5 Jenis Makanan yang Bisa Membuatmu Tidak Mudah Lapar Saat Puasa

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 14 April 2021 19:33
5 Jenis Makanan yang Bisa Membuatmu Tidak Mudah Lapar Saat Puasa
Konsumsilah makanan ini saat sahur atau berbuka puasa agar tidak makan berlebihan.

Dream - Berpuasa selama kurang lebih 14 jam akan membuatmu lebih sering dehidrasi dan kelaparan. Terutama, di siang hari saat bekerja di dalam maupun luar ruangan.

Oleh karena itu, kamu perlu memilih makanan yang tepat agar bisa merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah haus. Biasanya, makanan yang bisa membuatmu kenyang lebih lama memiliki protein, serat dan kadar air tinggi serta rendah kalori.

Sehingga, mengonsumsi makanan tersebut tidak akan membuat berat badanmu mudah naik. Tapi, justru membuatmu lebih berenergi ketika beraktivitas.

Dilansir Healthlineberikut jenis makanan yang bisa membuatmu kenyang lebih lama saat puasa.

1 dari 2 halaman

Kentang rebus

Kentang merupakan jenis karbohidrat yang mampu membuatmu lebih kenyang dan bernutrisi. Jika dimasak dengan kulitnya, kentang dapat memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, vitamin C serta potasium.

Bahkan, kentang juga mengandung kadar air, karbohidrat, serat serta protein tinggi dan hampir bebas lemak. Sehingga, kentang sangat sehat dan tepat untuk dikonsumsi saat sahur agar bisa kenyang lebih lama.

Telur

Jika ingin memenuhi kebutuhan protein dengan mudah, telur adalah jawabannya. Penelitian juga membuktikan bahwa telur bisa menekan jumlah kalori yang dikonsumsi hingga 36 jam.

Sehingga, kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan memenuhi nutrisi harian tanpa harus mengonsumsi terlalu banyak makanan.

2 dari 2 halaman

Sup

Konsumsilah sup jika ingin memenuhi kebutuhan cairan, nutrisi dan mengenyangkan meski kalorinya rendah. Kamu bisa menambahkan sayuran favorit seperti wortel, brokoli, buncis dan lain-lain agar lebih bernutrisi.

Daging

Daging sangat tinggi protein, sehingga mampu membuatmu kenyang lebih lama. Bahkan, penelitian membuktikan bahwa daging mampu membuatmu lebih kenyang daripada ikan. Jadi, kamu tidak akan makan berlebihan saat mengonsumsi daging.

Kacang-kacangan

Jika tidak ingin mengonsumsi daging atau telur, konsumsilah kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan protein dan merasa lebih kenyang.

Kamu bisa mengonsumsi kacang tanah, pistachio dan jenis lainnya saat sahur agar lebih berenergi saat beraktivitas seharian.

Beri Komentar