalah mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan hasil dari proses metabolisme tubuh. Radikal bebas menyebabkan tekanan oksidatif yang mana bisa mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko kanker dan kencing manis.

Tentu saja kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam mampu melawan radikal bebas serta mengurangkan risiko penyakit tersebut.

3 dari 7 halaman

3. Bagus untuk Kesehatan Mata

Manfaat bayam Brazil yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan mata. Bayam Brazil mengandung zeaxanthin dan lutein, yaitu komponen karotenoid yang memberi warna dalam sayur-sayuran.

Zeaxanthin dan lutein mampu mengurangkan risiko degenerasi makula dan katarak yang merupakan penyebab utama kebutaan. Kedua komponen tersebut juga dapat menangkis sinar biru yang menyebabkan kerusakan retina.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam bayam Brazil juga penting bagi kesehatan mata lantaran ia merupakan komponen bagi rhodopsin, yaitu sejenis protein dalam mata yang membolehkan kamu melihat dalam keadaan cahaya yang rendah.

© Dream
4 dari 7 halaman

4. Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat bayam Brazil yang cocok untuk kamu yang sedang diet adalah karena kemampuannya bisa membantu menurunkan berat badan. Sayuran berwarna hijau ini kaya akan serat yang membantu tubuh untuk mengawal porsi makanan dan berasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan vitamin K yang tinggi dalam bayam Brazil membantu proses pembekuan darah dan juga penting bagi kesehatan tulang dan jantung.

5 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi© shopee.co.id

Tak hanya bagus untuk mata, manfaat bayam Brazil juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A pada bayam Brazil berperan penting untuk meningkatkan sel darah putih.

Sel darah putih memainkan peranan penting dalam melawan penyakit atau virus yang menyerang tubuh kita.

© Dream
6 dari 7 halaman

6. Menyembuhkan Sembelit

Manfaat bayam Brazil yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah bisa mengatasi sembelit. Bayam mengandung serat tinggi, selain menurunkan berat badan serat juga bisa menyembuhkan sembelit yang kamu alami.

Bayam mengandung serat tidak larut yang bersifat tidak larut dalam air. Serat ini dapat melembutkan kotoran serta melancarkan proses buang air besar.

7 dari 7 halaman

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bayam Brazil yang selanjutnya adalah mampu mengatasi tekanan darah tinggi. Darah tinggi adalah penyakit yang menyebabkan komplikasi dan juga penyebab kematian jika tidak diatasi.

Kandungan nitrate dalam bayam berperan mencegah tekanan darah tinggi serta mengurangkan risiko penyakit jantung. Diketahui, bayam adalah salah satu sumber makanan yang mengandungi kandungan nitrate yang tinggi.

Tak hanya itu, kandungan asid folik dalam bayam juga membantu melebarkan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

© Dream
Beri Komentar