Aksi Gordon Ramsay Bikin Omlet Rendang, Bikin Lapar!

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 30 Juni 2020 15:12
Aksi Gordon Ramsay Bikin Omlet Rendang, Bikin Lapar!
Ia sampai datang ke Sumatera Barat untuk belajar masak rendang.

Dream - Celebrity Chef asal Inggris, Gordon Ramsay, beberapa waktu lalu menginjakkan kakinya ke Sumatera Barat (Sumbar), Indonesia. Bersama tim National Geographic, juru masak yang dikenal dengan mulut 'pedasnya' saat jadi juri ini, sengaja datang ke Sumbar untuk belajar masak rendang.

Seperti yang kita tahu, rendang pernah mendapat predikat dari CNN, makanan terenak di dunia. Hal ini membuat Ramsay penasaran bagaimana membuatnya.

Didampingi oleh William Wongso, ahli kuliner Indonesia, Ramsay menjelajah Sumbar dan belajar memasak rendang langsung dari ahlinya.

Tak hanya itu, Ramsay bahkan mengembangkan resep menggunakan bumbu rendang, yaitu omlet rendang. Perpaduan rasa gurih dan pedas dengan tekstur telur yang lembut membuat hidangan ini bikin penasaran.

 

1 dari 4 halaman

Bahan untuk Memasak Omlet Rendang

Ramsay juga membuat video khusus di YouTube channelnya. Sahabat Dream bisa membuat sendiri di rumah karena bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

 Omlet Rendang ala Gordon Ramsay© Ramsay

Antara lain bawang putih, bawang merah, jahe, bumbu rendang, ikan bilis/ ikan teri asin, cabai merah dan telur bebek.

 

2 dari 4 halaman

Lihat Videonya

Uniknya lagi, Ramsay masak omlet di atas kompor tungku tanah liat. Aroma asapnya tentu memperkaya rasanya.

" Omlet ini sangat lezat, rasa yang kaya, teksturnya, sangat otentik dan pedas," kata Ramsay. Segera bikin di rumah omlet rendang ala Ramsay!

3 dari 4 halaman

Masak Steak di Rumah? Ingat Pesan Chef Gordon Ramsay

Dream - Menyantap steak di restoran jadi hal yang saat ini sulit dilakukan, karena penerapan social distancing. Meski demikian Sahabat Dream tetap bisa membuat steak sendiri di rumah.

Gordon Ramsay, Chef ternama asal Inggris, membagi beberapa trik untuk membuat steak nikmat ala rumahan. Pertama, Gordon mengingatkan untuk jangan langsung mengolah daging yang disimpan dalam lemari es.

 Masak Steak di Rumah? Ingat Pesan Chef Gordon Ramsay© MEN

" Keluarkan daging dari lemari es dan diamkan selama setidaknya 10 menit sebelum memasaknya. Hal ini akan mempengaruhi tekstur daging," ungkap Gordon.

Kedua, bumbui secukupnya jangan berlebihan. Cukup dengan lada dan garam atau sedikit rempah bubuk. Jangan terlalu tebal apalagi sampai melimpah.

" Kita akan kehilangan 35% dari bumbu yang tebal saat itu diolah di pan atau panggangan. Cukup bumbui, diamkan sampai meresap, bisa semalaman kemudian olah," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Bumbu dan Warna

Ia juga mengingatkan untuk memperhatikan warna daging saat memasak steak. Pastikan membuat daging steak yang pas, perhatikan perubahan warnanya, jangan sampai terlalu gelap, karena akan keras.

 Steak© Shutterstock

Chef Gordon juga punya tiga bumbu andalan saat mengolah steak. Yaitu bawang putih, thyme, dan rosemary.

" Cukup hancurkan, lalu masukkan ke steak yang sedang di pan-seared, aromanya akan jauh lebih harum," ungkapnya.


Laporan Cindy Azari/ Sumber: Walesonline

Beri Komentar