Awas Kalap, Tersaji 40 Jenis Masakan Bukittinggi Kaya Rempah

Reporter :
Jumat, 1 Maret 2019 13:00
Awas Kalap, Tersaji 40 Jenis Masakan Bukittinggi Kaya Rempah
Bebek cabai hijau, gulai usus, bebek rendang dan dendeng batokok serta banyak menu lainnya siap dilahap.

Dream - Masakan dari Sumatera Barat tampak selalu memiliki tempat di lidah banyak orang. Kenikmatan rasanya tak perlu diragukan lagi. Terutama masakan dari daerah Bukittinggi yang terkenal dengan nasi kapaunya.

Bagi warga Jakarta, bisa mencicipi menu nasi kapau di Jalan Kramat Raya, kawasan Senen, Jakarta Pusat. Salah satu kedai yang sangat terkenal adalah kedai Uni Upik. Kedai ini menyajikan 40 jenis masakan khas Bukittinggi yang kerap bikin kalap.

Daging rendangnya, misalnya, disebut empuk dan lezat. Tetapi, menu lain seperti gulai kepala ikan, telur dadar, gulai usus, tunjang, jengkol, udang balado, dan ayam bakar tak kalah menggoyang lidah.

Ada juga menu bebek cabai hijau, sup iga sapi, bebek rendang dan dendeng batokok. Menu daging bebek memang sangat jarang ditemui di warung maupun restoran nasi Padang.

Di warung nasi ini, daging bebek ada yang disajikan dengan cabai hijau dan ada juga yang dimasak dengan bumbu rendang. Sementara, dendeng batokok dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang diiris tipis melebar.

Sesuai namanya daging dendeng dibuat dengan cara diipukul-pukul menggunakan batu cobek supaya dagingnya lembut. Setelah matang, dendeng diberi cabai hijau atau cabai merah yang diiris kasar.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tunangan, Jessica Iskandar Siap Nikah April 2020?