7 Makanan yang Harus Ada Saat Lebaran, Indonesia Punya!

Reporter : Glugut Hari Pamungkas
Senin, 19 Juni 2017 10:30
7 Makanan yang Harus Ada Saat Lebaran, Indonesia Punya!
Ini nih menu khas Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu saat perayaan Idul Fitri.

Dream - Lebaran selalu jadi momen seru untuk berkumpul bersama keluarga besar atau kerabat. Apalagi dengan kehadiran makanan yang wajib disajikan di atas meja makan. Ini nih menu khas Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu saat perayaan Idul Fitri.

Ketupat

Lebaran terasa kurang lengkap tanpa adanya ketupat. Dijadikan pengganti nasi, makanan berbahan beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa muda atau janur, ini kemudian dikukus hingga padat. Biasanya ketupat ini akan dipotong-potong dan disajikan bersama hidangan wajib lainnya seperti opor ayam.

Opor Ayam

Opor jadi menu wajib saat Lebaran tiba. Nikmatnya potongan daging ayam kampung yang empuk, berpadu dengan gurihnya santan yang membuat hidangan ini selalu dicari. Selain berbahan ayam dan santan, opor ayam juga diracik dengan berbagai rempah-rempah yang menjadikan aromanya sangat menggoda.

Sambal Goreng Kentang

Selain ketupat dan opor ayam, sambal goreng kentang biasanya selalu hadir di atas meja makan di Hari Raya Lebaran. Sensasi pedas ditambah potongan jeroan ayam dan pete, membuat rasa hidangan ini semakin sedap.

Rendang

Menu makanan ini sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia, bahkan kepopulerannya makin meluas setelah sempat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang umumnya dimasak dalam waktu lama dengan menggunakan bahan dasar daging sapi, santan, dan aneka rempah. Tapi kini, rendang juga dapat dibuat dari daging ayam,  paru, jamur hingga bebek.

Sayur Labu Siam

Didominasi masakan berbahan dasar daging, sayur labu siam hadir memberikan rasa gurih dan pedas, yang membuat makan jadi lebih lahap. Hidangan berkuah yang satu ini biasanya dibuat dari irisan tipis labu siam, tahu, tempe, bahkan telur maupun udang yang membuat citarasanya semakin gurih.

Semur

Mencari menu yang tidak bersantan? Semur bisa jaid pilihan yang tepat. Makanan yang diramu dengan bahan daging sapi atau ayam, kentang, tahu, dan kecap manis ini ternyata berasal dari Belanda. Rasa manis dan gurih berpadu cantik dengan asam dari tomat. Makin lezat disantap bersama nasi putih hangat, sambal, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

Kue kering

Selain makanan-makanan berat, Lebaran selalu identik dengan toples-toples kue kering untuk menyambut para tamu. Aneka kue kering yang biasa dihidangkan meliputi kastengel, nastar dengan isian selai nanas, dan putri salju dengan taburan gula putih di atasnya.

Makanan-makanan ini memang dapat menambah kemeriahan Lebaran. Tapi hindari mengonsumsinya berlebihan, karena kandungan lemak dan santannya  dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya panas dalam. Kondisi tubuh saat mengalami panas berlebihan di saluran pencernaan ini ditandai dengan gejala-gejala seperti sariawan, bibir pecah-pecah, sembelit, tubuh mudah lelah, dan sakit tenggorokan.

Untuk mengatasinya, minum Larutan Penyegar Cap Badak. Selain memiliki rasa original dan buah-buahan yang menyegarkan, produk dari Sinde ini juga dibuat dari bahan herbal Gybsum Fibrosum dan Galcareus Spar yang telah dipercaya turun temurun untuk meredakan gejala panas dalam. Diproses dengan teknologi modern, Larutan Penyegar Cap badak telah mendapat sertifikat halal dan aman dikonsumsi untuk semua usia.

Larutan Penyegar Cap Badak© Larutan Penyegar Cap Badak

 

Facebook.com/larutanpenyegar

Dari ketujuh makanan khas Lebaran ini, mana yang jadi favoritmu?

Beri Komentar