Awas Bikin Lapar, Kini Ada Dupa Aroma Ayam Goreng

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 24 Januari 2023 18:48
Awas Bikin Lapar, Kini Ada Dupa Aroma Ayam Goreng
Rupanya tim dari KFC Thailand tertantang untuk mengembangkan ayam goreng jadi produk baru.

Dream - KFC Thailand baru-baru ini bekerja sama dengan beberapa ahli wewangian untuk membuat dupa. Dupa ini bukan hanya untuk wewangian tapi juga bisa dimakan, aromanay juga sama dengan aroma ayam goreng KFC saat dinyalakan.

Resep rahasia Kolonel Sanders yang mengandung 11 bumbu dan rempah terkenal sulit ditiru di dapur, apalagi diterapkan pada dupa. Rupanya tim dari KFC Thailand tertantang untuk mengembangkannya jadi produk baru.

Bermitra dengan sejumlah pakar wewangian, KFC Thailand berhasil menghadirkan formulasi dupa yang tidak hanya terlihat cukup enak untuk dimakan, tetapi juga mengeluarkan aroma yang sama dengan ayam goreng KFC.

Wansiri, CCO (Chief Communication Officer) dari perusahaan pemasaran Wunderman Thompson Thailand, mengatakan bahwa tujuan dari proyek unik ini adalah untuk membuat merek KFC menjadi perhatian publik pada Tahun Baru Imlek dengan memanfaatkan tradisi berusia berabad-abad, yaitu menyalakan dupa.

Dupa KFC© KFC Thailand

Membuat dupa ayam goreng ternyata jauh lebih menantang dari yang diperkirakan tim sebelumnya. Mereka tidak harus meniru 11 resep bumbu dan rempah KFC, tetapi harus mengandalkan penyedap makanan untuk mencapai tujuan mereka. Untuk melakukan ini, KFC Scent bekerja sama dengan Sense Laboratory Co.,Ltd. dan Dupa Klinkasem.

 

1 dari 5 halaman

Tampilan dan tekstur dupa yang unik ini juga cukup sulit untuk dibuat, karena harus terlihat sedap seperti baunya. Hasilnya, seperti ayam olahan yang ditempel di lidi dupa.

Dupa KFC© KFC Thailand

Penasaran ingin membakarnya dan jadi wewangian di rumah? Kamu tidak bisa membelinya, karena dupa KFC dibagikan secara khusus. Ada syarat khusus dan hanya bisa diperoleh oleh undian. Jadi, tidak semua orang bisa mendapatkannya.

 

Sumber: OddityCentral

2 dari 5 halaman

Sajian Ayam Goreng Tak Keras, Simak Triknya

Dream - Menu ayam goreng termasuk sajian favorit banyak orang. Saat hangat, ayam goreng memang sangat nikmat. Sebaliknya saat dingin, tekstur ayam cenderung keras atau alot.

Ayam yang keras tersebut akhirnya jadi mubazir dan terbuang percuma. Sahabat Dream sering mengalami masalah ini saat masak ayam? Sebenarnya ada trik tertentu untuk membuat ayam goreng tidak keras. Yuk, simak.

Sajian Ayam Goreng Tak Keras, Simak Triknya© MEN

Jangan Terlalu Lama Digoreng
Satu hal pertama kali kita lakukan ketika hendak menggoreng ayam adalah diungkep terlebih dahulu dengan bumbu. Proses ini sebenarnya secara tak langsung sudah mematangkan ayam.

Nah, ketika memasaknya, kamu tak perlu menggorengnya dalam waktu yang lama. Cukup goreng ayam dengan minyak panas, api besar sebentar, lalu angkat. Jika terlalu lama digoreng justru akan membuat tekstur ayam goreng lebih keras.

 

3 dari 5 halaman

Hindari Menggoreng Dua Kali
Seringkali, ketika ada ayam goreng sisa yang hendak dihangatkan kita goreng lagi. Cara ini justru membuat ayam makin keras. Maka dari itu, jangan terlalu banyak menggoreng ayam sehingga meninggalkan sisa. Jika memang ada sisa ayam goreng, kamu bisa mengolahnya jadi makanan lain seperti nasi goreng ayam suwir atau sejenisnya.

Ayam goreng kremes© Shutterstock

Perhatikan Jenis Ayam yang Akan Digoreng
Di pasaran, yang paling sering kita jumpai adalah ayam boiler dan ayam kampung. Ayam Kampung memiliki tekstur yang lebih alot, namun dagingnya lebih gurih. Jika kamu ingin ayam yang lebih lunak dan tebal, kamu bisa memilih ayam boiler. Hanya saja, rasanya lebih tawar, dan perlu bumbu yang beragam untuk mengolah ayam boiler.

Selengkapnya baca di Diadona.id

4 dari 5 halaman

Cerita Kenikmatan Ayam Goreng Korea Berlumur Bumbu Khas

Dream - Ayam tepung gurih lalu berlumur bumbu lengket dengan cita rasa manis dan pedas dengan taburan wijen kerap hadir di banyak serial drama Korea. Bukan untuk makan nasi, tapi dijadikan camilan untuk bersantai.

Mungkin Sahabat Dream juga sangat menyukai menu satu ini. Banyak kedai Korea bermunculan di Indonesia yang menyajikan menu ayam goreng Korea. Seperti yang kita tahu, ayam goreng tepung dengan bumbu gurih merupakan hidangan khas Amerika Serikat.

Lalu bagaimana bisa begitu populer di Korea dengan bumbu khasnya? Dulu, olahan ayam di Korea hanya dengan direbus dan dicampur ginseng. Dikutip dari Korea Herald, lalu pada akhir 1960-an ketika Myeongdong Yeongyang Center di Seoul dibuka, mulai dijual ayam utuh yang dipanggang dalam oven listrik.

Korean Chicken© Pixabay

Ayam goreng tepung mulai populer di Korea pada 1970-an seiring dengan pertumbuhan ekonomi, munculnya minyak goreng, dan peningkatan pesat dalam peternakan ayam.
Rumah makan ayam goreng modern pertama adalah Lims Chicken, dimiliki dan dijalankan oleh Shinsegae Department Store, didirikan pada 1977.

 

5 dari 5 halaman

Popularitas ayam goreng tepung di Korea semakin melambung setelah kedatangan Amerika Kentucky Fried Chicken pada 1984. Mulai 1982, ayam goreng tepung khas Korea muncul dengan yaitu Chicken Pelicana.

Korea Chicken© Shutterstock

Ayam bukan hanya digoreng tepung tapi juga dilapis dengan saus pedas dan manis, yang sekarang dikenal dengan sebutan “ chicken yangnyeom (berbumbu)”. Setelah itu muncul berbagai kedai ayam goreng Korea. Mulai tahun 2000, pilihan bumbu ayam makin beragam. Mulai dari barbekyu, saus lada hidam, juga dengan topping daun bawang, keju dan bawang putih.

Hal yang membedakan ayam goreng Korea dan Amerika adalah adalah bumbu, adonan tepung, dan teknik menggoreng ayamnya. Dikutip dari Kmall24, orang Korea telah menemukan perbandingan yang sempurna antara garam, gula, bawang putih, jahe, bawang merah, merica, dan sedikit gochugaru (serpihan cabai merah Korea) untuk melapisi dan mengasinkan ayam.

Teknik menggorengnya, dilakukan dua kali. Hal ini membuat ayam renyah, mengunci rasa dan tidak menggumpal. Menggoreng ayam dua kali juga membantu menghilangkan lemak dari kulit, membuatnya lebih tipis, renyah, dan kenyal.

 

Beri Komentar